Rabu, 01 Mei 2013

Produksi dan Pengeluaran ASI

Sekali-kali ngomongin masalah nyusuin yuuuuuuk *malu sama sertifikat konselor*

Ada dua hormon yang berperan dalam produksi dan pengeluaran ASI, yaitu Prolaktin dan Oksitosin.  Prolaktin berperan dalam hal produksi, sementara Oksitosin  berperan untuk mengeluarkan ASI dari kantong ASI dengan jalan membuat otot polos yang mengelilingi kantong ASI berkontraksi sehingga ASI terdorong keluar dari kantong ASI menuju saluran ASI.


Gambar dari sini


Zoom in ke isi kantong ASI
Gambar dari sini

Sebenernya siklus pembentukan ASI itu udah mulai sejak usia kehamilan 20 minggu (laktogenesis tahap 1), tapi saat itu baru prolaktin saja yang berperan karena kerja oksitosin masih ditahan sama hormon kehamilan (progesteron).. Ya gawat dong ah kalo oksitosin udah keluar pas masih hamil.. Karena oksitosin itu bikin kontraksi otot polos jadi rahim juga bisa ikut kontraksi.

Lanjut yaaaaa.. Pas akhir kehamilan sampai dengan paska melahirkan 2-3 hari (laktogenesis tahap 2) ASI udah mulai keluar.. Makanya ada ibu-ibu yang masih hamil tapi ASInya udah mulai keluar.. Tapi buat ibu-ibu yang anaknya udah lahir tapi ASInya masih belum keluar juga, ga perlu khawatir karena masih ada sisa-sisa hormon kehamilan yang masih mempengaruhi produksi ASI.. Tetep susuin bayi 2-3 jam sekali.. Tenang aja, bayi ga akan kekurangan makan karena di badannya masih ada cadangan lemak coklat bawaan waktu masih di kandungan. Jadi  jangan berpikir, "Sementara ASI gw belom keluar, bayinya kasih sufor dulu deh..". Kalau kaya gitu mah ya ASI ga bakal keluar karena ga dapet rangsangan dari isapan bayi. Setelah bayi lahir, baru oksitosin mulai berperan.. Selain bantu proses menyusui, oksitosin juga berperan dalam kontraksi rahim sehingga menurunkan kejadian perdarahan paska melahirkan.

Laktogenesis tahap 3 terjadi sejak hari ke-4 sampai 14 setelah bayi lahir. Ini masa buat mulai meng-establish-kan produksi ASI. Jadi kalo mau ASInya banyak, saat ini lah rajin ngeluarin ASI dengan cara sering susuin bayi plus perah/pompa payudara setelah bayi nyusu. Misalnya bayi udah kenyang nyusu dari PD kanan, kelar bayi nyusu, yang kiri diperah 15 menitan trus kalo udah kelar, gantian PD kanan yang tadi udah disusuin ke bayi. Jangan takut ASInya abis karena sering diperah. Justru itu yang bakal bikin produksi ASI meningkat karena demand-nya makin banyak kan?

Panjang bener yaaaak.. Padahal mah intinya cuma mau bilang kalo oksitosin itu pentiiiiiiing banget kalo mau sukses nyusuin! Soalnya percuma kan ASI udah diproduksi banyak-banyak kalo ga dikeluarin karena oksitosin mandek. Gimana cara biar oksitosin lancar? Ibu harus happy, pede, rileks, always positive thinking! Oksitosin itu hormon cinta.. Susuin bayi dengan penuh peraasan sayang, rileks, yakin  kalo ASI kita cukup. Naaah abis ini, gw mau posting soal salah satu metode pijat yang bisa bikin oksitosin lancar.. Ditunggu yaaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar