Jumat, 28 November 2014

Cupcakes (And basically any homemade food and beverages on my Instagram), anyone?

Gw jualan cupcakes lho sekarang! Hahaha.. Eh tapi malu juga sih kalo dibilang jualan.. Gw terima orderan cupcakes deh lebih tepatnya.. Kalo jualan, kesannya profesional banget gitu.. Padahal mah cih bikin frosting aja masih acak adut.. *tutupmuka*

Semua berawal dari cupcakes ultah Remy.. Kan masih ada sisa beberapa biji tuh.. Dibawalah sisanya sama Gia ke kantornya.. Trus ada temen kantornya yang minta dibikinin chocolate cupcakes buat dia ngemil-ngemil sama suaminya pas weekend. Pertamanya ga pede buat dijual dan yang paling susah adalah nentuin harga. Ga ngerti berapa banyak mesti ambil untung. Mau jual murah, cream cheese sama butter udah mahal sendiri.. Mau jual mahal, layakkah dijual lebih dari 10 ribu? Yaudah, akhirnya buat promosi, 1 cupcake gw jual 10 ribu dulu. Udah dapet untung sih tapi tipiiiiiiis banget, huhuhu.. Itu juga lupa masukkin cost gas dan listrik dan capek gw..

 
Chocolate Cupcakes with Chocolate Cream Cheese Frosting

Nungguin temen si Gia komen, deg-degan banget.. Takut orangnya mikir, "Heeeh? Cupcake kaya gini doang dijual 10 rebu?! Mahal bangeeeet!!" Dan pas akhirnya Gia ngirim screenshot BBM dia dan temennya..

Majang testi costumer ala ala seller
Setelah itu, jadi makin pede.. Hahaha.. Emak gw mesen 2 lusin buat ke acara pengajian. Khusus emak gratis dooong.. Beliau minta yang pumpkin pake frosting cream cheese. Ga doyan dese kalo pake butter cream, eneg katanya. Gw kan ngarepin ada yang order lagi di kalangan ibu-ibu pengajian tapi ga ada tuh, hikshiks.. Si tante-tante ga ngerti cupcakes kali ya.. Taunya combro sama gorengan doang. Padahal, ga nyombong nih, Pumpkin Cupcakes gw itu enak bgt deh! Beneran! 

Pumpkin Spice Cupcakes with Cream Cheese Frosting
Setelah itu, temen-temen di tempat kerja pada ikut-ikutan order. Walopun ga baking tiap hari, tapi Alhamdulillah, ada aja yang order. Harga masih dalam rangka promosi, all one price, 10 ribu saja untuk varian apapun! Tahun 2015, harga naik! (Kaya jualan rumah ala real estate!)

Green Tea-Pumpkin Spice-Chocolate
Dan karena gw masih belajar dekor frosting, harap maklum kalo masih berantakan, hahaha.. #sangattidakprofesional. Buat dekor, gw masih belum ada standar. Sesuai mood aja pas ngedekor. Kadang pake french tip, kadang open star, kadang standar large hole.. Kadang gw tambahin sprinkle, kadang ini, kadang itu.. Suka-suka gw aja dah! Ah ya.. Dan gw ga terima orderan dekor fondant, apalagi yang 3D.. Ga bisa maaak.. Belom belajar! Karena pada dasarnya gw pribadi ga suka fondant. Cakep diliat doang tapi siapa sih yang mau makan fondant.. Maniiiiiiis banget! Sempat ada temen yang order dan minta pake tulisan 'I Love You'. Browsing sana sini dan akhirnya nemu cara dekor tulisan tanpa fondant dan tetap edible.. Yaituuu.. Pake coklat disemprit kaya giniiii..

pic taken from here
Ya walopun hasil karya gw ga secakep buatan Neng Natasha, huhuhu.. Maaf ya.. Namanya juga masih latihan.. Sayangnya gw lupa foto hasil buatan gw.. Ya ga penting juga sih.. Secara ga rapih juga, bwahahaha..

Green Tea Cupcakes
Cookies and Cream Cupcakes
Nutella Cupcakes
Choco Mint Cupcakes
Vanilla Cupcakes with Mixed Berry Frosting
Sejauh ini, yang paling banyak order itu coklat sama green tea.. Harusnya Oreo juga jadi favorit.. Aaah.. dan Nutella! Sukaaaa banget! Buat Nutella dan Oreo nantinya bakal jadi Premium Line *tsaaaah*.. Soalnya kan mahal bo, biaya beli Oreo dan Oreo minis.. Apalagi yang pake Nutella.. Dan gw pake Nutella asli yah.. Bukan Nutella ala ala Ceres gitu.. Rencana gw buat Premium Line bakalan launching soon adalah Milo Cupcakes with Sweet Condensed Cream Frosting.. Yuuum.. Dan mau bikin Kitkat Cupcakes juga buat premium line..

Oh iya, gw juga bisa bikin allergy-friendly cupcakes loooh.. Gluten free, egg free, dairy free, nut free.. Apalah alerginya, tinggal bilang aja nanti gw sesuaikan.. Ada temen gw yang alergi gandum dan kuning telur.. Jadilah gw cari-cari resep yang ga pake tepung terigu dan telur. Dia order rasa coklat dan pumpkin. To be honest, menurut gw, yang pumpkin ga seenak kalo cupcakes standar tapi ketolong sama frostingnya karena dia ga alergi diary food jadi gw masih bisa pake cream cheese sama butter cream. Tapi yang coklat sih enak, memang ga se-soft kalo pake telor tapi yaaaa.. Mayanlah..

Salah satu kendala di bisnis ini adalah.. Selama ini gw ga promo kemana-mana karena gw bingung, nanti kalo ada orang jauh yang order, gw nganterinnya pake apa? Makanya selama ini yang beli kalangan terbatas aja, selama masih bisa ketemuan di tempat kerja gw. Ini juga yang bikin gw ga berkembang kalo mau jualan. Kalo bisa mah, semua yang gw bisa buat, gw jualin dah! Selain cupcakes, gw bisa jualin cheesecake, klapertaart, choux, schotel, lasagna, cold press juice, almond milk, cashew milk, nut butter, muffin, cookies.. You name it! Tinggal liat aja di Instagram gw @annisasatriana. Hahaha.. Nanti kalo minat, tinggal komen aja di foto yang gw posting. Serius nih gw..

5 komentar: