Senin, 25 Agustus 2014

Hello from My Slow Juicer

Akhir-akhir ini mulai rajin lagi nge-jus ato bikin green smoothies.. Soalnya emang berasa banget setelah mulai jarang minum green juice/smoothies.. Pas lagi kegilaan minum, bisa 3x sehari.. Lama-lama merosot jadi bisa minum sehari sekali aja udah bagus.. Awalnya cuek-cuek aja tapi begitu jadwal haid mulai kacau balau lagiiii.. Ini tidak bisa dibiarkaaaan! Musti rutin minum jus lagi!!

Eniweeeei.. Gw bener-bener lupaaaaa.. banget kalo gw belom pernah nge-review juicer tersayang gw, si Hurom ya? Rasanya sih belom.. I've gone through all my post, published and draft, ga ada postingan tentang Hurom. Semoga gw ga siwer matanya.. Let me introduced si Hurom Slow Juicer yang udah gw punya lebih dari 6 bulan sebenernya.. Asli kenapa bisa lupa nge-review ya? Gw cuma sempet posting di Instagram aja waktu baru pertama kali pake.. Seperti ini penampakannya..

Hurom HU 300
Gw beli yang seri terlama yang masih available, Hurom HU 300.. Ada yang lebih murah lagi, Hurom HU 100 kalo ga salah tapi udah discontinued.. Sebenernya mah pengennya yang paling mahal dan terbaru (saat itu), yaitu Hurom HU 500.. Cakeeeeep banget, warna merah.. Naksir berat tapi si Suami (yang bayarin) ga mau beliin yang paling mahal, huh!

Hurom HU 500
Jadi apa sih kelebihan slow juicer dengan juicer biasa/centrifugal juicer? 
  1. Slow juicer menghancurkan buah/sayur tanpa mata pisau plus RPMnya rendah (70-80 RPM) sehingga tidak terjadi oksidasi dari vitamin dan enzim dari buah/sayur yang diproses. Bandingkan dengan centrifugal juicer yang berkecepatan 10.000 RPM dan menggunakan mata pisau dari besi, pasti bakalan panas kan? Otomatis vitamin dan enzim alami dari sayur/buah rusak karena proses oksidasi.
  2. Slow juicer mengambil sari-sari buah/sayur dengan sistem squeezing, jadi hasil jus lebih banyak dan ampas jauh lebih sedikit dibandingkan dengan centrifugal juicer.
  3. Slow juicer watt-nya jauh lebih kecil daripada centrifugal juicer. Hurom gw watt-nya 150, sementara kalo gw liat centrifugal juicer, minimal 500 W. Bahkan ada yang sampe 1200 W..!
  4. Slow juicer ga berisik pas dipake.
  5. Ada yang bilang kalo slow juicer lebih mudah dibersikan but I have to disagree on that point.. Ga sepraktis nyuci blender sih IMO.. Soalnya lumayan banyak parts yang harus dibongkar tapi lebih save pas nyuci karena ga ada mata pisau jadi minim risiko lukanya. Tapi setelah dijalani berbulan-bulan, lama-lama terbiasa juga ko nyuci dan bongkar pasang slow juicer-nya.
Foto di bawah menunjukkan hasil nge-jus pertama gw pake Hurom. Lihat banyaknya juice yang gw dapet dan ampas yang cuma sedikiiiiiit sekali! 

Strawberries-Bokcoy-Pineapple
Jadi walopun banyak yang bilang kalo minum jus itu jangan sering-sering karena kita ga dapat serat dari sayur/buah soalnya seratnya kebuang jadi ampas tapi seengaknya kalo pake slow juicer, kita bisa meminimalisir terbuangnya serat. Tapi gw pribadi sih tetep kombinasi green smoothies dan green juice biar tetep dapet masuk serat lebih banyak. Jadi ritual baru gw adalah:
  • Bangun tidur minum air putih dan Honey Lemon Shot trus nyiapin makanan (sarapan Remy, bekel gw, kadang juga bikin makan siang Remy).
  • Abis mandi minum Jus Pare.
  • Nyampe tempat kerja, sarapan yang lebih berat (Kalo lagi waras makan buah potong/overnight chia/oats/muesli, kalo lagi ngasal makan seadanya aja.. Bisa roti bakar, pasta, nasgor.. Hahaha..).
  • Sebelum makan malam/sebelum tidur minum juice.
Satu lagi kelebihan Hurom adalah.. Bisa bikin es kriiiiiim! Asli keren banget!! Awalnya liat Youtube raw-vegan gitu.. Mereka pada bikin raw banana ice cream.. Intinya lo cuma ngebekuin pisang trus lo masukin deh ke dalam Hurom.. Jadilah Banana Ice Cream! Trus gw pikir, since I'm not vegan and still consume dairy food, kenapa ngga dicampur susu full cream aja? Jadilah gw bereksperimen.. Gw bekuin potongan pisang yang gw rendem pake susu UHT full cream trus gw proses di Hurom.. Hasilnya seperti foto di bawah.. Smooth lhooo.. Dan Remy doyaaaan banget! Tanpa tambahan gula pula karena udah manis asli dari pisangnya.

Banana Ice Cream

Noooom! Eskiiiim!
Lalu percobaan berikutnya gw coba pake raspberry dan strawberry tapi susu full cream-nya gw coba ganti pake whipping cream bubuk non-dairy.. Ternyata enak jugaaaa.. Seneng banget deh bisa bikin es krim sendiri soalnya Remy udah kenal es krim dan jadi sering minta es krim. Seenggaknya kalo bikin sendiri kan berasa lebih sehat aja.. ;p

Raspberries-Strawberrie Ice Cream
Yak.. Sekianlah review saya tentang Slow Juicer kesayangan.. Saya tutup dengan beberapa resep juice yang akhir-akhir ini saya buat.. Enjoooy..


The Throw-anything-I-have-on-fridge Juice
Ingredients:
1 Apple
2 Pears 
1 Orange
1 Cucumber
5 celery 
A bunch of Romaine Lettuce

Pweeety colours from my ABCC #juice!
Ingredients:
3 apples (I'm using Granny Smiths)
1 beet (small size)
3 carrots
2 big celery stalk


The Leftover Bell Pepper Juice
Ingredients:
1 cucumber 
1 carrot 
1/2 yellowbellpepper 
3 stalk of parsley 
1 apple 
1 pear 

20 komentar:

  1. temenku ada nih yg naksirrr berat ama Hurom tp kepentok harga :)
    lucky you bisa beli n manfaatin Hurom. aku contek resep2 green juicenya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha.. Lucky me berhasil bujukin suami buat nyicilin..
      Silakan dicoba resep Green Juice-nyaaa.. Mudah2an suka yaaa..

      Hapus
    2. waaah mantaab banget niih... nabuuuuunggg.. nabuuung....

      Hapus
    3. Nabung sekalian beli yg tipe terbaru, Mbaaaa.. Yg HU-700 warna merah.. Cakeeeep.. Saya pengen jual yg ini buat beli yg baru, hihihi..

      Hapus
    4. Akhirnya kebeli juga Huromnya! di Ruparupa.com lagi ada diskon, Mom. Coba deh buka link nya https://www.ruparupa.com/getmore-hurom.html?board=cashback+hurom
      ada cashback, aku akhirnya beli juga setelah nahan diri sekian lama.

      Hapus
  2. Slow Juicer is the need for all families as it benefits each one of the family member and easily available online with lot of options and at pretty low prices. Then More Information Visit Here

    BalasHapus
  3. Beli-nya dimana sis Hu-500 dan Hu-700? saya tertarik nih... makasih...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Mbak itu Hurom kapasitasnya berapa liter?
    Terus kalo bikin Almond Mylk emangnya ampasnya langsung kepisah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. hehe, ternyata ada juga hurom lover selain saya, wkwkw, salam kenal mba,
    sebagai saran tips tambahan, carilah hurom yg made in korea langsung yahh,

    BalasHapus
  7. Hurom made in Korea itu kode series berapa? Yg di ACE itu yang bikinan mana? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. iya sekarang Hurom bisa dibeli online di ruparupa.com. Saya baru aja beli, buruan lagi ada cashback. diskonnya lumayan. Ruparupa.com itu masih satu perusahaan sama ace hardware, jadi dijamin asli.
      https://www.ruparupa.com/getmore-hurom.html

      Hapus
  9. Permisi, mau tanya... buat bikin sorbet dan ice creamnya pakek filter yg mana ka, yg besar lubangnya atau yg kecil? Thxx ya

    BalasHapus
  10. Kl aku sih selalu pkai yg filter lubang kecil

    BalasHapus
  11. Bagus nya yg made in apa yaa...slow juicernya...tolong donk sarannya ..

    BalasHapus