Rabu, 07 November 2012

My Journey of Galactogogue

Galactogogue aka secretagogue aka ASI booster.. Sahabat sejati ibu-ibu menyusui.. Sebagai ibu menyusui, gw akrab dengan berbagai jenis galagtogogue mulai yang chemical sampai yang tradisional, yang yummy sampe yang eeewwwy.. Apa bener ada substansi yang bikin produksi ASI meningkat?  Yang chemical mungkin aja.. Tapi yang herbal/tradisional gimana? Kalo kata dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC sih kayanya cuma sugesti ibu-ibunya aja.. Karena yakin makanan yang dikonsumsi bisa ningkatin produksi ASI, ibu jadi pede, eeeh..beneran jadi banyak deh ASI-nya.. Ga masalah ko mo dimakan ato ngga karena balik-baliknya lagi ke mindset ibu. Selama kita yahin pede ASI kita cukup buat anak, mo pete juga bisa jadi galactogogue!

Selama 8 bulan gw konsumsi segala macem jenis galactogogue.. Ko cuma 8 bulan? Tar gw ceritain di akhir postingan ini.. Selama 8 bulan itu, ini aja yang udah gw konsumsi, baik tunggal maupun kombinasi 2 ato lebih galactogogue..

Some chemical drugs I'm not gonna mention
Hahaha.. Sok rahasia banget siiiih.. Iya laaah.. Ini kan obat yang seharusnya dibeli pake resep dokter.. Jadi ga bakal gw bilang apa namanya.. Emang sih kalo gw kasih tau obat apa dan lo beli di apotek, pasti dikasih aja tuh sama petugas apoteknya.. Jaman sekarang apotek mah bebas merdeka.. Cuma psikotropika aja yang masih ketat penjualannya..


Nooooh.. gw kasih struktur kimiawinya aja, hahaha.. Obat ini emang bisa ningkatin produksi ASI.. Wong dia kerjanya ngeblok reseptor dopamine jadi produksi prolactin meningkat. Prolactin apaan sih? Udah pernah gw jelasin belom ya? Prolactin itu hormon yang kerjanya menstimulasi produksi ASI. Jelas ngaruh dong kalo minum nih obat.. Saking terlenanya, hampir 7 bulan gw teruuuuus minum ini obat tanpa mikirin efek sampingnya.. Abis gw pernah baca, dr. Jack Newman pernah ngasih obat ini ke pasiennya selama 18 bulan non stop dan belum ditemukan efek sampingnya. Tapiii pasiennya itu adalah ibu yang punya anak adopsi dan tetep pengen bisa nyusuin anaknya sampai 2 tahun. Jadi wajar dong yang kalo selama itu obat dikonsumsi. Lah gw? Anak keluar dari rahim sendiri.. Emang udah dari sononya keluar ASI.. Masa gw mo konsumsi chemical berbulan-bulan? Akhirnya gw stop makan obat ini pas umur Remy 7 bulan.

Supplement that contains extract placenta+B12
Ga usah nyebut merk ya booo.. Banyak merk abisnya.. Gw ga lama konsumsi suplemen ini abis perasaan pake obat diatas aja udah cukup.. Lagian ga murah juga harganya.. Kalo obat diatas ada generiknya.. Murce merice.. 100 tablet cukup 50ribu saja..

Band ini namanya sama dengan salah satu merk suplemen diatas
Suplemen dengan kandungan ekstrak placenta sempet diisuin ga halal. Temen gw yang rutin minum, langsung stop seketika minum suplemen placenta. Yaaah.. Emang udah diyakinkan sama produsennya kalo produk mereka halal. Gw mah ga pusing, hehehe.. Orang gw udah ga minum lagi ko.. Lagian juga masih banyak pilihan lain..

Sauropus androgynus
Keren ya bo namanya.. Benda apakah iniiiii? Tak lain tak bukan adalah daun katuk sodara-sodaraaaa..! Ibu menyusui mana sih yang ga dicecokin daun katuk sama emak/mertuanya? Bahkan ada yang sejak hamil udah dipaksa-paksa makan daun katuk.. Setelah lahiran, mungkin sehari 3x gw makan daun katuk.. Ya karena dibikinin dan enak-enak aja, gw sih ga komplain.. Khasiatnya sih ga jelas juga ya.. Karena saat itu gw juga lagi konsumsi 2 galactogogue lain.


Selain makan katuk dalam bentuk disayur, gw pun minum berbagai kapsul isi ekstrak daun katuk dengan berbagai merk tapi akhirnya ga gw terusin tuh.. Abis minum ga minum, hasil mompa segitu-segitu aja..

Plectranthus amboinicus
This is my secret weapon! Daun bangun-bangun atau torbangun. Asing ya namanya? Gw juga baru tau keberadaan tanaman ini sebagai galactogogue pas Remy umur 1 ato 2 minggu. Pas gw lagi hopeless-hopeless exclusive pumping (e-ping), ada temen gw sesama e-ping mother yang bilang rahasia sukses dia sampe bisa asi eksklusif 6 bulan adalah bangun-bangun ini. Buat kita-kita yang tinggal di Pulau Jawa pasti ga pernah denger daun ini. Tapi buat suku batak, daun ini udah ratusan tahun dikenal sebagai galactogogue. Nyarinya pun ga segampang dapetin daun katuk. Musti ke Pasar Senen dulu trus cari ke bagian pedagang sayur dan bumbu batak.

Proses pengolahannya juga agak ribet.. Karena belinya jauh, sekali beli langsung sekantong plastik guedeeee..! 15 ribu bisa buat 2 minggu. Setelah disiangin, daunnya dicuci bersih trus diremes-remes pake asam garem sampe keluar getah kecoklatan yang bikin gatel kalo dimakan. Proses remes-remes itu diulangin beberapa kali sampe airnya ga coklat lagi. Abis itu, daun kita rebus pake air sampe layu. Panjang ya booo.. Tapi belon selesai niiiih.. Umumnya sih abis proses diatas, daun diolah dengan cara dibikin sayur kuah santan dikasih ayam kampung plus rempah-rempah. Sounds yummy..:9. Tapi berhubung gw ga tega ama nyokap kalo harus repot-repot bikin sayur begitu tiap hari, gw bilang blender aja dah trus langsung telen! Rasanya.. hmm.. boleh dicoba.. Udah dikasih madu plus jeruk nipis pun tetep.. bleeeh! Tapi karena inget keampuhannya, gw bela-belain minum jus bangun-bangun setiap hari selama 8 bulan! Akhirnya gw stop gara-gara emak gw ngomel-ngomel liat ASIP gw overload sampe menuhin kulkas n freezer. 
Khasiat torbangun bahkan udah pernah diteliti oleh  Dr. Rizal Damanik, Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor. Sayang ga bisa dapet link ke jurnal full-nya, cuma abstraknya aja. Dr. Rizal sampe dapet penghargaan lho dari pemerintah atas penelitiannya ini. Berdasarkan penelitian Dr. Rizal, selain ningkatin kuantitas produksi ASI, kualitas ASI ibu yang mengkonsumsi torbangun juga ikut meningkat. Ga jelas indikatornya apa (akibat ga baca jurnalnya secara lengkap, huhuhu..). Pedagang sayur yang jual torbangun ini sih bilang ke bokap gw, "Wah, kalo ibunya makan bangun-bangun, bayinya jadi gemuk!" Apa itu indikator kualitas ASInya? Berat Remy sih standar-standar aja.. Ga lebih ato ga kurang.. Entahlah..

Fenugreek
Awalnya Wida yang pertama kali nyobain dan menurut dia lumayan ngaruh. Hasil pompaan nambah 50ml. Tertarik dong gw.. Akhirnya nyobain beli Fenugreek kapsul keluaran GNC, 100 kapsul harga 190ribu kalo ga salah. Setelah ngabisin 1 botol tapi ga berasa ada peningkatan signifikan, yaudah gw stop. Beberapa waktu kemudian, Wida ngasi tau kalo ternyata di bagian jual bumbu rempah-rempah di pasar, jual Fenugreek juga lho! Pernah denger ga rempah/bumbu kari namanya klabat/klabet? Itulah si Fenugreek yang tersohor di seluruh dunia persusuan!


Ada asisten apoteker di RS tempat gw kerja yang juga lagi desperado karena ASInya seret, iseng-iseng nyari klabet ini ke pasar. Ternyata harganya muraaaaah banget kalo dibandingin kita beli Fenugreek GNC. Testimonial si AA sih abis minum klabet, tetek dia langsung kenceng, anaknya pas nyusu ampe keselek-selek! Entah karena sugesti ato emang beneran.

Sacred Nursing Tea
Beli ini ini karena iseng aja sih.. Soalnya waktu itu lagi eneg sama bangun-bangun.. Eeeeh.. ternyata rasanya lebih bleh daripada bangun-bangun! Padahal khasiatnya oke lho! Tanpa andalan gw si bangun-bangun, hasil mompa tetep stabil.

Apa sih isinya nursing tea ini?
Ini gw copas dari web resminya:
  • BLESSED THISTLE: (Cincus benedictus ) (stimulates the mammary gland)
  • FENNEL SEEDS and POWDER Combo: (Foeniculum Vulgare)
  • FENUGREEK SEEDS and POWDER Combo: (Trigonella Foenum-graecum)
  • ANISE: (Pimpinella Anisum) 
  • ALFALFA: (Medicago sativa) 
Apa pulak itu? Yang gw kenal cuma fenugreek sama alfalfa aja.. Akhirnya gw gugel deh masing-masing ingredients yang aneh-aneh itu... Dengan harapan bisa nemu nama Indonesianya, kaya fenugreek=klabet. Yang berhasil gw temuin cuma fennel seeds=jintan putih. Yang lain entahlah apaan.. Huhuhu..

Oatmeal
Yak oatmeal..! Galactogogue yang paliiiiiiing nyamiiiii! Gw pertama tau oat bisa jadi galactogogue dari Wikipedia.. Iseng-iseng nyobain buat sarapan tiap pagi.. 2 sendok makan oat dicampur Energen cereal, seduh air panas.. Diminum anget-anget.. Enaaaaak banget! Kalo lagi lebay, gw campurin ke Milo 3in1 tapi oatnya 4 sendok makan, hahaha..! Kenyang dah!


Entah beneran khasiat galactogogue-nya atau perasaan nyaman dan perut kenyang hangat abis minum oat yang bikin produksi ASI meningkat. Yang jelas sampe sekarang, walopun udah ga serutin dulu, gw masih minum oat buat sarapan. Worth to try ko.. Orang enak ini rasanya..


Setelah coba-coba berbagai macam galactogogue selama 8 bulan, gw memutuskan buat stop segala jenis galactogogue (kecuali oat yang kadang-kadang masih gw konsumsi buat sarapan). Apa produksi ASI gw jadi turun? Ternyata ngga tuh.. Jadi sebenernya ngaruh ga sih penggunaan galactogogue itu? Balik lagi ke konsep produksi asi, yaitu supply and demand. Mo lo makan sayur katuk sepanci, jus bangun-bangun 10 liter, fenugreek berbotol-botol, nursing tea bercangkir-cangkir tapi ASInya ga rajin dikeluarin mah sama aja boooooong.. Okeeee..!






9 komentar:

  1. iya, yang penting sugesti positifnya dan rajin keluarin/perah ASI! Kalo yakin bisa bikin sugesti positif, kenapa enggak dicoba.. Jadi pengen belajar hypno breastfeeding.

    BalasHapus
  2. mba mulai konsumsi dr hamil ato pas melahirkan??trus untuk nursing teanya ada yg jual online ga yah mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti aja pas anaknya lahir..
      Nursing tea aku beli di asibayi.com

      Hapus
  3. mba itu ngolah daun bangun2 harus diremes2 gitu yah

    aku udah semingguan ini bikin jus bangun2 campur buah tapi hasilnya gak sigfinikan yah, hiks

    BalasHapus
  4. Mba.. Saya bisa contact mba dimana? Obat yg ngga mau mba sebut itu saya kira2 boleh tau ga ya? Saya udah coba sgala macem kaya mba, tetep ngga nambah mba.. Mohon bantuannya mba.. Thanm you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba domperidone deh mba. Buat obat mual. Biasa dipakai untuk org yg mau relaktasi

      Hapus
  5. mbak..resep buat jus bangun2nya dong yg endess..

    BalasHapus
  6. unknown, kayaknya itu struktur kimianya dh..hehe kayaknya c

    BalasHapus
  7. unknown, kayaknya itu struktur kimianya dh..hehe kayaknya c

    BalasHapus