Minggu, 04 November 2012

Perjuangan Menghadapi Tongue Tie

Cieeeeh.. Judulnya beraaaat.. Sesungguhnya aku malu nulis postingan ini.. Kaya hidup gw paling berat aja.. Awalnya mo nulis dengan bahasa menggebu-gebu.. Tapi setelah baca perjuangan ibu-ibu yang anaknya tongue tie juga di blog iniiniiniini.. Ya elaaah.. Yang gw hadepin ga ada apa-apanyaaa...

Pas hamil, sempet sih baca di timeline twitter AIMI kultwit dengan hash tag #TongueTie tapi bener-bener sambil lalu aja.. Ga kepikiran sama sekali kalo gw bakal ngalamin sendiri.. Inget kan gw pernah cerita disini pas umur Remy 2 hari dan dikasih formula gara-gara hipoglikemi dan demam? Saat itu ga kepikiran kalo sebenernya Remy ga dapet ASI cukup gara-gara tongue tie-nya.



Ada yang bisa bedain kedua gambar di atas? Di gambar pertama, bayi dengan tali lidah yang normal jadi lidahnya bisa "maenin" areola. Liat deh di gambar, yang saluran putih-putih itu namanya Ductus Lactiferous, itu saluran di payudara yang nyalurin ASI. Naaah.. Kalo tali lidah bayinya pendek, kaya di gambar 2, keliatan kan si saluran putih-putih itu ga bisa masuk maksimal ke mulut bayi? Itu yang terjadi pada bayi tongue tie kaya Remy. 


Perbandingan saat bayi nangis
Bisa liat bedanya kan?

Akibatnya apa? Lidah bayi ga bebas bergerak buat merah ASI keluar, bayi rewel mulu, beratnya turun.. Buat ibunya? Yang jelas, puting udah bukan lecet lagi deh namanya.. Udah bolong kaya kawah gunung, badan ampe demam gara-gara ASI di payudara udah buanyaaak tapi ga dikeluarin sempurna sampai bisa mastitis, produksi ASI juga ikutan turun gara-gara pengosongan payudara yang ga sempurna.. Untungnya waktu itu, gw masih mati-matian mompa ASI trus dikasih pake cup feeder jadi berat Remy ga turun drastis dan produksi ASI gw masih lumayan terjaga. Yang paling ga nahan tuh rewelnya.. Astagfirullah.. Nyusu gaaaaaa berenti-berenti.. Ampe udah mau nyerah gw.. Udah nyusu 2 jam lebih tapi ga puas-puas.. Bisa tidur cuma 5-10 menitan trus bangun lagi nangis-nangis.. Gw pikir awalnya karena emang belom dapet posisi nyusu yang enak tapi ko udah mo 3 minggu, ga mantep juga sih..

Walopun cuma dikit, tapi gw lumayan tau posisi dan perlekatan yang baik saat nyusuin.. Posisi rasanya udah oke.. Badan bayi udah nempel ke badan gw kaya cicak, muka bayi udah ngadep ke payudara, bayi udah di posisi satu garis lurus.. Tapi ko ngelekatnya masih ga bener ya? Mulutnya masih nguncup, areola gw masih belom masuk banyak.. Gw yakin ada yang ga beres ini.. 

Posisi dan Perlekatan yang Tepat
Sempet juga ke Klinik Laktasi di RSIA deket rumah dan diliatin posisi perlekatan gw sama konselornya. Menurut dia, posisi dan perlekatan udah oke. Tapi gw masih ga yakin juga. Gw baca forum soal breastfeeding, bbm temen-temen yang punya pengalaman nyusuin. Semua bilang, anaknya nyusu paling lama 30 menit abis itu tiduuuur 1-2 jam, kadang ada yang bablas sampe 3 jam. Dan pas bayi mereka tidur itulah pada mulai nyetok ASIP buat stok pas cuti lahiran abis. Makin stress gw.. Kapan gw mo nyetok kalo nih anak ga lepas-lepas dari tetek gw?! Sampe akhirnya Riska ngasih link ini.. Langsung gw ternganga.. Oemjiiii.. Ini mah Remy bangeeeet! Langsung gw telpon Raya dan bilang sama dia, pokoknya gw mo konsul sm dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC yang ada di artikel itu besok! Gw mau mastiin secepetnya bener ga Remy tongue tie karena gw udah ga kuat lagi kaya gini! Begitu Raya oke, gw telpon KMC buat appoinment besok. 

Then came (That time I thought) the hardest part.. Setelah ga tidur semaleman, gw mesti bangun pagi buta demi menghindari kemacetan jalan. Karawaci-Kemang lumayan booo.. Pake acara nyasar pula.. Pas nyampe, daftar ke dr. Asti, Alhamdulillah dapet urutan pertama dan dr. Asti pun ontime. Pas ditanya ada keluhan apa, langsung gw bilang, "Saya mau diliatin apa bayi saya ada tongue tie ato ngga?". Beliau sempet heran karena gw ngerti istilah tongue tie, disangka gw anggota AIMI. Gw bilang baca di blog ibu-ibu yang anaknya di-incisi tongue tie sama dr.Asti. Gw diminta buat liatin cara gw nyusuin dan menurut beliau emang posisi udah bener tapi areola emang kurang masuk dan bibir bawah Remy kurang dower. 

Latch on:
Good vs Poor


Diperiksalah bawah lidah Remy dan emang bener ada tongue tie-nya, hiks.. Langsung ditawarin buat diincisi saat itu juga dan gw langsung setuju. Prosesnya ga lama dan ga nyeremin ko.. Guntingnya juga keciiiiil.. Ga nyampe 3 menit proses pengguntingan  udah kelar dan Remy langsung disuruh buat nyusu. Subhanallah langsung keliatan banget bedanya lhoo..! Ga berasa sakit lagi trus abis 20 menit nyusu di payudara kanan, Remy langsung bobo.. Huhuhu, seneng banget saat itu rasanya.. dr. Asti ngasih pesan sponsor banyaaaak.. Disuruh sering-sering nyusuin, skin to skin pas nyusuin, Remy ga dibolehin tidur di boks tapi tidur di sebelah gw jadi kapan aja dia mau nyusu lebih gampang buat gw. Intinya kita berdua sama-sama belajar lagi proses menyusui yang benar plus saat ini masih masa babymoon dimana bayi dan ibu harus nempeeeeel terus dan jangan diartikan tangisan bayi sebagai tanda bahwa bayi laper. Bayi nangis karena emang itu cara mereka berkomunikasi. Emang pernah liat bayi baru lahir langsung bisa ngomong? Oia, gw juga disuruh kontrol lagi hari senin. Pulang dari KMC, mampir ke Bagel-Bagel dulu, hehehe.. Dan sembari nungguin Bagelnya jadi, Remy sempet nyusu lagi di mobil.

Semua berlangsung lancar sampe sore-sore di rumah, ko nih anak mulai rewel lagi? Makin malem makin menjadi.. Nangiiiiiis mulu! Emang sih katanya kalo nangis bukan artinya laper.. Tapi apa dong? Mulai ga pede lagi gw, ngamuk-ngamuk ga jelas karena ko udah diincisi tapi Remy masih rewel aja? Dan gw ngerasa ko latch on-nya mulai ga bener lagi? Akhirnya mulai ga nyusuin langsung lagi dan ngasi Remy ASIP tapi parahnya gw, ngasinya pake botol! Gw udah ga inget sama risiko bingung puting. Tapi anaknya masih nangiiiiis aja.. Masa sih ga kenyang-kenyang?! ASIP gw udah ampe mau abis sementara gw stress dan mompa pun cuma dapet dikit.. Gw sampe nge-twit ke AIMI buat minta donor tapi Alhamdulillah tetep cukup juga pake ASIP sendiri sampe hari Senin kontrol ke dr. Asti. Pas dr. Asti tau gw ngasi ASIP pake botol, langsung diomelin, huhuhu.. Untung ga sampe bingung puting.. Diperiksa bekas incisi-nya ternyata bagus ko.. Soalnya kadang ada yang terbentuk keloid dan tongue tie-nya nyambung lagi. Gw dinasehatin panjang lebar.. Jangan buru-buru.. Sabar.. Bayinya kan masih belajar buat nyusu yang bener.. Ga cukup 1-2 hari aja.. Yang penting ibunya sabar.. Dan bener, setelah gw baca di thread Tali Lidah Pendek The Urban Mama, kalo abis incisi emang kadang butuh waktu yang lama buat bisa nyusu yang bener. Emang kebuktian di Remy.. Tanpa sadar setelah umur Remy 2.5 bulan, akhirnya gw bisa tidur malem walopun tetep kebangun 2-3 jam sekali. Dan setelah dipikir-pikir, saat itu mungkin Remy nangis karena colic kali ya? 

Gw saat ini cuma bisa bersyukur karena lingkungan sekitar gw mendukung pemberian ASI. Ga ada tuh ceritanya yang bilang ke gw, "Si Remy nangis mulu sih? ASI kamu kurang kali tuh.. Kasi susu formula aja!" dan gw-nya sendiri lumayan ngotot kasih ASI ke Remy. Makanya itu saat ngerasa ada masalah dalam nyusuin, susu formula ga pernah jadi solusi gw, segimanapun stress-nya gw saat itu. Semua ada hikmahnya.. Dan seperti kata Bu Hesti, fasilitator gw saat pelatihan konselor, semua yang terjadi ga ada yang kebetulan. Mungkin kalo Remy ga tongue tie dan proses nyusuin gw lancar-lancar aja, gw ga tergerak buat belajar jadi konselor. 

Okeeee.. Semoga bisa jadi pembelajaran buat Ibu-ibu atau calon Ibu yang lain..

Oh iya, ini ada foto-foto Remy pre dan post incisi.. Silakan menikmati muka lucu bayikuuuu.. :-*

Age: 2 hours
Weight: 2920 gr
Age: 3 days
Weight: 2720 gr
Age: 13 days
Weight: unknown (ga nimbang)
Makin keliatan kurus ya?
Can you see it?


Incisi tongue tie
Age: 23 days
Weight: 3520 gr

Age: 2 mos 12 days
Weight: 4200-ish gr
Weeek.. Aku udah ga tongue tie lagi dooooong.. :p

Age: 3 mos 6 days
Weight: 5200 gr
Happy smile from my bald baby boy :-*

8 komentar:

  1. Aaawh, mengharukan dan penuh perjuangan.. sekarang kerasa yaaa efeknya, jadi paling buanyak stok ASI nya diantara kita-kitaaa..

    BalasHapus
  2. Alamat dr asti itu dimana ya bun?

    BalasHapus
  3. Minta alamatnya dong,anak sy 4 th,br ketahuan ini,mau oprasi tp msh mikir,kasian anaknya krn hrs bius total,krn anaknya udh trlnjur besar

    BalasHapus
  4. Makasih sharingnya, anak kedua kami juga mengalami hal ini dan harus dilakukan tindakan insisi, mohon doanya moga lancar, aamiin.

    BalasHapus
  5. Mau tny berapa yaa biaya utk Indosiar tongue tie di KMC?? Krn anak fix tongue tie.

    BalasHapus
  6. Mau tanya berapa y biaya untuk insisi tongue tai di kmc n dftr k dr.asti gmn crnya..
    Blh mnta email mba

    BalasHapus
  7. Wuah mba trima kasih pencerahannya,karna anakku siang ini abis insisi tongue tie,jd rewel dan nenen nya kaya kurang..mungkin penyesuaian kli yah dri formula dan dot skrg hanya ASi..aku juga ke dokter asti praborini di rs.permata depok alhamdullilah dr.rini baik banget ngasih pejelasannya detail..smoga anak kita smua di berikan kesehatan ya mba..

    BalasHapus
  8. Say klo bwh lidah ank saya mlh sda putih2nya.

    BalasHapus