Sabtu, 05 Oktober 2013

Mommies Daily: Creamy Curry Pumpkin Soup


Gara-gara posting foto pumpkin soup ini ke Instagram, saya baru ingat kalau belum pernah sharing resepnya ke teman-teman. Biasanya saya rajin sharing resep di blog. Padahal sudah sering sekali membuat sup ini untuk  buat Remy, anak saya. Bahan-bahannya baby friendly kok. Saran saya sih sebaiknya untuk baby di atas 8-9 bulan karena pake susu/santan.
O, ya, buat yang alergi seafood, bisa ganti ayam/daging sapi. Minced beef/chicken dibuat meatballs, pasti tetap enak deh.. Resep asli saya ambil dari sini.. Dengan modifikasi sesuai bahan yang ada di kulkas tentunya..
Bahan :
  • Labu parang kukus
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1/2 buah bawang bombay cincang
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daun
  • 1 batang pangkal serai ( 8cm ) memarkan
  • 1 sdm bumbu kari bubuk (Saya beli di supermarket bagian bumbu dapur, ada yang sudah dikemas dalam botol seperti merica bubuk.)
  • 4 lembar daun kari (Kalo ga ada bisa diskip karena wangi kari bubuk sudah cukup kuat)
  • Salt and pepper (Kalo masih pantang garam, silakan hilangkan tapi tambahkan bawang-bawangan biar gurih)
  • 100 ml kaldu ikan/udang/ayam/sapi (Sesuaikan sama bahan protein yang dipakai. Kali ini saya pakai udang jadi kaldunya ya kaldu udang)
  • Udang ukuran sedang 5 buah
  • Sayur-sayur seadanya di kulkas (Kali ini saya pakai kacang polong, wortel dan buncis)
  • 100 ml susu cair/santan encer
Caranya :
  1. Blender labu parang dengan sedikit air, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bombay sampai harum lalu masukkan daun jeruk, sereh, daun kari dan bubuk kari. Kecilkan api karena bubuk kari gampang sekali gosong.
  3. Tumis udang yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong kecil-kecil (Namanya juga buat makanan anak kecil ya.. Kalo anaknya udah gede, ditumis utuh juga nggak apa-apa).
  4. Masukkan wortel, tumis sampai empuk baru masukkan buncis dan kacang polong.
  5. Tuang kaldu dan labu parang, aduk sampai rata dan smooth.
  6. Kasih garam dan merica secukupnya.
  7. Terakhir masukkan susu/santan encer sambil tetap diaduk biar (kalo pake santan) santannya ga pecah.
Kalau dari foto, kelihatan enak banget ya? Percayalah rasanya pun enak buat dimakan orang dewasa.. Cobain deh, Mommies.. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar