Kamis, 31 Juli 2014

Lebaran Tahun Ini

Haiiiiiiiii.. Udah lama ga update blog.. Ditelantarkan karena gw lagi nongkrongin Daily Vlog ItsJudyslife on YouTube.. Hahaha.. So addicting, I watch it religiously!

Anywaaays.. Karena masih dalam suasana Lebaran, ijinkan saya menghaturkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri untuk yang merayakan.. Maafkan kalo ada salah kata ato ucapan gw yang menyinggung hati pembaca sekalian.. 

Soooo.. Lebaran tahun ini cukup berbeda karenaaaa.. Untuk pertama kalinya gw niat seniat-niatnya bikin kue lebaran sendiri! Haaaa! Dari minggu pertama puasa gw udah mulai nyicil.. Niat awal kan satu jenis kue per minggu jadi at least by the time Lebaran datang, gw udah punya 4 jenis kue. Kue pertama yang gw buat adalah sagu keju, yang gw kira cukup gampang bahan-bahannya dan ga terlalu mahal.. Di resep yang gw liat, bahannya cuma sagu, mentega, keju cheddar, telor, gula.. Kayanya cuma itu. Karena percobaan pertama, ga mau pake Wysman dulu dong.. Rugi bandar kalo gagal pas manggangnya.. Btw, gw manggang pake otang alias oven tangkring punya mak gw yang umurnya udah puluhan taun gw rasa.. Merknya apa coba? Mikey Mouse.. Ga typo loh! Emang gitu tulisan di ovennya! Hahaha.. Kocak abis.. Oven super vintage, ga ada pengatur suhu, udah butut banget!

Berhubung tanpa indikator suhu, bener-bener dah gw tongkrongin itu oven.. Dan seperti yang udah gw duga sebelumnya, panasnya ga merata jadi hasil panggangan sebagian ada yang udah gosong.. Sebagian ada yang masih undercooked! Frustasi! Dengan berbagai trik, akhirnya jadi juga sagu kejunya.. Setelah dirasain.. Huuuu.. Ga ngeprull!! Ngerti ga istilah ngeprull? Apa itu bahasa gw dan keluarga aja ya? Tau ga sensasi makan kue kering yang crunchy tapi melt in your mouth gitu? Nah itu deh ngeprull! Mungkin karena ga pake Wysman ya jadi ga ngeprull.. Padahal gw udah pake butter margarine Royal Palmia loh.. Ternyata emang harus pake Wysman ya.. Huhuhu.. Menyesaaaal..!

Sagu Keju
Lalu kue kering kedua yang gw bikin adalah.. Favorite keluarga gw sepanjang masa.. Kastengles!! Gw udah diwanti-wanti sama mak gw, "Udah ikutin aja resep ibu.. Dijamin ga bakalan gagal!" Jadi beliau ini punya kumpulan resep dari majalah-majalah lama dan emang sih selama hidup gw, ga ada yang ngalahin kastengels buatan si Ibu. Gw udah ikutin bener-bener nih.. Dan daaaaang..! Keasinan! Haaaaaargh!! Emang gw sempet ragu pas liat resepnya.. Udah pake mentega.. Pake margarine.. Keju edam juga pake.. Ko masih pake dikasih garem segala yaaaa? Untuuuuuung cuma bikin setengah resep.. Dan pada akhirnya, gw lupa di minggu keberapa, gw bikin ulang Kastengels dengan modifikasi bahan.. Syukurlah hasilnya jauuuuh lebih enak dari percobaan pertama..

Kastengels
Moving on to next cookies.. Menurut gw, inilah kue tersukses gw buat lebaran ini! Saking enaknya, menurut gw yaaaa, batch pertama udah abis dicamilin sama gw dan Remy duluan jadi gw bikin 1 resep lagi buat Lebaran, hahaha.. Walopun bentuknya ga karuan, tapi rasanya enaaaaaak.. Ngeprull!
Lidah Kucing Keju

Trus ini yang gw lumayan niat bikinnya, sampe-sampe gw beli gilingan mie buat bikin ini cheese stick! Sayangnya resep yang gw dapet belum gw rasa cocok.. Ga seperti cheese stick di bayangan gw.. Entah gw yang belom jago ato emang salah resepnya.. Adonannya susaaaah banget ditipisin jadi cheese stick nya tebel-tebel.. Tiap digiling, putus di tengah jalan terus! Udah gitu juga kurang keju rasanya.. Coba deh, masa buat 350 gram terigu, cuma pake keju cheddar 75 gram? Ini cheese stick atau flour stick? Sama sekali ga ngeju! Kinda disappointed with the result.. Lain kali bakal coba lagi pake resep lain, semangaaaaat!
Cheese Stick
Setelah 3 mingguan bikin kue from scratch, saatnya istirahat sejenak dengan bikin sesuatu dari frozen puff pastry! Hahaha.. Agak curang tapi biarlah.. Cape kaliii.. Yang ini mah gampaaaang banget! Tinggal defrost, oles-oles, tabur-tabur, potong-potong, puntir-puntir.. Panggang deeeeh..  Sebenernya gw juga bikin Chocolate Coating Puff Pastry juga tapi lupa belum difoto.. :p

Cheese Puff Pastry
Last but not least.. Setelah semua keju-kejuan yang gw bikin.. (Is it so obvious that I loooooove cheese?!). Mari buat yang cheese-free!! Noooo.. Bukan nastar.. Karena gw pribadi ga terlalu suka nastar jadi gw males repot-repot bikin selai nanasnya sendiri trus musti bulet-buletin kuenya plus harus sambil masukin isian nanasnya.. Hiiiii.. Repot aaaah.. So much effort buat kue yang gw ga terlalu suka. Jadi Putri Salju jawabannya!! Gw suka tekstur Putri Salju yang ngeprull, ditambah dengan crunchy-nya kacang mente dan manisnya gula donat.. Yuuuum!! Tapi lagi-lagi gw gagal, hiiiiks.. Pertama.. Putri Salju gw kegendutaaaan! Hahahaha.. Gw ga nyangka dia bakalan ngembang segitu hebohnya pas dipanggang! Kedua.. Teksturnya ga ngeprull! Aaaaah.. Benciiiii sayah! Gw kan ngikutin resep ya.. Karena di resep tertulis margarine jadi ya gw pake Butter Margarine Palmia Royal.. Ternyata ga sesuai keinginan gw teksturnya.. Sudahlah.. Lain kali, apapun yang tertulis di resep, gw tetep akan pake Wysman! Wysman is the best!

Putri Salju
Sebetulnya gw masih gatel pengen bikin kue kering lagi, terutama mau coba bikin ulang yang gw masih belum puas sama hasilnya tapi udah keburu abis Ramadhannya.. Semoga tahun depan masih dikasih kesempatan ketemu sama Ramadhan, udah punya dana buat beli oven gas/standing oven jadi bisa buka orderan jualan kue kering, ihiiiiiiy! Hahaha.. Pede banget gw!!

2 komentar:

  1. Haha, seru..seru! Kebetulan kue lebaran favorit gw juga kastengles, emang bener banget, kudu crunchy in texture, dan lumer di mulut, apa tuh istilahnya 'ngeprul' haha..
    Btw, karena emang dasarnya ga jago masak (kebetulan suami gw lebih jago klo di dapur.. -thanx god for this gift-), jadi gw lebih suka tasting produk orang soal kue. Tahun ini sagu keju dari Seruni cake jadi pilihan gw, anak gw doyan banget, terbukti udah hampir mo habis 1 stoples. Nice try buat hobby masaknya, sekali2 boleh kirim ke tempat kerja gw dong, kan deket. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah,, Si Ibu masih kerja di Medika toh.. Sama2 betah kita yeeee.. Hahaha..

      Hapus