Rabu, 05 Februari 2014

Recipe: Fish and Chips

For those who miss my writing, be happy karena serial yang gw tongkrongin masih buffering.. Jadi gw ada waktu buat nulis singkat.. Paling gampang sih posting resep.. Super ga kreatif, wehehehe.. Abis kesiyan liat blog dianggurin.. Masa udah masuk Februari, baru 1x posting? So.. Here we go..

Siapa yang ga suka makan Fish and Chips di Fish and Co.? Ga ada kaaan..? Pasti semua suka deeh.. Gw udah bandingin sama toko sebelah juga tetep menangan Fish and Co.. Etapi ga tau juga ya kalo makan langsung di Inggris sono, hihihi.. Seenak-enaknya Fish and Co. lagi-lagi urusan hargalah yang harus memisahkan kita.. T___T.. Karena masih berusaha menetapkan prinsip, "Ga makan 2 kali di tempat yang sama", apalagi harga seporsinya minimal 78 ribuan.. Mending dipake buat cobain yang lain deh.. Jadi kalo lagi kangen makan ikan dori diselimuti batter crispy nan gurih dan cocolan saus tartar yang seger, mari kita bikin sendiri yuuuuk! Gampang banget deh! Harga ikan dori di supermarket sekitar 70-80 ribu, dapat 3 potong gede dan masih bisa dibagi 2 lagi. Coba bandingkan dengan harga di Fish and Co., baru dapet seporsi itu..

Resepnya gw contek dari sini.. Gw akan copas biar cepet jadi gw bisa lanjut nonton.. Astajim malasnyaaa..

English-Style Fish n’ Chips (untuk 4 porsi)
‘batter’ :
  • 2 cups all-purpose flour (tepung terigu serbaguna; sebagai ukuran bayangan : 1 cup = 16 sendok makan (tbsp))
  • 1 tbsp baking powder
  • 1 tsp salt
  • 1/2 tsp pepper
  • 1 large egg
  • 1 can (325 ml) soda water
  • 1/2 cup rice flour

‘fish’ :
2 cod/pollock/dory-fish fillet, thawed & seasoned with 1/2 tsp salt + 1/2 tsp pepper. set aside
‘Chips’ :
  • minyak goreng… tuang ke wajan penggorengan kira2 sedalam 6-8 cm
  • 4 kentang besar (atau… bisa juga menggunakan cut-fries yang sudah dijual beku di supermarket ;-) )

(or in my case, I was using my beloved air fryer so I can have my chips guilt free.. Yaaaay.. Secara goreng fish-nya udah mandi minyak karena gw belom pernah nyoba goreng sesuatu di air fryer dengan adonan ato batter basah.. Kayanya ga bisa deh dan itu jadi cons si air fryer. -Sasa-)
pelengkap : seiris lemon, tomat & Tartar sauce untuk cocolan.

Tartar sauce (kalau mau bikin sendiri) : campurkan 10 tbsp mayonaise + perasan juice dari 1/2 lemon +  1 tbsp chopped capers + 1 tbsp chopped gherkin/pickled cucumber + 2 tbsp chopped parsley + sedikit saus pedas. Aduk rata. Simpan dalam kulkas sampai saatnya disajikan.
Cara bikin :
- kalau pakai kentang yang belum diproses* : cuci bersih kentang, kuliti, potong2 memanjang, lalu rendam 15 menit dalam air dingin. Kalau pakai cut-fries yang siap-goreng : tinggal dicemplungin & dimasak ajaaah…
- dengan api agak-besar, panaskan minyak dalam wajan penggorengan (325′F)
- setelah cukup panas, tiriskan kentang dari air dingin* (pastikan semua airnya tiris !), kemudian goreng setengah matang selama 2-3 menit. Remember, they sould not be crisp/fully-cooked at this point ;-)
- Angkat kentangnya, taruh di atas paper-towel/kertas buram untuk menyerap kelebihan minyak
- dalam mangkok besar, aduk rata tepung terigu + baking powder + garam + merica + telur
- tuangkan air soda, kocok sampai jadi adonan ‘batter’ yang lembut & tidak bergumpal
- taburkan tepung beras di piring, lalu balurkan pada fillet ikan yang sudah dibumbui. Lakukan pada semua potongan fillet
- kemudian… cemplungkan fillet ikan tadi ke adonan ‘batter’, sampai seluruh permukaan fillet ikat tertutup rata
- panaskan minyak bekas menggoreng kentang (kali ini sedikit lebih besar -> 375′F)
- setelah cukup panas, goreng kentang di dasar wajan (benar-benar terendam minyak)
- Saat menggoreng kentang ini akan terbentuk buih-buih panas di permukaan minyak. Perlahan, goyang2kan fillet ikan dalam gelembung2 minyak yang berbuih panas ini, sebelum kemudian dicemplungkan ke minyak diatas gorengan kentang. Masak ikan sekitar 4-5 menit sampai warnanya keemasan & matang. Cukup 1-2 kali dibolak-balikkan
- biasanya gorengan chips kentang akan matang lebih dahulu. Angkat kentang, taruh di atas paper-towel untuk meniriskan minyaknya. Bumbui dengan sedikit garam & merica
- angkat fillet ikan yang matang, tiriskan dari minyak
- sajikan fish n’ chips ini bersama tartar sauce & seiris lemon & tomat. Kalau suka pakai sambal, sajikan sambal secara terpisah dari tartar sauce ;-)
Taraaaaah.. Ain't it a beauty? Dan rasanya pun ga kalah sama buatan Fish and Co.. Tapi belom kebayang gimana bikin yang dalemnya pake keju ya.. Hmmm.. Tar deh coba cari resepnya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar