Jumat, 14 Februari 2014

The Unpublished Article: Aman dan Nyaman dengan Car Seat Cocolatte Omni Guard

Berbekal pengetahuan yang saya dapat dari forum Car Seat di The Urban Mama, saya mantap memasukkan car seat ke dalam baby shopping list saya. Walapun awalnya keinginan saya sempat dianggap aneh oleh orang tua, mertua dan juga suami, tapi saya tetap bersikeras. Suami akhirnya luluh juga saat saya perlihatkan sebuah video yang memperlihatkan seorang bayi yang terlempar dari sebuah mobil yang mengalami kecelakaan karena bayi tersebut tidak menggunakan car seat.
Sampai hari H berbelanja keperluan bayi tiba, saya masih bimbang mengenai merk car seat yang akan saya beli. Saya ingin yang aman, nyaman tapi terjangkau. Selain itu, saya ingin yang bisa digunakan sejak bayi usia 0 hari sampai toddler! Hahaha.. Dengan budget hanya 1-1.5 juta, rasanya kriteria saya terlalu muluk-muluk ya, Mams? Memang sih dari yang saya baca, lebih baik menggunakan car seat secara bertahap sesuai usia bayi tapi budgeting tiap keluarga berbeda-beda kan? Jadi saya tidak merasa bersalah berencana membeli car seat all in one.
Akhirnya atas saran penjual di ITC Kuningan, saya mantap memboyong car seat merk Coco Latte Omniguard. Semua kriteria bisa dipenuhi oleh Omniguard,
Aman (check!). Seat belt-nya menggunakan 5-point Safety Harness System dan ada side protection serta extra head rest untuk maximum safety. Selain itu bisa digunakan untuk posisi rear facing karena sebaiknya bayi duduk di car seat dengan posisi menghadap belakang sampai usia 1 tahun.
Nyaman (check!).  Empuk banget! Seat pad-nya ada 3 lapis yang bisa dilepas dan diatur sesuai usia bayi.
Bisa recline 3 posisi (120, 130 dan 140 derajat). Memang tidak bisa sampai rebah seperti newborn car seat tapi Alhamdulillah setelah dipakai, Remy tampak nyaman.
Bisa digunakan sejak usia 0 hari sampai toddler (check!). Coco Latte Omniguard bisa digunakan sejak newborn hingga berat anak 18 kg.
Dan yang terpenting.. Terjangkau budget (check!). Hahaha.. Saya beli bulan September 2011, harganya sekitar 800 ribuan saja.
Alhamdulillah, setelah Remy lahir, car seat ini sangat terpakai. Sejak masih new born memang sudah saya biasakan selalu duduk di car seat setiap bepergian. Pertimbangan saya, supaya dia terbiasa dan kalau-kalau kami terpaksa hanya pergi berdua saja, dia sudah tidak rewel lagi.
                              
Remy (1 week old) test drive car seat di rumah
Dan untungnya, Remy memang selalu anteng kalau duduk di car seat. Mungkin dia senang punya kursi sendiri dan karena posisinya tinggi, dia jadi bisa sambil melihat mobil-mobil di jalanan .
Remy (5 months old) selalu kriyep-kriyep saat di car seat
Apalagi kalau dalam kondisi perut kenyang atau capek bermain/jalan-jalan, tidak sampai 5 menit, Remy akan langsung tertidur.
Dan ketika suatu hari saya terpaksa membawa Remy ke klinik tempat saya praktek (Karena mendadak hari itu Abah Neneknya tidak bisa menjaga Remy), dengan percaya diri saya menyetir sambil membawa Remy yang duduk anteng di car seat. Sepanjang perjalanan, saya ajak ngobrol dan nyanyi agar dia tidak bosan.
Remy (2 years old) ikut Bubu kerja (Dilema working mom, ;p)
Melihat pengalaman Remy memakai car seat selama 2 tahun ini, saya bertekad untuk tetap membiasakan Remy duduk di car seat saat bepergian. Selain aman, kita tidak pegal karena harus gendong dan memangku anak sepanjang perjalanan. Kalau nanti sudah ada adiknya, pastinya car seat akan masuk shopping list saya lagi.

2 komentar:

  1. Bisa dipasang di avanza atau xenia nggak? Seatbelt nya cukup apa tidak?

    BalasHapus
  2. Bisa dipasang di avanza atau xenia nggak? Seatbelt nya cukup apa tidak?

    BalasHapus