Rabu, 26 September 2012

How Much I Should Pay to Substitute Time with Money

650.000 IDR

Itu jawaban dari pertanyaan diatas. Bingung? Begini ceritanya..

Pagi ini (I wrote this entry on Sept 24th, 2012), gw udah cakep, rapi (cuci muka-gosok gigi doang, kaga mandi :p). Mo ngapain coba? Gw mo perpanjang surat sakti. Soalnya tanggal 30 September ini udah abis dan kalo ga diperpanjang, gw ga bisa bawa mobil lagi, hehehe (Eh ini apa sih pake #kode segala? Soalnya aku takut disomasi Mbaaak..)

Jadi setelah sempet liat-liat di Om Gugel, gw tau kalo di mall deket rumah gw, ada pelayanan si surat sakti keliling. Minggu lalu gw udah survey dan tanya-tanya ke orang yang lagi pada nunggu. Ada mas-mas yang udah dateng dari jam 7.30 pagi dan sampe jam 10.30, doi belum kelar juga. Jadi kesimpulan gw harus dateng jam 7an kali yaaa.. Sempet nanya sama petugas di dalem mobil itu juga, apa aja syaratnya. Ternyata cukup bawa surat sakti yang lama sama fotokopi KTP 2 lembar. Okelah.. Tinggal atur jadwal jaga aja. Udah tuh gw minta tukeran sama temen, gw minta hari senin gw jadi masuk siang. 

Long story short, gw udah nyampe tuh mall jam 7 pagi. Waduh, udah ada sekitar 5-7 orang yang udah nangkring cantik di trotoar. Trus gw nyamperin salah satu dari mereka. Gw disuruh ngabsen dulu (macem masuk kantor aja) di selembar kertas yang ditempel di tembok ruko. Oke gw ngabsen, gw ada di urutan 13 (Angka sial? Hmm..) Sambil berakrab ria sama sesama penunggu mobil keliling, gw dapet info bahwa biasanya mobil keliling itu datengnya sekitar jam 9. Widiih.. bocor tetek gw kalo ga ngeluarin isinya ampe jam segitu, secara yang kanan udah cenut-cenut karena terakhir nyusuin Remy pake yang kiri jam setengah 7 tadi. Untung gw udah siap bawa pompa ASI. Mompa dulu 30 menit, Alhamdulillah dapet 180 cc. Kelar mompa, laper, udah ada tukang ketoprak.. Sarapan ketoprak dulu.. Pas lagi makan, datang deh mobil yang ditunggu-tunggu.. Hwaaaaa.. Semua orang langsung menyambut gembira.. Ada lho yang udah nangkring dari jam 6 pagi dan dia dapet urutan ke-6. Gw curiga yang dapet urutan pertama nempelin kertas plus nulis namanya di kertas itu dari tadi malem deh..(Namanya Edi, by the way.. *penting ya?*). Buru-buru gw abisin ketoprak ama teh botol dan ngibrit ke kerumunan orang-orang yang ga sabaran.

Petugas di dalem pake mikrofon cuap-cuap ngasi tau persyaratan (surat sakti lama+KTP 2 lembar), biaya perpanjangan 165ribu (padahal biaya resmi kalo langsung ke kantor 75 ato 85rb buat perpanjangan, bleh..) dan kalo surat sakti keluaran selain Tangerang Kota ga bisa perpanjang disana. Mereka juga minta maaf in advance kalo nanti prosesnya lama karena mereka harus ngetikin data dari formulir satu-satu secara manual.. Yada.. yada.. yada.. Gw ngedengerin sambil lalu, ngeluarin fotokopi KTP, pulpen buat isi formulir dan surat sakti gw yang lama saat gw tersadar... Syiiiiiiiit! Ternyata surat sakti gw keluaran Baliiiii...! Deeeeyyyyym! Gw udah nunggu ky orang begok hampir 2 jam! Gw langsung ngibrit dari sono, ampe lupa bayar ketoprak!

Nyampe rumah, gw misuh-misuh karena gw sebel sama kebegoan gw sendiri. Trus bokap blg, ada orang yang bisa 'bantu' bikinin, bisa jadi dalam 1 jam tapi harganya fantastis, 650rb aje.. Ngoook! Melotot gw dengernya! Ya tapi gimana dong? Ga ada waktu lagi.. Dan gw ga mungkin ninggalin Remy lama-lama buat ngurus surat sakti dengan cara halal. So there goes my 650k IDR, huhuhuhu.. Tapi emang beneran ga nyame 30 menit, surat sakti gw udah jadi.. Dengan nebelin muka diberi tatapan sinis, "Cih you spoiled biotch!" sama orang-orang yang udah nunggu berjam-jam.. No.. no.. Gw ga bangga sama sekali pakai shortcut kaya gini.. If I ain't got a baby at home dan bisa ijin kerja dengan gampang, gw mungkin bakal bikin sesuai prosedur. Eeeeh tapiiii.. Ternyata baca blog-blog orang lain, ternyata udah berusaha ngikutin prosedur, tetep aja tuh dipersulit dan ujung-ujungnya pake duit pelicin juga.. Mendingan pake shortcut 30 menit jadi deeeh.. Ini blog yang gw baca.. Trus malah ada yang terang-terangan nyuruh pake calo aja daripada repot..

Oia, by the way.. Ini dia surat sakti termahal di duniaaa.. Kualitas kameranya udah bajuuus lhooo.. Keliatan cakep lippen Dior Addict gw, fufufu..

Penting ga sih disamarkan?
Udah pada tau semua kan ini apaan?
Wehehehe..
Oia lagi, siang-siang pulang ngurus surat sakti, gw balik ke tukang ketoprak buat bayar, hahaha.. Padahal si Kakek ini juga udah ga inget gw tadi pagi makan di tempat dia.. From the look of his face, dia keliatan bingung, "Siapa pulak ini ibu-ibu gendut?"

Jujur aja, 2 kali ngurus surat sakti, gw selalu pake shortcut. Yang pertama ga bayar sih soalnya kebetulan bos kantornya Om-nya temen gw di Bali.. Sooo... Gimana dengan kalian? Beneran serempong itukah kalo ngurus sesuai prosedur?


2 komentar:

  1. ralat: surat saktiku keluaran Mbantul!! Habis pula taun ini.. Eaa..

    BalasHapus
  2. kagaaaaakkkk .. uda beberapa kali bikin atau perpanjang pake ktp jakarta, bandung, balik jakarta lagi and akuh selalu jujur.. nantangin ujian segala dengan lantang ke pak polisi *sok iye ya gwh... but true, i never pay more than seharusnya selama ini urus beginian.. ujian tulis, ujian praktek, gw jalanin ,, heuheuheuuu.. Alhamdulillah sekarang perpanjang di keliling2 itu, pernah nunggu ga sampe 1jam, bayar normal juga

    BalasHapus