Jumat, 14 September 2012

Where to Eat in Bali (Indonesian Food)

Mari bahas makanan lagiiiiiii...! Huahahaha.. Kalian yang baca pada heran kali ya? Ini orang kerjanya makan-makan mulu yak? Yes yes.. I eat to live and I live to eat!

Namanya kota pariwisata, Bali termasuk surga makanan enak doong.. Mo cari makanan dari negara mana, hampir semua ada disini. Sayangnya karena keterbatasan waktu (padahal udah 6 taun tinggal di Bali!) dan uang, banyak yg masih belom gw cobain.
Yang sekarang kita bahas makanan ala anak kos dulu yuuuk.. Siapa bilang biaya hidup di Bali mahal? Siapa bilang cari makanan hahal di Bali susah? Banyak warung atau rumah makan dengan harga sesuai kantong anak kuliahan milik pendatang dari Pulau Jawa, terutama di seputaran lingkungan kampus atau rumah sakit.

disclaimer: sebagian besar foto2 yang ada disini gw comot dari blog atau situs orang lain karena jaman dulu ga kepikiran gw bakal nulis soal ini.

Depot Cak Asmo
Sesuai tagline Cak Asmo, "Citarasa Bos, Kantong Anak Kos", emang banyaaak anak kos yang makan disini.. Ga cuma anak kos aja sih.. Yang jelas nih tempat ramenya ampun2an! Bapak gw paling anti makan disini karena bikin dia emosi. Solusinya? Bisa delivery kok.. Jadi tukang masaknya dibedain antara yang dine-in, take away dan delivery. Jadi kl dibungkus sm delivery, bakalan cepet dapet makanannya. Langganan gw buat makan dikala koas dan ga sempet ke ruang koas buat ngambil jatah makan.
Menu-menunya lebih ke Chinese food ya.. Capcay, fuyunghay, ifumie, mie ayam.. Tapiiiii.. Ini yang paling gw sukaaa...!


Hayoo tebaaak itu makanan apaan? Itu terong sodara-sodaraaa.. Terong goreng khas Cak Asmo yang gw lagi pengen banget sekarang, huhuhu.. Ga ada tempat lain yang bikin terong dimasak kaya giniiii.. Jadi terongnya dipotong2 trus digoreng pake tepung baru dicampur sama saosnya. Tau deh dari apaan itu saos, rasanya manis, asin, gurih plus sedikit pedes.
Naah sekitar 1-2 tahun sebelum gw lulus, dia buka cabang di Tukad Gangga. Tempatnya lebih decent dan ga serame Cak Asmo pusat. Baca2 di wisatakuliner.com malah cabangnya makin banyak aja.. Ada di Gatsu, Kuta, Teuku Umar.

Alamat: 
Jl. Pulau Komodo no. 24 Denpasar

Warung Petruk
Warung kecil nan gerah ini (soalnya tiap kesana selalu pas makan siang) selalu ramai oleh orang-orang yang kelaperan. Masakannya enak serasa masakan rumahan. Lucunya yang gw perhatiin, mbak-mbak yang ngambilin makanan suka sexist, kalo cowo yang makan, porsi nasi+lauknya dikasi bejibuuuuun..! Tapi pas gw yang makan, dikasih seiprit, hih! Padahal kan makan gw juga banyak! Ga liat badan segini gede?



Biasanya gw makan nasi ramesan aja sih.. Trus kalo ga salah rawonnya juga enak tapi masih lebih enak rawon yang di Jl. Pulau Batanta (ato P. Supiori ya..? Gw lupa!). 

Alamat: 
Jl. Pulau Kawe Denpasar, ga tau nomor berapa, pokoknya ikutin aja belokan ke Jl. P. Kawe di Simpang 6, warungnya ada di kanan jalan.

Rawon Pulau Batanta
Alamat jelasnya ga tauuuu.. Hahaha.. Karena selama tinggal di Bali kan kita maen makan aja, asal tau jalannya, nyampe deeeh.. Tempatnya masih seputaran Warung Petruk ko.. (kan nama jalannya mirip, nama2 Pulau :p). Dari Warung Petruk tinggal luruuuuus aja trus ada beberapa kali belokan, hahaha.. Info ga penting! Pokoknya kalo ambil jalannya dari arah P. Kawe, warung rawonnya ada di kiri jalan. Rawon Pulau Batanta ini emang enaaak banget! Selain pakai condiment rawon seperti umumnya (toge kecil dan sambel terasi), kita masih dapet empal lagi sebagai side dish, padahal daging di dalam rawonnya sendiri aja udah banyaaak! Bagi penggemar rujak cingur, tempat ini juga jualan rujak cingur yang bumbu petisnya nampol pisan rek! Gw kalo kesini selalu pesen rawon+rujak cingur tanpa cingur, hahaha.. Abis apaan sih ko idung sapi dimakan, eeeww..!

Tahu Tek Pak Kumis
Gw, Raya dan temen2 kita merupakan pelanggan berat pedagang tahu telor kaki lima ini. Alternatif oke buat pilihan makan siang pulang kuliah. Sampe sekarang pun gw belom nemuin tahu telor seenak punya Pak Kumis! Bahkan pas lg hunimun, kita bedua bela2in kesini lagi kangen2an sm si Bapak dan tahu telornya. 


Penyajiannya ditaro di atas ingke beralaskan kertas coklat, isinya pake lontong, tahu dan kentang goreng, telor dadar dgn topping  tahu, disiram saus kacang pake petis, acar timun plus taburan bawang merah dan putih goreng, ga lupa pake kerupuk yang banyaaaak! Gw biasanya minta kepukunya dipisah di piring laen soalnya gw ga suka kerupuk gw lembek2 kena saus kacangnya. Enaaaaaaaak! Seporsi 7000 perak aja udah kenyaaaang!
Oia, disebelah Pak Kumis ini juga jualan tukang Sate-Gule Kambing yang ga kalah enaknya..

2 anak rakus pas honeymoon bukan mesra2an candle light, malah gerah2an makan emperan


Naaah.. Kalo jalan kaki dikiiit lagi ke arah Utara, ada yang jual Sop Ikan yang enaaak! Tempatnya sama2 di emperan ruko. Kuahnya ada 3 jenis, kari, garang asam sm asam manis. Gw paling suka yg asam manis, ada sensasi pedes2nya juga dari cabe rawit utuh. Kalo berani sambil gigitin aja tuh rawit, pedeees, kuahnya panas, segeeeer! Dijamin keringetan deh!

Alamat jelas dari tempat makan kaki lima ini gw ga tau, wahahaha.. Pokoknya di emperan ruko2 seberang Ramayana Mall Bali di jl. Diponegoro, Denpasar

Tahu Telor Pak Kumis Pasar Sanglah
Ga jauh beda jenis makanan (dan penjualnya karena sama2 berkumis) sama yang diatas. Bedanya kalo Pak Kumis yang ini jualannya cuma malem aja dan kalo mau nambah krupuk musti bayar lagi 500 perak sebungkusnya, huuuuu.. (pelit amat sih timbang 500 perak aje?!). 

Lihat kumis si Bapak yg tebel..
Ada Sang Istri yang setia menemani tiap malem
Kalo soal rasa, gw lebih suka tahu tek yang siang2 sih tapi yang ini muraaah.. Lima ribu aja udah kenyaaaang! Minum ga bayar soalnya dikasih gratis aer putih atau teh tawar anget.. Lumayan kaaan?

Bakso Dwi Rasa
Masih deket2 sama Pasar Sanglah, ada tempat jualan Bakso yang lumayan tersohor di Denpasar. Kenapa namanya Dwi Rasa? Karena yang dijual bukan hanya bakso sapi seperti pada umumnya tukang bakso tapi ada bakso ayam juga. Ini buat menghormati Umat Hindu yang mensucikan sapi sehingga mereka menghormati sapi dengan cara tidak memakannya. Gw sih bukan penggemar bakso, gw lebih suka mie ayam (akan segera kita bahas dibawah). Tapi tiap pengen makan bakso, gw selalu kesini. Yang gw suka bukan baksonya tapi gorengan bakwan yang kriuk2 itu. Ibu gw sih sukaaaa bgt, ga tau kenapa. Pernah minta nitip dibeliin buat dibawa pulang ke Tangerang.


Oia, lucunya disini juga sedia nasi sama lontong buat temen makan basonya.. Aneh ya boo.. Secara baso kan buat cemal cemil cantik aja.

Alamat: 
Jl. Waturenggong Denpasar, di pojokan jalan ada di kanan

Mie Ayam & Bakso Solo Pak Kumis
Ini dia mie ayam favorit gw sm Raya.. Harganya murah, kuahnya gurih kuning kental, yummeeeh deh! Ada temen gw yang juga teracuni jadi doyan sm nih mie tapi kesekian kali dia makan, dia nemuin.. rambut pendek di mangkok mie-nyaaaa.. Huaahahahaha.. Mungkin kumisnya si Bapak? Ko demen banget si orang2 ini jualan pake trade mark kumis?


Kalo Raya makan disini selalu nambah 2 porsi, gw kadang nambah 1/2 porsi.. Hihihi.. Sebenernya mah makan 2 porsi juga kuat.. Tapi malu sama gender, huhuhu..

Alamat:
Jl. Nusa Kambangan Denpasar, deket Erlangga 2( toko souvenir yang terkenal itu..)

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku
Tempat ini cuma jual 1 menu, Nasi Ayam. Awalnya ada di Ubud tapi untungnya buka cabang juga di Denpasar jadi ga perlu bela2in jauh2 ke Ubud. Dari luar sih tampak gersang dan biasa.. Begitu masuk ke dalem area makannya baru mata jadi adeeem.. Banyak taneman dan pohon2 trus area makannya dibikin di saung2 lesehan diatas kolam ikan. Di kolamnya juga ada teratai yang kalo pas lg ngembang, cantiiiik bgt!
Nasi Ayam ini termasuk salah satu yang kita kangenin setelah ninggalin Bali. Makanya pas honeymoon, begitu nyampe Bali, check in hotel, langsung deh kita cabcuss kesini..


Lihat nasinya yg menggunung.. Mo lihat isinya lebih jelas? Nih kucomot close up nya dari ebali-tour.com..



Jadiii.. Isinya ada sate lilit, ayam yg gw ga tau dibumbu apa (betutu kali ye?), kacang panjang dilawar, trus ada kriuk2 dari kacang tanah goreng dan jeroan ayam digoreng sampe crispy.. Ga lupa sambelnya dooong.. Cabe rawit merah diiris tipis dicampur garem trus kayanya digoreng/sangrai sebentar.
Udah banyak yang nge-review Nasi Ayam Bu Mangku.. Ada iniini dan ini, ga ketinggalan from the famous food blogger, Jen from Jenzcorner

Alamat:
Jl. Tukad Badung no. 11 Denpasar


Dewata Minang
Naah.. Mariiii kita melipir ke Sanur yuuuuk.. Ada restoran Padang yang enaak dan muraaah.. Kasian amat ya anak Denpasar musti ke Sanur dulu buat makan Padang. Emang ga ada Sederhana disana? Di Waturenggong ada juga sih restoran Padang yang enak dan murah.. Tapiiii.. Kita kan anak2 belagu.. Maunya makan di tempat turis2, hohoho.. Kalo makan disini sering ada turis Jepang ato turis2 Asia laen.. Kadang suka ada bule ekspat yang emang tinggal di Sanur lagi makan disini.. Trus pulang dari sini, kita gegayaan dulu nongkrong2 di McD makan McFlurry ato kalo lagi ada duit ngopi di Kopi Bali.. Enaknya masa-masa uang tinggal minta Bapak ajaaa.. Hahaha..



Alamat:
Jl. Danau Poso no. 53 Sanur

Kopi Bali House
Ini mah bukan tempat makan ya? Hehehe.. Bodo ah.. Mumpung lagi bahas Bali.. Ga terlalu sering sih kesini tapi suka banget sama tempatnya.. Pertama karena ruangannya penuh sama bau kopi (yaeyalaah..!) dan ga terlalu rame.. Jadi mo pesen kopi segelas doang trus kita leyeh2 di sofa sambil baca2 MOK (Majalah Orang Kaya, such as Indonesian Tattler, Prestige) berjam-jam juga santai ajaaa.. Gw paliiing suka sm Cafe Nutty-nya.. Seperti yang udah pernah gw ceritain disini.. 


Enak lho kopi dipaduin sama kacang.. Makanya gw selalu nunggu2 datangnya bulan Desember soalnya bakal ada Toffee Nut di Starbucks..

Alamat:
Jl. By Pass Ngurah Rai no. 405 E, Sanur


Warung Makan Nikmat
Setelah Denpasar dan Sanur, yuuks kita ke Kutaaa..!
Rumah makan ini bisa dibilang jadi favorit gw sm Raya buat brunch di hari minggu. Sistem order makannya pake sistem tunjuk kalo mau nasi ramesan. Hampir selalu kalo ke sini yang gw makan adalah soto daging plus jus capucinno. Bingung capucinno ko dijus? Diblender gituuu.. Soalnya kalo pesennya es capucinno, datengnya capucinno sachet dikasih es doang. Enakan yang diblender. Sop buntutnya juga enak deh! Tapi karena gw bukan penggemar buntut, gw cuma pernah pesen 1x aja. Sop buntutnya cepet bgt abis. Diatas jam 2 siang udah ludesss!

Ini gw kasih link yang bahas Warung Nikmat.. Ada iniini dan ini. Or simply google it, Warung Nikmat Bali. Niscaya bakalan banyak keliatan laman yang nge-review warung ini.

Alamat:
Jl. Bakung Sari Kuta - samping Hotel Bakung Sari, di seberangnya supermarket Supernova


Kepiting Super Crabby
Tempat yang membuat gw sadar kalo semua yang dimasak pake telor asin itu enaaaaak!! Dan tempat ini juga yg bikin gw doyan kepiting, hehehe.. Gw nih orangnya males ribet tapi buat Kepiting Super Telor Asin disini aku relaa..! Seperti yang pernah gw ceritain disini, saus telor asinnya itu sangat buttery dan guriiiiih.. Kalo disuruh makan itu saus pake nasi putih panas doang juga gw mau deh!
Naah pas honeymoon, kita mampir kesini.. Ga pesen kepiting telor asin melainkan kepiting soka telor asin.. Double yummeh!

Harga seporsinya emang cukup mahal tapi emang dimana-mana makan kepiting emang mahal kan? Lagian ga sebulan sekali juga makan kesini.

Alamat:
Jl. By Pass Ngurah Rai Tuban Kuta, Bali
Pertokoan Tuban Plaza 8, Komp. Ruko Tuban Plaza Unit 3 A 


Wiiiih.. Banyak juga yaaa.. Masih ada banyak lagi sebenernya.. Tapi males nulisnya ah, capek, huauauau..*Anti-klimaks banget siiih..*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar