Sabtu, 19 Januari 2013

Remy's Update

Apa kabar Ramanandra setelah ulang taun pertamanya?

Akhirnya anak gw bisa tepok tangaaaaan.. Horeee..!! Setelah berbulan-bulan ngajarin, suatu hari tiba-tiba bisa aja gitu doi tepok tangan, hahaha! Dulu kan kalo diajarin tepok tangan, malah tangan gw yang dia samber trus diplok-plokin sama dia. Gw udah bilang, "Remy.. Yang diplok-plokin itu tangan Remy sendiri.. Bukan tangan Bubu.."
Claaaaap..!
Sayang sampe sekarang ga punya foto pas bener2 lagi nyatu telapaknya
Tapi sungguh loh, anakku udah bisa tepok tangan!
Trus truuuus.. Sekarang udah mulai ngerti kalo dilarang. Malah sering dia sengaja-sengajain ngerjain sesuatu yang dilarang biar kita kesel. Contohnya kalo lagi megang colokan listrik, spontan kita larang, "Remy, tidak boleh!" trus ntar dia nengok ke kita sambil cekikikan. Tar udah anteng-anteng, disamperin lagi itu colokan listrik dan kita larang sekali lagi trus dia cekikikan lagi. Gituuuu terus diulang-ulang.. Sampe akhirnya Abah bilang, "Coba deh pas dia mau pegang colokan listriknya, kita cuekin." Lucu deh.. Jadi pas dia mo megang colokan listrik, pake nengok dulu ke arah kita-kita yang lagi pada nonton TV trus pas sadar kalo dia dicuekin, dia malu sendiri, lari ke arah gw trus meluk gw, hihihi.. Manis banget!

Lalu lalu.. Separation anxiety ke gw akhirnya muncul jugaaaa.. Huauauaua.. Took him 14 months to realise that I'm his mother.. Dulu kan gw pamit mo pergi kerja.. Dia cuek.. Gw kangen-kangenin pas pulang kerja.. Dia bodo amat.. Sekarang kalo gw ilang dari pandangan dia, langsung dah nangis bombaaay, huahahaha.. Jadi makin ga tega kalo mo ninggalin kerja, hikshiks.. Di satu sisi seneng juga sih ada mahluk yang butuh akan kehadiran gw, hihihi.. Trus kalo gw pulang kerja, langsung lari anaknya ke arah gw trus meluk kaki gw trus ndusel-nduselin kepalanya diantara kaki gw, hihihihi.. Seneng ya perasaan dibutuhin itu.. Akhir-akhir ini sering gw godain. Pas gw, Raya, Remy lg kruntelan di tempat tidur, mendadak gw bangun trus bilang, "Dadah Remyyyy.." Sambil ngelambain tangan trus jalan ke arah pintu, ngebuka dan nutup pintu seolah-olah gw keluar dari kamar (Padahal mah gw masih ada di kamar. Pintu kamar gw ketutupan tembok, jadi Remy ga tau kalo sebenernya gw ga keluar kamar). Baru didadahin aja dia mulai memble.. Pas denger suara pintu nutup, huwaaaaaaa.. Pecah nangisnya.. Trus tiba-tiba gw muncul lagi.."Baaaaa.. Bubu booong..!" Trus ngis ngis ngis.. Abis nangis.. Ketawaaaa.. Iiiiih.. Lucuuuuuu..

Abis itu tentang masalah makan.. Gw udah mulai bandel sih ngasi garem dikiiiiiit ke makanannya.. Tapi jarang banget ko.. Kalo gw rasa udah gurih dari kaldunya, ga digaremin lagi. Kecap juga udah gw kasih sesekali buat bikinin semur. Pas lagi eating out, ga rempong lagi bawa-bawa bekel dari rumah karena udah gw ijinin makan makanan restoran. Dan anak ini doyaaaan banget kalo dikasih mie! Jadi sekarang kalo kita makan, harus ada yang order menu mie biar bisa dibagi ke Remy. Ngasih mie sih bukan bertujuan biar anaknya kenyang.. Biar anaknya anteng aja karena ada yang dimaenin, hihihi.. Yang bete orang restorannya karena lantai daerah meja tempat kita duduk jadi super berantakan! Hahaha!
Nyum nyum..
Noodle lovers.. :9
Oiyaaaaa.. Remy sempet sakiiiiit.. Kalo meler-meler doang mah kan ga bikin khawatir ya.. Karena emang ada turunan atopi dari Raya.. Ini demam pake muntah dan diare segala! Asli bikin deg-degan! Kejadiannya pas lagi libur Natal.. Pas banget tanggal 25 Desember pagi.. Gw pegang ko ini anak anget.. Langsung gw ukur.. 38'C.. Waduh.. Langsung gw suruh minum aer putih trus gw suruh Raya gendong sambil terus nyodorin sedotannya. Pas gw lagi motongin buahnya buat sarapan, anaknya muntah keluar aer putih yang tadi diminum. Gw bilang, "Udah kembung kali.. Udahan dulu kasih aernya" Eeeh.. Ga berapa lama, dia muntah lagi.. Mulai panik gw.. Pas disuapin buah, makannya masih pinter tapi berapa kali suap, muntah.. Bingung banget! Disuapin buah semangkok bayi abis tapi muntahnya 2x. Abis sarapan, gw lap pake aer anget. Kasian mo dimandiin, badannya makin panas. Abis mandi, keliatan makin lemes. Ga ada deh Remy yang biasanya pecicilan, langsung lesu kaya ayam kalah diadu. Akhirnya gw susuin aja tapi sambil disusuin pun dia muntah. Udah kaga ngerti lagi gw deh.. 

Lagi atit :(
Gw nyuruh Raya ke Apotek buat beli Lacto B. Herannya napsu makannya masih bagus tapi sambil makan tetep muntah. Gw udah takut banget anak gw dehidrasi. Setiap saat gw cek nadinya terus, masih kuat ato ngga. Total muntahnya hari itu kayanya lebih dari 5 ato 6 kali. Besokannya muntahnya stop tapi pupnya ijo.. Seharian itu pup ijo 4-5 kali..Hadeeeeeh.. Udah gitu jadi kolokan banget.. Maunya digendoooong aja.. Biasanya kan maunya lari-larian terus.. Gw konsul sama dokter anak via BBM, katanya virus aja ko..

Alhamdulillah setelah 2 hari lemes lesu tak berdaya, tanggal 27 Desember anaknya mulai pecicilan lagi..


Sakit ilang, pecicilan datang.. : )
Sudah happy ending? Beluuuuuum.. Ga lama abis tahun baru, Remy mulai pilek. Ga jelas siapa yang nularin siapa, pokoknya seinget gw malem-malem, Raya nyariin Rhinos dan sehari setelah Raya minum Rhinos, Remy mulai meler dan gw demam tinggi banget ampe 39.4'C dan yang lebih ngenes lagi, gw tetep harus kerja karena bagian gw lagi kurang orang. Ini aja udah gantian lembur tiap hari.. Gw demam sekitar 2 hari abis itu udah ga demam lagi tapi batpilnya masiiih ada ada dan suhu gw tetep subfebris (sekitar 37.6-37.8'C). Orang rumah udah pada ngomeeel gara-gara gw males minum obat.. Eeeh.. demam lagi deh anaknya.. Tapi 1-2 hari demam.. Besoknya adem.. Gituuuu terus sampe akhirnya tanggal 9 Januari pas gw lagi kerja, dikabarin anaknya demam lagi..

Hastagaaa.. Udah deh dibawa ke dokter anak.. Sekalian ke DSA yang ahli tumbuh kembang biar bisa sekalian konsul tentang milestone bocah. Sebelum dokternya dateng, Remy cek darah dulu. Alhamdulillah kayanya cuma infeksi virus aja tapiiiiii ya ampooon Hb-nya maaak cuma 10.5! Tuuuuuh sok sih ga mo pake suplementasi zat besi dari duluuuu..*brb beli Sangobion dan ati ayam!* Eh tapi apa yang terjadi pas konsul sama si DSA? Raya kan nanya masalah anak ini ko kalo dipanggil namanya ga nengok. Apa karena dia emang ga ngerti ato kelewat cuek? Trus apa perkembangan dia udah sesuai sama umurnya? Apa normal kalo sampe umur segini (Remy sekarang 14 bulan), dia belom bisa nunjuk apa yang dia mau? Doi cuma bilang, "Baca-baca aja di buku.. Semua ada.." Hadeeeh Pak Doook.. Kita kan konsul dan bayar mahal-mahal ke anda karena anda udah konsultan tumbuh kembang.. Malah disuruh baca buku.. Trus gw juga heran kenapa musti dikasih suplemen DHA segala sih? ASI kan sumber DHA terbaik dan sampe saat ini Remy masih minum ASI tanpa pake susu tambahan.. Heran deh..

In his conclusion, Remy disuspek punya expressive speech delay plus disuruh tes pendengaran ke SpTHT. Di dokter THT Remy ga diperiksa sama sekali karena lagi batpil. Dokternya cuma ngetes dengan cara mukul-mukul meja buat liat reaksi Remy tapi anaknya cuek-cuek aja digendong Neneknya. Akhirnya direncanain untuk tympanometry sama BERA kalo batpilnya udah sembuh. Sama SpTHT, Remy disuspek SNHL (sensorineural hearing loss). Hadeeeh.. Gw yakin anak gw bisa denger ko.. Contoh nih.. Pas dia lagi nyusu trus di TV lagi maen iklan yang dia suka, langsung terdistraksi dan nengok ke arah TV. Pas iklannya abis, baru deh dia lanjut nyusu lagi. Emang anaknya cuek sih dan gw rasa itu yang jadi persoalan. I know there's something off.. To be honest, gw sama Raya sempet mikir ke arah autism atau ADHD *knock-knock on the wood seribu kali!* Sebenernya masalah Remy belom bisa ngomong (Dalam artian bicara kata-kata bermakna ya.. Kalo keluar suara sih udah tapi kan ocehan-ocehan bayi ga jelas aja.. Emang sih makin hari makin bervariasi ocehannya dan makin cerewet. Kalo kita lagi ngobrol, suka ikutan nimbrung ngoceh, "Eh eh.. Ajiiiiing. Khiiing.. Khiiiing..") ga terlalu gw khawatirin karena gw coba tanya ke beberapa temen yang anaknya cowo seumuran Remy, semuanya emang belom ada yang bisa ngomong, baru pada bisa ngoceh ala bayi aja.. Tapi kenapa dia belom bisa nunjuk dan noleh kalo dipanggil ya? Yang punya anak cowo, boleh dong dishare..

Sekarang Remy udah ga batpil lagi. Mungkin bulan depan mo kita kerjain tympanometry sama BERA-nya. Rada ga tega juga mo nge-BERA.. Katanya dikasih obat tidur ya? Hiks hiks.. Tapi prinsip gw sama Raya, tega-tegain aja deh.. In case ada apa-apa *knock-knock on the wood sejuta kali!* kan bisa diatasin sejak dini.. Daripada kita denial dan malah telat ketauan.. Btw enaknya kalo mo konsul tumbuh kembang anak kemana ya? Apa mending ke psikolog anak aja ya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar