Senin, 18 Agustus 2014

Deadly Healthy Jus Pare!

Selain Honey Lemon Shot, gw jadi tau satu hal baru dari Alodita.. Bahwasanya pare itu anti-cancer! Yang selama ini gw tau hanya pare itu booster ASI. Karena penasaran, gw Google sendiri dan memang banyak penelitian ilmiah yang sudah membuktikan bahwa Pare bisa melawan sel kanker, walaupun masih sebatas di hewan coba. Buat yang mau baca sendiri, bisa liat disini, disini, disini dan disini. Selain anti-cancer, salah satu khasiat utama Pare adalah untuk Diabetes Melitus (walaupun untuk yang ini katanya sih penelitiannya masih banyak kekurangan). Di luar dari itu, Pare ternyata tinggi kandungan Vit C nya lho.. Dan kalorinya sangat rendah tapi tinggi serat, antioksidan, vitamin dan mineral sehingga cocok buat yang mau diet. Kandungan Asam Folatnya juga tinggi jadi juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil tapiiiii jangan berlebihan karena konsumsi Pare yang berlebihan bisa menyebabkan kontraksi rahim sehingga berisiko menimbulkan keguguran atau bayi lahir prematur. Batas amannya kalo ga salah baca 200 gr per hari. Tapi amannya sih ga usah dulu kali ye makan Pare pas hamil.. Daripada-daripada..

Selama ini sih gw ga pernah ada masalah sama Pare.. Mak gw kalo bikin sayur Pare pake cabe sama udang.. Hmmmm.. Sedaaaap! Bapak gw kalo bikin Siomay, gw ga pernah absen makan Parenya.. Tapi Pare dijus? Heeeee.. Apa rasanya ituh? Ternyata kalo liat resep Jus Pare, masih dicampur sama bahan lain ko jadi semoga rasanya masih acceptable..

Untuk 1 gelas:
  • 1 pare ukuran medium, buang bijinya lalu ambil juice-nya pakai juicer. Kalo ga punya juicer, bisa langsung diblender pakai bahan-bahan lainnya.
  • 1/4 lemon
  • 1 sdm madu
  • 1/2 cup nanas/1 buah kiwi hijau
  • Es batu secukupnya.


Cara Buat: 
Blender semua bahan diatas sampai halus. 

Percobaan Jus Pare pertama, campurannya pake nanas. Yaaaa.. Masih pait sih.. Tapi masih layak minum ko..

Jus Pare-Nanas
Trus sempet nyobain masukin kailan juga biar nambahin ijo-ijo di jusnya.. Technically it's green smoothie ya.. Karena kan pake blender.. Yang dijus cuma parenya aja.. Gw ga ngerti ini akan mengurangi khasiat Parenya ato ngga kalo minumnya campur-campur segala macem, hahaha.. Gw suka aja eksperimen.. Kadang gw masukin bayam, Acai Berry powder yang gw beli di Club Sehat, mint, dill.. Segala macem deh!

Jus Pare-Nanas-Kailan
Sekali waktu nyobain pake Kiwi Hijau.. Waaaah.. Ini ternyata yang paling enaaaaak! Kalo pake Kiwi Gold pasti lebih enak lagi! Tapi gw lagi berusaha ngurangin konsumsi buah-buah yang terlalu manis.. Kebanyakan makan buah manis ga bagus juga lho ternyata karena bisa menaikkan kadar gula darah. Makanya sekarang kalo ngejus buat sehari-hari, paling pake buah manisnya Apel Granny Smith 1 buah.. Sisanya pake seledri, timun jepang, beet, wortel, lettuce.. Gw sadar banget kalo konsumsi gula gw berlebihan dan ini juga salah satu bad habit yang susah gw stop.. *sigh. Makanya berharap dengan minum Jus Pare bisa bantu menstabilkan kadar gula darah gw (Walaupun selama 4 tahun berturut-turut kalo general check up gula darah gw selalu normal tapi seenggaknya kan buat pencegahan..).

Jus Pare-Kiwi
Oia, kenapa gw sangat menekankan tentang anti-cancernya? Secara genetik, I have family history of cancer from both sides.. Dua orang kakak si Abah meninggal karena kanker paru, sementara adik kandung Ibu gw meninggal karena breast cancer.. Serem ya? Selama ini gw kira gw aman dari penyakit yang aneh-aneh.. Karena semua kakek nenek gw ga ada yang punya riwayat sakit jantung, hipertensi, stroke, apalah.. Ternyata malah kebagian yang paling serem.. :'(. Tapi gw percaya, yang namanya penyakit ga tergantung sama gen.. Sampe sekarang gw masih inget banget tuh sama konsep Hendrik L. Bloom tentang hal yang mempengaruhi status kesehatan seseorang.. Ada 4 hal yang mempengaruhi kesehatan, yang terbesar adalah Lingkungan (45%), Lifestyle (30%), lalu faktor pelayanan kesehatan dan yang paling sedikit pengaruhnya adalah genetik. Jadi kalo orang tua ato kakek nenek lo punya hipertensi, kolesterol, diabetes ato segala macam penyakit yang dipercaya bisa diturunkan secara genetik, ya lo jangan mau bernasib sama! #galak Nasib lo bisa berubah. Kenapa penyakit-penyakit itu dikambinghitamkan sebagai penyakit keturunan? Karena dalam satu keluarga itu pasti punya pola makan yang sama! Jadi cukup sampe di lo aja, cut pola itu! Kalo di rumah kebiasaan makan santen, gorengan, makanan berpengawet, junk foor, makanan terlalu asin, ya lo jangan ikut-ikutan kalo ga mau punya penyakit yang sama.

Gw sadar, untuk cancer-free ga bisa cuma ngandelin Jus Pare aja. Masih banyaaaaak hal-hal lain yang harus dilakukan, salah satunya yang menurut gw terberat adalah to cut my dairy products! Ooooh.. Bagaimana bisa aku ga makan kejuuuu.. Saus pasta yang creamy.. Walaupun memang masih banyak pro kontra antara relevansi konsumsi dairy product dengan cancer tapi yaaaaa.. #ngambang.

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Karena dicampur sama nanas/kiwi, lemon, dill.. Enak-enak aja ko.. Emang sih masih sisa hint rasa pahitnya tapi masih bisa ditahan ko.. Cobain deh..

      Hapus
  2. Jadi pengen nyoba resep jus pare sasa nie buat booster ASI, semoga aja g pahit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pahit sih ttp pahit tp msh bisalah ditahan.. Demi kesehatan

      Hapus
  3. Lemon nya di ambil airnya aja ato di kupas kulitnya terus di juicer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil airnya aja.. Bagus sih kalo kulitnya juga dipake tp bagian2 yg putih ky spons itu paiiiiit banget!

      Hapus