Sabtu, 20 Oktober 2012

Complementary Feeding for Infant: Preambule

Jiaaah.. Kesannya judulnya susah amat yaaa.. Padahal ini cuma mau ngomongin tentang MPASI doang koo..
Postingan ini atas request dari temen gw (yang dulu request postingan tentang baby shopping list).. Hohoho.. Gw bukan expert loh yaaaa.. Ini berdasarkan pengalamaman aja sama hasil baca-baca di dunia maya.. So I'm just going to jibber-jabbering again like I used to babbling about breasfedding. Gw belom ikut pelatihan MPASI. Tar deh.. Gw emang udah niat ikut pelatihan MPASI kalo duitnya udah ngumpul lagi ada waktu, hehehe..

Rasanya semua ibu-ibu udah tau kalo pemberian makanan pendamping dimulai dari usia 6 bulan. Even if your baby is formula feeding. Karena ada beberapa orang yang gw kenal, udah kasih anaknya makan sejak usia 4 bulanan karena dokter anaknya bilang kalo udah campur susu formula, ga papa mulai makan umur 4 bulan. Menurut gudelines WHO, non-breast fed babies tetep mulai solid food pas 6 bulan.. Ada penelitian yang bilang, ga ada keuntungan dari memberikan solid food pada anak kurang dari 6 bulan, so kenapa harus buru-buru?

Kenapa sih musti nunggu sampai bayi usia 6 bulan baru boleh dapat makanan padat? Here's the reasons why..

  1. ASI saja sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sampai usia 6 bulan.
  2. Memperkecil risiko obesitas di masa yang akan datang.
  3. Pencernaan bayi sudah lebih matang sehingga memperkecil risiko alergi dan infeksi pencernaan.
  4. Memperkecil risiko anemia karena kurang zat besi.
  5. Memperkecil risiko tersedak karena usia 6 bulan, umumnya bayi sudah bisa duduk tegak.
Sebenernya masih banyak sih alesan-alesannya, hahaha.. Tapi gw males ngetik.. Sok atuh ditanya Om Gugel.. 


Naaah.. Kalo kecepetan MPASI ada kerugiannya, begitu juga kalo telat ngasih.. Entah karena ngerasa ASIP masih banyak ini stoknya ato emang males aja bikinin makanan buat anaknya, sekarang ada loh aliran yang hanya ASI saja sampai 2 tahun tanpa MPASI loh.. Itu mah kebangetan..-_____-". Okelah lo pro ASI tapi jangan segitunya juga kaliiiik.. ASI memang sumber nutrisi satu-satunya untuk bayi tapiiiiii hanya sampai usia 6 bulan saja.. Lewat dari 6 bulan, bayi sudah butuh lebih dari yang ada di ASI, makanya kita kasih makanan pendamping (But no switch to formula yaaa..ASI tetep sumber nutrisi 75-80% pada bayi 6-12 bulan. Soalnya ada yang salah kaprah, yang bilang setelah bayi 6 bulan, kandungan ASI udah ga bagus lagi).

Sumpah gw bingung abis sama aliran baru itu. Trus anaknya belajar ngunyah dan nelen makanan dari mana? Kalo aliran ini bilang belajar ngunyah dengan gigitin teether. Ditelen sekalian teether-nya, gitu? Trus.. begitu anaknya di-weaning dari ASI, lo yakin anaknya langsung bisa makan? Orang ga pernah diajarin.. Trus lagiiii.. Abis di-weaning dari ASI, anaknya makan apaan? Bubur dulu? Ato langsung nasi? Seriusan pengen nanya sama sang Ibu Dokter pelopor aliran ini. Dan pengen banget liat bukti anak-anak yang bisa bertahan ASIX sampe 2 tahun. Eeeeh jadi ngelantur..


Beberapa akibat kalo nunda MPASI:

  1. Memperbesar risiko malnutrisi pada bayi.
  2. Memperbesar risiko anemia defisiensi zat besi.
  3. Bayi akan cenderung menolak diberi makan.
  4. Perkembangan oromotor anak akan terganggu.

Emang sih dari yang gw rasain, setelah Remy makan pun, nyusunya tetep kuat. MPASI bener-bener cuma buat anak belajar makan aja ko.. Jadi kalo anak ogah-ogahan makannya, baru beberapa suap udah buang muka, ngelepehin, nyemburin makanan, sante aja Buuuu..

Okeeee.. 'Segini' dulu ya pembukaannyaaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar