Sabtu, 20 Oktober 2012

Complementary Feeding for Infant: Preparation

Buat gw, saat-saat mau MPASI itu bikin deg-deg-an.. Mo ngasi apa nanti.. Kira-kira anaknya doyan makan ga ya..? Tar kalo anaknya alergian gimana? Karena itu, sebelum mulai MPASI butuh persiapan yang matang.

Persiapan gw saat itu adalah:
  • Baca.. Baca.. Dan baca
    • Jauh-jauh hari sebelum MPASI, gw udah lebay baca sana-sini.. Mulai dari blog Ibu-ibu yang udah ngejalanin MPASI duluan, gabung milis MPASI rumahan, melototin thread MPASI The Urban Mama ampe mata pegel, mantengin resep-resep di web Annabel Karmel, Wholesome Baby FoodMamaku Koki Handal dan MPASI Rumahan, beli buku resep makanan bayi.. Jauh-jauh harinya bener-bener jauuuuh bener.. Sejak Remy umur 4 bulan! Huahahaha.. Lebaaaay! Tapi itu beneran penting lho.. Jadi tau persiapannya, rules apa aja yang ada, tips and trik dari Ibu-ibu yang lebih berpengalaman..
  • Bikin jadwal perkenalan bahan makanan dan jadwal makanan harian
    • Saking lebaynya gw, jadwal-jadwal itu udah kelar pas umur Remy 5 bulan, ngahahaha..! Dan tuh jadwal langsung nempel cantik di pintu kulkas.
  • Beli perlengkapan "perang" MPASI
  • Mempersiapkan kesabaran
    • Secara selama 6 bulan bayi cuma taunya nyusu, tiba-tiba dimasukkin benda asing ke mulutnya, pasti reaksinya macem-macem. Ada yang doyan-doyan aja, ada yang heran, ngelepeh, buang muka, ampe ada yang nangis histeris. Dibawa fun aja. Namanya juga baru belajar makan, lama-lama bayi adaptasi ko. Remy baru ngerti kalo liat sendok, dia mangap pas umur 7-8 bulanan. Sebelum itu, susaaah banget ngasi makannya. Belom lagi pas anak mogok makan alias GTM (Gerakan Tutup Mulut) karena sakit, tumbuh gigi, bosen.. Busyeeet.. Bener-bener musti ekstra sabaaaaar...
  • Mempersiapkan orang sekitar
    • Gw udah dari jauh-jauh hari bilang ke orang rumah, nanti Remy pas mulai makan bukan artinya orang-orang seenak jidat ngasi dia sembarang makanan. Pokoknya apa yang dia makan, harus sesuai jadwal yang udah gw bikin. Gw ga mau anak gw maen dikasih kerupuk, coklat, kue, roti, es krim, dll. 
Cukup yaaah.. Besok lanjut lagiiiiii..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar