Selasa, 16 Oktober 2012

Kisah si ASIP

Buat yang belom familiar sama istilah ASIP, gw jelasin dulu yaaa.. ASIP itu artinya Air Susu Ibu Perah.. Idiiih.. Kaya sapi aja ya diperah-perah.. Tapi emang begitulah adanya.. If you want to (and I think you have to) keep breastfeeding after your maternity leave is over, mau ga mau lo musti merah.. Kalo bisa pake tangan, sip banget tuh! Ga perlu ribet bawa pompa dan perlengkapan perang lain. Modal tangan, cuci tangan ama wadah lebar aja. 

Naaah.. Secara gw ibu bekerja *tsaaah*, gw termasuk kaum mama perah karena pas lagi kerja, yang gw pikirin cuma, "Kapan sih pasien abis? Gw mo mompa lagi niih!" Alhamdulillah, Allah ngasi kemudahan karena walopun jadwal mompa gw amburadul, tapi Remy masih bisa terus dapet ASI sampai mau setaun.

Gw mulai mompa sejak Remy umur 2 hari. Kayanya gw pernah cerita kan? Yang Remy demam trus gula darahnya turun dan dikasih formula?

ASIP pertama gw

ASIP pas Remy umur 6 hari
Jadi bisa dibilang, hampir 1 tahun gw mompa. Kalo ibu-ibu lain kan baru pada mulai mompa buat nyetok balik kerja kan minimal 1 bulan sebelum kerja (walopun ada beberapa orang yang gw kenal nekat baru nyetok 1-2 minggu sebelum kerja). Karena kondisi tongue tie Remy saat itu (ceritanya masih nangkring di draft, belom dikelarin, bwahahaha..), gw exclusive pumping hampir 2 bulanan lah.. Bahkan setelah Remy ga tongue tie lagi, gw masih tetep mompa karena posisi nyusuinnya masih ga dapet yang enak juga. Gw ampe join thread exclusive pumping di The Urban Mama segala lho.. Saking gw pikir, kayanya gw ga mungkin nih  bisa nyusuin Remy. Gw malah hampir nyerah ngasi ASI buat Remy karena minumnya makin banyak, gw udah mulai tumbang karena kerja gw 2 jam sekali cuma mompaaaaaa doang. Sampe gw mikir.. Ko gw ga ngerasain indahnya jadi ibu sih? Karena gw ga pernah megang sendiri bayi gw. Waktu gw cuma abis buat mompa. 

Inget banget gw, tanggal 19 November 2011, 1 hari setelah remy incisi tongue tie, gw udah putus asa. ASIP di kulkas tinggal 500ml doang dan gw udah muak sama mompa, gw pengen meluk Remy, pengen nyusuin dia langsung. Gw nge-tweet ke AIMI, minta donor ASI dan dibalas sama AIMI kalo donor ASI itu bener-bener dalam kondisi mendesak aja. Gw cuma disuruh skin to skin dan benerin posisi perlekatan bayi saat nyusuin. Akhirnya gw coba skin to skin. Selama beberapa hari, gw pake kimono (biasanya kan dasteran) biar gampang skin to skin-nya. Underneath the kimono, I wore nothing but panties. Jadi pas mau nyusuin, gw buka itu kimono trus baju Remy juga gw buka kancingnya biar kulit kita saling nempel. Trus apa yang terjadi tiap gw skin to skin? Remy lebih anteng pas nyusu dan dari payudara yang gw disusuin, ngocor-ngocor dah tuh ASI ampe emak gw terheran-heran. Dan itu yang bikin gw mutusin buat beli Milkies yang pernah gw review disini
Milkies Milk Saver
Really saves every drops
Dan ga terasa semua berlalu tanpa gw sadari pas Remy umur 2.5 bulanan, akhirnya malem-malem gw bisa tidur walopun tetep kebangun 2-3 jam sekali karena anaknya minta nyusu (dan ini berlangsung sampai sekarang...*salam mata panda*)

Hampir 1 tahun mompa, banyak kisah-kisah dibalik perjuangan mompa ini. Mulai dari deg-degan karena mati listrik (paling lama mati listrik 8 jam dan ASIP beku di freezer tetap aman), ASIP disemutin (untungnya cuma 50cc doang, walopun pas ngebuang rasanya perih hati ini, huhuhu..), 150 botol ASIP cair gara-gara pintu freezer ga ketutup rapet (yang pertama kerjaan Bokap, yang kedua kerjaan gw sendiri). Trus apa nasib ASIP yang cair itu? Gw bekuin lagi laaaah.. Bisa gila gw kalo dibuang! Nekat ya? Gw emang rada-rada koboi dalam urusan ASIP. Gw masih nekat buat bekuin lagi karena:
  1. Masih ada inti bekunya.
  2. Pintunya baru ga ketutup sekitar 3-4 jam aja ko jadi masih dingin.
  3. Bismillah aja kalo ASIPnya masih bagus. Indikatornya kan ada di bayi. Selama bayi masih mau, artinya masih bagus ko. Kalo emang udah jelek, bayi pasti nolak.

Hasil dari pintu freezer yang ga ketutup rapet tuh kaya foto dibawah ini deh.. Jadi ada tumpukan bunga es yang bikin botol-botolnya susah banget dikeluarin dan jadinya sering dicongkel-congkel pake piso lah.. Obeng lah.. Nekat berat! Padahal udah ada warning di freezer-nya kalo dilarang keras congkel-congkel pake benda tajam. Naaah.. baru-baru ini kena batunya deeeeh..!


Sekitar 2-3 hari sebelum gw ulang tahun, dapet musibah freezer bocor gara-gara salah satu raknya bolong kecongkel obeng. Kejadiannya pas gw lagi kerja dan orang rumah ga ada yang bilang-bilang kalo freezer rusak karena takut gw stress kali yee.. Tar hasil mompa gw berkurang deh kalo ampe stress.. Jadi baru pada sadar sore-sorean pas Raya pulang kerja, jam 5 sore (hari itu gw kerja shift siang, jalan jam 1 siang-pulang jam 10 malem). Katanya ko sekitar freezer banjir? Aer tumpah dari mana..? Pas freezer dibuka, kedengeran suara freon bocor. Langsung pada panik nyelametin ASIP ke freezer kulkas biasa. Jadi korban lah semua isi freezer.. Daging, ayam, ikan semua berkorban demi ASIP selamat. Menurut orang rumah sih belom ada yang cair.. Yang pe-er banget mah waktu beresinnya.. Musti ngurutin sesuai nomor terkecil-terbesar biar tetep bisa FIFO (first in-first out).

Dibarisin sesuai urutan nomor
Udah kaya mo upacara bendera aja..
Horeee.. Rapih jugaaaa..
Kirain ga bakal ada masalah lagi.. Eeeh.. ternyata ujian dari Allah belon selesai juga.. Ga lama setelah kejadian itu, mendadak freezer mati! Gw panik gila! Ga ngerti kenapa bisa mati, pokoknya yang pertama gw lakuin adalah nyelametin ASIP-ASIP gw..! Huhuhu.. heboh dah pagi2! Ampe ada yang ngungsi ke kulkas rumah lama segala! Kelar nyelametin ASIP, baru manggil tukang service langganan. Jadi diagnosis si Ryan (bukan personel The Massive), kompresornya mati! Sebel banget! Padahal nih freezer umurnya belom ada setaun trus beli baru! Masa udah rusak aja?! Mana kompresor rusak ga masuk garansi pula! Beli baru, harganya 850ribu. Sempet bimbang juga, apa beli freezer baru lagi aja ya.. Tapi harga freezer baru 5 rak 1.85 juta.. Tapi kalo beli kompresor baru aja, 850rb, belom ditambah biaya service+isi freon. Mana pas rak bocor itu udah abis 350rb.. Pusyiiiing! Akhirnya gw putusin Bismillah aja beli kompresor baru. Doain yaaa biar ga ada masalah lagi freezer-nya..

Huumm.. Udah panjang ya ceritanya? Hehehe.. Gw masih mau cerita tentang ASIP berdarah.. Jadi pas bulan puasa, gw kan bertekad mo tetep puasa. Alhamdulillah, puasa udah jalan seminggu lebih, gw kuat-kuat aja.. Hasil mompa juga ga drop.. Sampai pada suatu malam, pas lagi nyusu, PD gw digigit sama Remy ampe bedarah-darah netes ke kasur! Horor banget dah! Dan itu berlangsung sekitar 2-3 hari. Sampe akhirnya gw konsul via BBM ke dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC (yang incisi tongue tie Remy). Ternyata menurut analisa beliau, mungkin karena gw puasa jadi kurang masuk cairan dan produksi ASI jadi menurun. Beliau nemuin 5 kasus PD ibu digigit bayi pas bulan puasa ini. Beliau udah bilang sebenernya pas sebelum puasa, mendingan gw ga usah puasa dulu karena masih nyusuin. Karena gw bandel, gini deh hasilnya.. Hiks..

My bloody breastmilk gara-gara si Ramanandracula
Trus gimana nasib ASIP bedarah ini? Ya udah, tetep gw perlakuin kaya ASIP biasa.. Masuk freezer buat stok. ASIP campur darah masih boleh ko dikasih ke bayi.. According to this yaaa.. Dibaca-baca deh.. Ada soal mitos-mitos menyusui.. Jadi jangan dibuang.. Sayang lhoo.. Setiap tetes berharga.

Yah.. Begitulah sekelumit cerita gw tentang per-ASIP-an.. To be honest, udah rada mulai males mompa sih *toyor pala Sasa!* tapi ga boleh patah semangat! Karena udah bertekad mau nyusuin Remy till 2 years and beyond (sesuai rekomendasi WHO cyyyn..) jadi tetep harus mompa buat jaga produksi.. Semangat Sasaaaaa..!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar