Rabu, 31 Oktober 2012

Complementary Feeding for Infant: Principal Point

Nyontek dari kultwit AIMI, berdasarkan modul IYCF (Infant and Young Children Feeding) WHO 2010, poin-poin penting #MPASI antara lain: Age, Frequency, Amount, Texture, Variety, Active/Responsive dan Hygiene. Disingkat jg AFATVAH. Yuk mari dibahas satu-satu..

AGE
Kalo ini mah udah lumayan gw jabarkan disini yaaa.. Intinya memulai MPASI tepat waktu, jangan kecepetan ataupun kelambatan. No further explanation yaa.. Silaken dibaca postingan sebelumnya.

FREQUENCY
Kalo menurut WHO, waktu pertama kali makan, cukup 1-2x sehari. Nanti meningkat jadi 2-3x sehari plus snack 1-2x sehari. Pas 9 bulan, jadi 3x makan utama dan 1-2x snack. Di atas 1 tahun, kasih 3-4x makan utama dan 2x snack.

Kalo yang gw alamin sendiri.. 2 minggu pertama, Remy makan 1x puree buah di pagi hari. Setelah 2 minggu, jadi 2x sehari, pagi puree buah dan sore puree buah+sayur/carbo. Setelah  mulai makan bubur saring, baru deh bocah makan 3x sehari, pagi puree buah (ceritanya ngikutin Food Combining Erikar Lebang, huehehehe..), siang dan sore bubur saring. Dan hal ini berlangsung sampai...rrr.. kemarin, hahahaha.. Cuma makan beratnya aja yang meningkat dari bubur saring ke nasi tim, terakhir ini mulai dicobain nasi lembek. Remyyyyy, maafkan Bubu pemalas.. Gw bingung mo bikinin camilan apaan.. Pernah sih dulu pas lagi pengenalan agar-agar plain.. Bikin agar-agar campur puree mangga buat camilan, tapi itu cuma sekitar 5-6 hari ampe agar-agarnya abis. 
                   
Haaap.. Lalu belepotan.. :D

Abisan gw bingung.. Jadwal sehari-hari Remy tuh Masya Allah.. Kacauuuw! Hidupnya sangat tidak teratur, mungkin karena gw kerja shift-shift-an ya? *alesan aja* Jadi kalo gw kerja shift sore, bocah kaga bakal tidur-tidur sampe gw pulang, sekitar jam 10 malem. Harus nyusu ke gw dulu baru dia bisa tidur. Malah seringnya, abis nyusu itu, dia malah cengar-cengir lagi ngajakin maen.. Duh! Karena jam tidurnya kacau, paginya dia baru bangun jam 8-an trus maen-maen bentar ato diajak keliling komplek sama Abah ato Nenek sementara gw (kalo pas gw shift pagi, biasanya Abah yang siapin buahnya) nyiapin buahnya buat sarapan. Abis sarapan, doi mandi trus sekitar jam 9-an, mulai cranky lagi karena ngantuk, mata dikucek-kucek, garuk-garuk pala, jambak-jambak rambut. Itu cues kalo Remy udah ngantuk lagi. Sekitar jam 9-9.30 pagi, dia nyusu lagi/minum ASIP dan biasanya bobo lagi. Nah jam bangunnya bervariasi.. Bisa 30-45 menit udah bangun lagi, bisa bablas ampe jam 12 lewat. Malah pernah bablas ampe jam 12.30-an.  Bangun tidur itu, biasanya langsung makan siang dan anaknya maen-maen 1-2 jam dan mulai cranky lagi, nyusu/minum ASIP trus tidur lagi dah doiiii.. Hadeeeh.. Trus kapan gw ngasi snack-nyaaa? Bandingin sama kegiatan sehari-hari anaknya Fifi Alvianto deh.. Gw copas dari blog-nya:

06.00 Bangun pagi dan main outdoor.
07.00 Sarapan pagi, nasi + lauk pauk + sayur.
08.00 Mandi pagi.
08.30 Minum ASIP dan tidur pagi. 
11.00 Bangun dan ngemil buah.
12.00 Makan siang, nasi + lauk pauk + sayur.
01.30 Minum ASIP dan tidur siang. 
03.30 Bangun dan ngemil pudding atau kue.
04.00 Main outdoor.
04.30 Makan malam nasi + lauk pauk + sayur.
05.30 Mandi sore.
06.00 Bunda pulang, horeee...
08.00 Tidur malam.

Ko bisa teratur gitu yah hidup anak bayi? Apa gw yang kebiasaan ga disiplin? Apa ngasi ASIP-nya dikurangin? Liat jadwal diatas, Lola (anaknya Fifi Alvianto) cuma minum ASIP 2x selama ditinggal kerja. Padahal kayanya jam kerja Fifi Alvianto lebih panjang dari gw. Sementara Remy kalo ditinggal kerja masih ngabisin ASIP 400-500ml buat 3-4x pemberian. Eh ko gw malah jadi curcol soal jadwal makan anak?

Nah pada akhirnya, kemaren ini baru gw tambahn 1x snack di jadwal makan Remy. Itu juga karena kebetulan ada Baked Potato with Salmon and Broccoli sisa pengenalan salmon Remy sehari sebelumnya. Makanya abis ini bertekad deh mo bikinin Remy cookies kek.. puding roti kek, cheese stick kek.. Mungkin ada yang mikir, susah-susah amat, buat cemilan anak mah kasih aja M*iln*, F*rl*ys.. Hih.. Maap yaaah.. Gw orangnya emang menyebalkan dan sok konsisten MPASI homemade, bwahahaha.. Ampe berantem sama Abah Nenek yang nanya, "Ko anaknya ga dikasih F*rl*ys sih? Kan enak dia bisa gigit-gigit biskuit, ketimbang gigit-gigit benda segala macem dimasukkin mulut?" Gw blg, "Kaga ada anak gw makan biskut buatan pabrik! Makanan pabrikan itu udahlah berpengawet, pake gula dan garam" Tetep juga kekeuh mereka, "Emang kenapa? Kamu pas bayi kita kasih F*rl*ys, gedenya jadi dokter?!" Hadeeeeh.. Akhirnya gw beli Cheese Bliss di Mama Kanin aja dah! Biar pada ga ribut. At least biskuit home made and no gulgar.  Anaknya sih duoyaaaan bangeeet! Enak siiih.. Rasanya persis Kaastengels. Sayangnya mahal harganya, huhuhu.. Tar deh belajar bikin sendiri aja..
Remy 10 mos, munching on Cheese bliss, nom nom..
                                                    

AMOUNT
Jangan harap awal-awal makan, bayi langsung makan 1 mangkok yeeee.. Dikasih puree 2-3 sendok makan dewasa aja bisa ga abis.. Tiap anak sih beda-beda.. Remy awal-awal makan, paling beberapa suap sendok bayi aja udah rungsing. Tar lama-lama bisa abis setengah mangkok bayi ukuran 250ml. Diharapkan, pas 9-12 bulan, porsi makin bertambah jadi 3/4 mangkok ukuran 250ml. Setelah 1 tahun baru deh full 1 mangkok.. Tapi itu teori aja ko.. Yang penting, ikutin bayinya aja. Kalo udah mulai tutup mulut ato malingin muka, udah, stopin aja. Kasih batasan waktu maksimal 30 menit anak udah ga mau buka mulut lagi, mo abis mo ngga tuh makanan, stopin aja kegiatan makannya.

TEXTURE
Kalo soal tekstur, saran WHO sih mulai dari puree dulu. Jangan keenceran, jangan kelewat kentel juga. Jadi kalo puree ditaro di sendok trus sendoknya dimiringin, puree ga langsung tumpah. Tapi ada juga yang bilang kalo tekstur pertama mulai dari yang encer dulu. Gw awalnya pake aliran mulai dengan tekstur encer, 2 sendok makan puree pepaya+ASIP 10ml. Eeeh.. disembur-sembur sama anaknya! Besok dicoba dengan tekstur yang sama, disembur-sembur lagiii...! Akhirnya coba puree pure tanpa diencerin, ternyata anaknya malah lahap..hap..hap! Pas mulai makan bubur, sekitar 7.5 bulan, mulai pake bubur saring trus 8-9 bulanan udah nasi tim tanpa saring lagi. Naaah, telatnya gw karena baru kasih nasi lembek pas Remy 11 bulan. Padahal rata-rata temen gw ngasi nasi lembek ke anaknya pas 9 bulanan. Yang jadi penghalang adalaaah.. lagi-lagi si Bubu pemalaaaas! Remyyyyy.. Maafin Bubuuuu.. Soalnya kalo bikin bubur ato nasi tim kan enak tuh, bisa cemplung-cemplung semua bahan dari beras, sayur, kaldu, daging ke slow cooker. Sementara kalo nasi lembek kan artinya nasi dan lauk pauk harus dimasak terpisah, huhuhu.. Sementara waktu gw buat terjun ke dapur sedikit.. *alesan aja*. Akibatnya apa coba? Karena ga kebiasaan ngunyah, sejak dikasih nasi lembek, makannya jadi diemuuuut, huaaaaa...! 
Contoh tekstur kasar dari salah satu menu Remy
Spinach Pasta with Edamame Pesto
Setelah anak umur setahun, diharapkan sudah bisa ikut table food/family food. Tapi rasanya ko ga mungkin ya? Pasti tetep harus dimasak terpisah. Secara gw bertekad akan selama mungkin ga ngenalin Remy gula garam. Dan potongan makanan dewasa kegedean kali ya buat bayi? Harus dicincang lebih alus lagi. Huhuhu.. Padahal gw udah seneng-seneng aja, kirain tar setelah setahun, gw bisa nebeng makanan orang rumah buat dikasih ke Remy.. Ternyata kayanya masih belom bisa deh.. Sejak 11 bulan, mulai ngebiasain Remy kalo ngasih buah ga di-mash lagi, jadi cuma dipotong dadu kecil-kecil aja ato diserut kasar aja. Nyesel kenapa mulai tekstur kasarnya telat, huhuhu..
Mungkin ada yang nanya, kalo udah 8-9 bulan bayi gw belom tumbuh gigi, gimana? Masa mau dipaksain makan yang kasar? Dari hasil baca-baca sih, walopun belum tumbuh gigi, jangan khawatir ngasi makanan tekstur kasar ke bayi. Karena dengan dikunyah pake gusi, makanan akan lembut dengan sendirinya ko.. Lagian gigi bayi yang pertama tumbuh kan gigi seri, sementara kita ngunyah dengan geraham. Jadi jangan takut yaaa.. Kalo bayi keliatan mo muntah/gagging, jangan panik. Itu karena dia belom terbiasa aja dengan tekstur baru. Asal kita bener-bener ngawasin jangan sampai bayi kita tersedak.
VARIETY
Bayi itu bosenan, apalagi anak gw.. Huhuhu.. Kita sebagai emaknya harus pinter-pinter bikin variasi makanan. Bukan cuma buat mengatasi kebosanan bayi aja tapi biar bayi dapat beraneka jenis vitamin dan mineral dari bahan makanan yang berbeda-beda. Contoh nih.. Ada ibu yang sangat mendewakan wortel jadi tiaaaaaap hari anaknya makan wortel ampe badannya jadi orange! Beneran bisa kejadian loh! Namanya hypercarotenemia ato bisa disebut carotenemia. Okelah wortel itu emang bagus kandungannya. Tapi kan sayuran di dunia ini bukan cuma wortel ajaaa.. Kejadian juga di gw pas nyokap nanya, ko anaknya ga dikasih wortel bayem sama ati ayam sih? Hiiiih.. Itu mah makanan bayi tempo doeloe.. Anak gw mah makannya kereeen.. Zuchini, Kabocha, keju, yogurt, hohoho..

Nah, tapi gw tetep stick to the 3-4 days waiting rule buat memperkenalkan makanan baru ke Remy. Aturan tunggu 3-4 hari ini untuk observasi tanda-tanda alergi ato intoleransi makanan. Contoh nih.. Waktu awal MPASI, makanan pertama yang gw kasih ke Remy tuh pepaya.. Selama 3 hari kedepan, cuma itu aja yang gw kasih. Setelah makan pepaya 3 hari dan ga ada reaksi apa-apa (kulit merah-merah/sembelit/diare), baru coba kasih makanan baru lagi. Jadi ga hari ini pepaya, besok pisang, besoknya lagi pepaya sama alpukat. Kalo menclok-menclok gitu trus tiba-tiba bayi lo mencri-mencri ato kulitnya gatel-gatel, lo bakalan bingung mana bahan makanan yang bikin dia jadi gitu. Ngerti ga?! *galak amet..* Contoh nih.. Ada temen gw yang pas anaknya umur 8 bulan mulai ngasi keju. Dia baru 1 hari aja ngasi keju ke anaknya. Besoknya dia ga sabaran pengen anaknya nyobain makanan lain. Dibikinlah bubur dikasih tahu sama keju, padahal sebelomnya anak dia belom pernah dikasih tahu. Eeh.. abis makan buburnya, sore-sore kulit anaknya merah-merah deh.. Bingung kan apa yang bikin kulit anaknya merah-merah.. Keju ato tahu? Dah ngerti kan maksud gw? Ya sebenernya 3 days waiting rule mah ribet-ribetnya gw aja yang sok idealis.. Anak temen gw itu sih tetep baek-baek aja ampe sekarang.. Kalo emang ga sabaran pengen ngenalin segala jenis makanan ke anak, silakan aja.. Risiko tanggung sendiri, hohoho..

Udah gitu, ternyata ngenalin bahan makanan baru ke bayi juga jangan seenak jidat aja.. Ada aturannya.. Again, ini cuma ribet-ribetnya gw aja.. Misalnya bayem, bit, brokoli, wortel yang punya kandungan nitrat tinggi, sebaiknya dikasih pas umur anak diatas 8 bulan, dairy food sebaiknya dikasih pas bayi udah di atas 8 bulan, ikan laut setelah bayi 9 bulan.. Tapi itu balik lagi ke ibu masing-masing deh.. Gimana baiknya aja menurut anda-anda..
Ini beberapa link soal pengenalan bahan makanan vs usia bayi:
1. Kelly Mom
2. Wholesome Babyfood
3. Blog Bunda-nya Dita

Terakhir niiiih masalah variety.. Mo dikasih apaan sih pas pertama kali makan? Harusnya ini yang dibahas pertama yah.. Hehehe.. Ada 3 aliran.. Masing-masing punya pengikut. Mo pilih yang mana aja, teseraaaah..
Serealia
Yang aliran serealia berpendapat karena tepung beras paling kecil risiko alergi/intoleransi makanannya.
Sayur
Katanya sih biar anak dibiasain makan sayur dari kecil, kalo dikasih buah dulu tar pas dikasih sayur anaknya ga mau karena buah kan manis sementara sayur kebanyakan rasanya hambar.
Buah
Ini aliran yang gw ikutin, ala food combiners kaya Pak Wied Harry, Andang Gunawan or Erikar Lebang. Alasannya buah itu ga ngeberatin pencernaan di pagi hari karena pas kita tidur kan perut kosong jadi butuh makanan mudah cerna.

ACTIVE/RESPONSIVE
Ini yang paling susyeeeeh.. Orang kan terbiasa ngasi makan anak sambil digendong-gendong, nonton TV, diajak muter-muter komplek, maen, lari kejar-kejaran.. Hadoooh.. Tidak boleh itu yaaaa.. Makan harus duduk, eye to eye kontak, jangan ada distraksi. Serius susaaaah banget! Udah gitu suasana makan harus dibikin seru, menyenangkan, ga boleh ada paksaan, apalagi sampe ngiket tangan anak trus ngejejelin makanan ke mulutnya. Bisa trauma deh bocah! Ini nih yang bikin anak jadi susah makan trus orang tua rame-rame deh minta suplemen penambah napsu makan ato ngeganti porsi makanan anak dengan susu formula lanjutan.
Yang terjadi pada Remy: awal MPASI, makan duduk di bouncer karena belom beli high chair. Setelah beli high chair, bisa duduk manis sambil disuapin. Makin gede, pas mulai bisa jalan, makin ga bisa diem dan ga betah duduk lama-lama. Alhasil, sama si Nenek didistraksi pake Baby First TV *tutupmata*. Menurut si Nenek, biar anaknya ga bosen, huhuhu.. Jadi pas ada tokoh yang dia suka trus anaknya ketawa, hap masuklah itu sendok.. Padahal harusnya no TV for babies untill 2 years old.. Ini udah dikasih tipi, sambil makan pula! Hadeeeeh.. Ya udah lah, mo gimana lagi.. Kalo gw yang suapin, ga pernah pake tipi, anaknya mau aja sih.. Kalo dia bosen trus mulai ngomel-ngomel, gw sudahi acara makan. Eeeeh.. gw dibilang ga sabaran sama si Nenek. Tau lah.. Pasrah..

HYGIENE
Penting banget niiih.. Cuci bahan makanan buat bayi dengan bersih, masak sampai matang dan simpan yang bener. Daaaan jangan lupaaaa.. CUCI TANGAN! Bayi dan yang ngasi makan harus cuci tangan. Pas masak juga tetep cuci tangan. Trus bedain antara talenan buat motong buah/sayur dan daging/ikan mentah. Jangan sampe bakteri dari daging/ikan mentah pindah ke sayur atau buah segar (Terutama buah ya.. Soalnya kan makan buah ga pake dimasak lagi). Oia trus hati-hati banget kalo ngasi ikan ke anak. Amannya beli yang udah fillet aja. Serem deh amit-amit kalo bayi sampe ketulangan. Trus tiap mo kasih makan, kita cobain dulu buat ngetes suhu dan rasa. Biar tetep bersih, cobainnya dengan sendok yang beda dong ya..

Yaaaaak sekiaaaaaaan.. Postingan superpanjang dan minim foto, huehehehe..

Nantikan postingan resep-resep MPASI yahud ala Sasa.. Ihiiiiiy..!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar