Selasa, 16 Oktober 2012

My First Marmet

Dosa gw di dalam dunia menyusui, yang udah gw sadari, ada 3, yaitu:

  1. Remy minum ASIP pake dot (Udah bertekad buat anak kedua nanti no dot lagi! Selain tiap hari deg-degan tiada terkira karena takut bingung puting, sekarang gw bingung gimana cara weaning Remy dari dot.. Trust me ibu-ibu.. Bayi-bayi anda sebaiknya jangan dikasih dot).
  2. Remy terbiasa ngempeng (Abisan bingung.. Kalo dilepas, anaknya jejeritan dan gw ga tau gimana cara nenanginnya selain disumpel PD, huhuhu..).
  3. Gw ga bisa Marmeeeeet!! (Marmet itu teknik merah ASI pake tangan, bisa dibaca disini ya..).
Naaah.. Sehari setelah gw kelar Pelatihan Konselor Menyusui.. Gw kan langsung masuk kerja.. Pas gw mo mompa nih.. Pasang corong, colok pompa.. Ko ga nyedot sih? Ada yang salah ini.. Pas gw liat ke corongnya.. Astagaaa.. Membran pompanya robek dan valve-nya pataaaah..! Huaaaaa..! Pantes ga bisa nyedot! Gara-gara si Raya ini teledor pas nyuci corong n botol-botol ASIP kemarin malem! Hadeeeh.. Padahal gw udah wanti-wanti, pas nyuci corong itu musti extra hati-hati karena emang rapuh banget membran sama valve-nya. Langsung gw telpon orang rumah buat nganterin corong cadangan. Alhamdulillah masih ada corong cadangan karena gw kan punya 3 tipe Medela (Koleksi, Bu?). Tapi sembari nunggu corong cadangan dateng, gimana nasib gw ini? Ya Allah, PD rasanya udah mau meledak karena terakhir nyusuin Remy pake PD kiri itu jam 11 siang, sementara PD kanan disusuin jam 9 pagi, sementara itu udah mau jam 3 sore.. Saat itu baru nyesel setengah mati.. Kenapa ga belajar Marmet yang bener dari dulu ya? Huhuhu.. Malu dong ah, masa udah jadi konselor laktasi tapi ga bisa merah pake tangan? 

Akhirnya berbekal ilmu teori yang didapet pas Pelatihan Konselor Menyusui, gw coba merah pake tangan.. 

Teorinya:
  • Ibu jari dan telunjuk taro di sekitar areola di jam 6 dan 12
  • Tekan PD ke arah dinding dada
  • Pencet trus lepasin ibu jari dan telunjuknya 


Ya udah, setelah nyoba.. Hey, I did it! Huraaay! Kuncinya, pas kita ngelakuin gerakan pencet-lepas itu, PD tetep di posisi ditekan ke dinding dada. Emang sih pegeeeel banget! Dan akhirnya setelah bolak-balik tekan-pencet-lepas dari jam 3 sore ampe mo masuk maghrib, diselingin sama periksa pasien, I proudly present my first hand expressing breastmilk.. Wohoooo...!


Marmet lebih gampang kalo pake penampung yang bermulut lebar. Pake botol Medela di atas mah tumpah sana sini karena muncrat-muncrat bo! Dan gw berasa lebih gampang merah yang kiri dibanding yang kanan. Huehehe.. Setidaknya berkurang satu dosa gw.. Tapi walopun udah lumayan bisa Marmet, karena udah kebiasaan pake Swing, tetep Swing yang dipake, hehehe.. Abis ga tahan pegel banget tangannya.. Oia, kalo merah pake tangan, bener-bener harus cuci tangan sebersih-bersihnya yaa.. Karena ASI yang keluar bakal beleberan ke tangan juga..

Buat yang ga kebayang sama penjelasan teori Marmet gw, bisa loh diliat tutorial You Tube-nya.. Tinggal masukin keyword: hand expression technique. Banyak video-videonya..

Sooo.. Happy hand expressing Ibu-Ibuuuu...

1 komentar: