Sabtu, 16 Maret 2013

Adult Recipe: Japanese Beef Curry

Saatnya agak sedikit curang dan pakai bumbu instant, hihihi.. Udah lama sih, sering liat ada Golden Curry ini  di rak makanan import supermarket.. Tapi abis baca AnakJajan, baru deh tertarik buat nyobain.. Gw beli yang hot, harganya 33 ribu.. Mayan mehong yeeee.. Tapi sebungkus itu bisa bikin kare pakai daging sapi setengah kilo ko.. Cukup buat makan sekeluarga..


Ini penampakan dalemnya.. Kaya chocolate bar ya boook.. Hehehe.. Kalo mo bikin porsi kecil (1-2 porsi), bisa dipotekin aja per bar.. Dengan asumsi 5 bar buat 500 gr daging, jadi 1 bar buat 100 gr daging.. Rasanya sih udah cukup buat 1-2 porsi..


Bahan:
  • 500 gr daging sapi has dalam, potong kotak-kotak
  • 1 bungkus Golden Curry Sauce Mix
  • 1 buah bawang bombay, iris sesukanya (Maksudnya tebel tipis potongannya suka-suka lu dah!)
  • 5 siung bawang putih (Ga bosen-bosennya gw ingetin kalo gw garlic and onion freak. Kalo ga suka bawang-bawangan, silaken dikurangi sendiri.. Tapi gw prefer buanyaaak keluarga bawang.. Apalagi gw ga mau nambahin MSG di masakan gw.. Bawang bisa kasih rasa umami alami.. Eh tar kita bahas dikit masalah MSG abis kelar ngurusin resep yak!)
  • 4 buah wortel, kupas, iris tebal-tebal
  • 4 buah kentang, potong jadi 4 bagian
Cara Buat sesuai Kemasannya:
  • Bawang-bawangan ditumis dulu.
  • Masukin daging, tumis sampe dagingnya berubah warna.
  • Kasih air dan masukin bumbu kari instannya yang udah dipotong kecil-kecil.
  • Kalo suka, bisa kasih sayur-sayuran sesuai selera (wortel, kentang, paprika, zucchini).
  • Tutup panci, kecilin api dan biarkan air agak menyusut sambil nunggu daging empuk
Apa yang terjadi dengan cara pembuatan di atas? Maaaak.. Lama beneeer nungguin dagingnya empuuuuk..! Ampe beberapa kali gw masukin aer dan berkali-kali aernya udah nyusut tapi dagingnya ga empuk-empuk juga.. Akhirnya gw bikin dengan cara gw sendiri..

Cara Buat ala Sasa:
  • Biar empuk, daging sapinya gw rebus dulu sendiri agak lama di api kecil.
  • Di wajan terpisah, tumis bawang putih dan bombay sampe wangi.
  • Masukin air di wajan tempat kita numis bawang trus masukin wortel dan rebus wortel sampe empuk baru masukin kentangnya. Gw sukanya sih wortel dan kentangnya sampe super lembek!
  • Masukin daging yang udah kita rebus sampe empuk tadi, sekalian air kaldunya yaaah..
  • Oiaaa.. Jumlah air kira-kirain sendiri yaaa.. Mungkin pertama kasih 500 ml dulu soalnya nanti kan udah ada tambahan air dari kaldu lagi..
  • Naaah.. Trik dari gw.. Pas masukin bumbu instannya, abis dipotong kecil-kecil, larutin dulu di mangkuk terpisah pake aer anget.. Karena waktu pertama kali bikin, potongan-potongan bumbunya langsung gw masukin gitu aja dan yang terjadi adalah.. Bumbunya ngegumpal-gumpal dan jadi susah larut karena panci udah penuh sama daging, wortel dan kentang.. Begitu bikin buat yang kedua kali, baru deh bisa muluuuussss..!
  • Abis bumbunya masuk, cobain rasanya dan liat kekentalannya.. Kalo dirasa keasinan, tinggal kasih air sedikit-sedikit sampe rasa dan kentalnya pas. Ga perlu digaremin lagi soalnya IMO udah asiiiiin.. -Oh, MSG!-
  • Kecilin api, tutup pancinya dan biarin sebentar sampe bumbunya meresap ke daging dan sayur-sayuran.
  • Jadi deeeeeh.. Siramin ke atas nasi putih anget.. Yuuuum!



Beberapa variasi yang bisa dicoba:
  • Karena kurang pedes, laen kali mau ditambahin potongan cabe rawit.
  • Sekedar ganti daging sapi pake daging ayam/ikan/cumi/udang.
  • Bumbu kare dibikin tanpa daging (tetep pake bawang-bawangan, wortel dan kentang). Buat topping-nya bisa ganti pake ebi tempura, chicken katsu, potato croquette (Belom ngerti cara bikinnya, hohoho.. Bayangan gw kaya bikin perkedel aja..).
  • Bumbu kare dibikin lebih encer buat jadi saus pasta ato dibikin super encer buat kuah udon.. Hmmm.. Enaknya udah kebayang.. :9
  • Buat Curry Potatoes Au Gratin.. Resep dasarnya liat punya Pioneer Woman tapi kita tuangin bumbu kare (Yang udah ngelewatin proses tumis-tumis bawang+dimasak diatas api, bukan bumbu kare yang cuma dilarutin pake aer anget) di atas kentangnya sebelum dipanggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar