Rabu, 13 Maret 2013

Termometer

Sekilas gw pernah bahas tentang termometer disini.. Ada apa sih dengan benda kecil ini sampe gw angkat jadi topik khusus? Penting gila menurut gw! Gw tanya deh.. Siapa yang sampe sekarang cuma megang-megang dahi ato leher doang pake telapak tangan tiap kali mo ngerasain suhu badan? Ayoooo ngakuuuu! Mulai sekarang please stop that habit! Your palm is not the right device to measure your body temp! For God's sake! It'll only cost you 20-30 ribu gitu loh buat beli termometer digital! Paling mahal 40 ribu! Ga perlulah beli yang mahal-mahal kaya ear thermometer ato infrared thermometer ato yang paling konyol talking infrared thermometer.. Yang murah sih pake termometer air raksa tapi penggunaan termometer air raksa saat ini udah ga disarankan lagi ya karena bahaya pemakaian merkuri di termometernya in case termometernya pecah (dan sering banget kejadian kan?)

Termometer baru Remyyyy.. ^_^ 

Sering banget gw ngadepin pasien yang ngotot demam padahal dia ga ngukur di rumah dan pas diperiksa di poli, suhunya 36-37 aja tuh.. Ato yang ga ada keluhan demam tapi malah suhunya 39 waktu diukur termometer.. Ato yang paling konyol pernah ada kejadian kaya gini:

Kejadian 1
Pasien (P): Saya demam udah 2 hari, Dok..
Dokter (D): Diukur ga Pak di rumah? Berapa derajat demamnya?
P: Wah ga ngukur, Dok.. Di rumah ga ada termometer.. Orang udah ga punya anak kecil..
D: -_________-

Nyoooong.. Lu kate yang bisa demam anak kecil doang? Banyak loh pasien yang kaya gitu.. Ga punya termometer di rumah gara-gara anaknya udah gede semua.. Astagaaaah..

Kejadian 2
P: Saya demam udah 3 hari, Dok.. Udah berobat juga tapi ga sembuh..

Diukurlah suhu badan pasien itu pakai ear thermometer...

D: 36.9 ko, Pak.. Ga demam.. Sebelum kesini udah minum penurun panas?
P: Terakhir minum obat kemarin, Dok.. Udah abis obatnya..
D: Trus pas berobat kemarin, suhunya berapa?
P: Ga diukur, Dok.. Cuma ditensi aja..
D: Tapi Bapak bilang kalo ada demam?
P: Bilang ko..

Nah loooo.. Sering banget tuh kejadian kaya gitu.. Apa gw satu-satunya orang yang concern sama suhu tubuh ya? Gimana ini rekan-rekan sejawat? Kan udah jelas-jelas pasiennya bilang keluhannya demam.. Ya masa ga lo temp sih?! Seandainya pasien ga ada keluhan demam, gw sih tetep ngukur suhu.. Itu kan vital sign.. WAJIB hukumnya buat diperiksa selain tekanan darah, heart rate sama respiration rate! #Galak

Kejadian 3
D: Di rumah ngukur suhunya ga, Bu? Punya termometer?
P: Ada sih, Dok.. Tapi ga sempet nyari termometernya, udah panik duluan soalnya pas dipegang, badannya panas banget!

Helooooooo.. Emak-emak sekaliaaaan.. Masa sih kalo kalian liat anak lesu, menggigil, dipegang dahinya anget.. Kalian ga pada penasaran apa ya berapa panas anaknya? Apa ga lebih panik lagi kali ga tau suhunya berapa?! Gw mah si Remy keraba anget dikit, langsung gw ukur.. Parnoan tapi kan rasional.. Ga ada keraguan.. Makanya nyimpen termometer di tempat yang terjangkau dan gampang diinget.. Trus jangan lupa cekin baterenya.. Jangan sampe abis..

Asli deh.. Kalo gw anggota DPR, gw mo bikin iklan layanan masrayakat tentang pentingnya sedia termometer di rumah!

Oia berkaitan dengan termometer, masalah suhu tubuh normal dan demam, silakan baca sendiri di Milis Sehat sama Kids Health ya.. Gw males nulis panjang-panjang sementara kalian bisa baca sendiri.. #SelfToyor.. Yang Kids Health, lucu deh.. Ada kuisnya segala.. Gw cuma bener 9 out of 11.. Gw kira gw bakal bener semua.. Hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar