Jumat, 01 Maret 2013

Adult Recipe: Ikan Kuah Santan Thailand

Adakah yang tergila-gila sama Cilantro? Gw sukaaaaa banget sama wanginya dan after taste-nya di mulut gw.. That's why kalo lagi makan Pho, gw selalu minta ekstra Cilantro.. Hmmm.. Yuuum! Cilantro/Corriander/Daun Ketumbar banyak dipakai dimasakan Asia dan Amerika Latin. Setau gw banyak orang yang ga terlalu suka sama rasa dan aroma Cilantro.. Even The Julia Child hated it! The NYTimes.com said that it could be a genetic condition. I just found out there's a Facebook page called "I Hate Cilantro" Kalo ga salah, ada salah satu pakar kuliner Indonesia yang pernah bilang kalo aroma Cilantro seperti bau kecoak! Astagaaaa.. Kalo gw sih ga bisa bayangin makan Pho ato Tom Yum tanpa Cilantro..

Mirip sama seledri ya?
I can't tell the different unless I tear the leaves and smell it
                                             
Soooo.. Suatu hari pas lagi nyari ide masakan di Resep Keluarga Nugraha, gw menuju ke section resep ikan soalnya boseeeen makan ayam mulu (Tiap hari menu di tempat kerja ayam terus, hiks..). Tertarik liat resep ini dan ingredients-nya pake Cilantro. Langsung gw copas ke note dan peer-nya adalah nyari supermarket yang jual Cilantro.. Agak susah nyarinya sampai suatu hari gw liat ada di Super Indo Teras Kota.. Yipeeee.. Mahal ya.. Seikatnya 14 ribu, huhuhu.. Padahal di resepnya cuma pake beberapa batang aja..

Resep gw modifikasi karena iseng-iseng gw tambahin Enoki Mushroom trus gw ga ngerti dimana nyari akar ketumbar.. Cilantro yang gw beli masih ada akarnya sih.. Apakah itu yang dipake? Karena takut salah, akhirnya gw buang akarnya.. Padahal kayanya emang akar itu yang harusnya dipake..

Cilantro Root
Akar ketumbar punya aroma yang kuat, lebih kuat dari pada daunnya.. Maybe that's why the final result, the food tasted like... Hahaha.. I'll tell you about it later.. Sekarang kita masak dulu yuuuuk..

Bahan:
  • 5 buah fillet ikan daging putih (berat total ±500 gram), potong-potong kotak besar (Gw beli ikan dori frozen 1 bungkus, ga tau berat persisnya berapa)
  • 1 bungkus jamur enoki (Tambahan sok kreatip from moi)
Jamur Enoki
  • 4 siung bawang putih, rajang halus
  • 2 buah bawang bombay ukuran medium, potong kotak
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 8 lembar daun jeruk, buang tulangnya, iris halus
  • 2 sdm cincangan jahe
  • 2 buah akar ketumbar, cuci bersih lalu rajang halus (Gw ga pake tapi gw saranin pake aja biar rasanya makin mantap)
  • 6 sdm kecap ikan (fish sauce)
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula palem (brown sugar), bisa diganti gula pasir biasa (Gw pake gula pasir biasa)
  • 800 ml santan cair (Gw pake 1 kotak kecil santan instan)
  • 5 batang daun ketumbar, robek-robek
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 4 sdm minyak untuk menumis
Pelengkap:
  • Rajangan cabe rawit
  • Daun ketumbar untuk taburan
Cara Membuat:
  • Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, bawang bombay, serai, daun jeruk, jahe dan akar ketumbar sampai wangi.
  • Tambahkan sisa bahan lainnya (kecuali ikan dan jeruk nipis), masak sampai mendidih.
  • Masukkan ikan, masak lagi selama 10 menit sampai ikan matang.
  • Tambahkan air jeruk nipis, aduk sebentar lalu angkat.
  • Hidangkan dengan pelengkap.

                                      

The final result? Lo tau apa kata si Raya? "Ko rasanya kaya soto betawi sih?" Huahahaha.. Kenapa bisa gitu ya? Apa gara-gara ga gw kasih akar ketumbar? Kan santen+asem dari jeruk nipis+pedesnya cabe rawit = rasa soto betawi.. Padahal daun ketumbarnya udah gw kasih buanyaaaak.. Biar ga mubazir udah mahal-mahal beli 14 ribu.. Dan sebenernya akan lebih sip lagi kalo cabe rawitnya ga sekedar buat taburan doang tapi ikutan dimasak di atas api.. Biar pedesnya meresap sampe ke ikan-ikannya.. Sluuurp! Tapi buat lidah gw sih rasanya masakan ini enak banget yaaa.. Remy aja doyaaaan banget! And the enoki was a great addition to this recipe..

Sisa Cilantronya masih banyak dan akhirnya gw rikues ke Bokap buat bikin Tom Yum.. Not from scratch siiih.. Pake bumbu instan aja biar ga repot.. Biasanya keluarga gw pake bumbu instan yang kaya gini..
Dulu bokap gw belinya di Batam.. Nyari disini ternyata ga dapet-dapet, akhirnya nyobain produk lokal merk "Munik". Eeeeeh.. Ternyata enak lhoooo.. Emang sih masih kita tambahin lagi daun jeruk sama sereh ekstra.. Kasih cabe rawit lagi biar makin pedes.. Plus taburan Cilantronya.. Uenaaaaak!


Abis dibikin Tom Yum.. Masih nyisa juga itu Cilantro.. Emang dasar ga mau rugi, diabisin buat taburan ramen instan.. Keluarga gw lagi pada kegilaan ramen instan produksi Nissin.. Dari duluuuu.. Ngileeeer banget liat ramen/mie instan produksi Korea/Jepang tapi takut karena ga ada label halal-nya.. Sampai keluarlah benda iniiiiiiii..


Harga 4 ribu untuk 120 gr.. Gedeee lho porsinyaaa.. Karena rata-rata mie instan beratnya sekitar 70-80 gr aja.. Here's some comment from my family..

"Ih abis nyobain ini, rasanya Indomie udah ga ada rasanya lagi deh.." -Bapak-

"Akhirnya bisa makan ramen instan tanpa rasa khawatir (Karena faktor halalnya)" -Uthie-

"Apaan sih? Lebay deh.. Biasa aja.." -Raya-

Kenapa jadi ngalor ngidul ini postingan? Wehehehe..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar