Sabtu, 31 Agustus 2013

Book Review: Fifty Trilogy

Bener-bener keterlaluan ya gw ini.. Giliran baca novel aja cepet bener khatamnya.. Yess.. I just finished reading the whole fifty trilogy just about an hour ago. Terima kasih kepada internet yang menungkinkan semua ini terjadi.. I could easily stare at my blackberry screen tanpa harus bawa buku berat-berat, kapanpun bisa gw baca even pas lg nenin Remy, hohoho.. Bisa dibaca pas lagi gelap jadi ga ganggu temen bobo yang udah merem.

Gambar dari sini
Gw awalnya baca yang terjemahan bahasa tapi setelah kelar baca 26 chapters, ko ga berasa ada maknanya sama sekali ini novel. Masa sih gara-gara banyak adegan ahak-ehek ini novel jadi laris manis? Bahkan E.L. James sampe jadi penulis terkaya? Dan karena diterjemahin jadi bahasa, ko jadi vulgar banget dan jadi geli sendiri bacanya. Dirundung rasa penasaran, gw putuskan untuk baca yang bahasa Inggris. Dan ternyata ko berasa beda jauh banget sama yang terjemahan? Saat baca yang terjemahan, gw ga bisa ngerasain fifty shades-nya Christian, gimana gelap masa lalunya, betapa rumit sifatnya, ga dalem sama sekali gitu deh.. Trus apakah ada bagian-bagian yang di-skip di terjemahan? Karena pas baca yang asli, gw berasa, "Hmm.. Ko kayanya bagian ini ga ada di terjemahan deh.." Kaya yang diterjemahin part ahak-ehek aja (Hadeh bahasa gw..). Apa karena kalo pake bahasa Inggris, mau ga mau gw baca kata per kata dengan teliti karena kalo asal baca, ga nyambung gw.. Hehehe.. Baca pelan-pelaaan banget sambil meresapi arti kata-katanya.. Kalo baca terjemahan, otomatis mata langsung tertuju ke bagian yang menarik-menarik aja, hahaha.. Gw sampe pengen baca ulang dan bandingin tiap chapter, apa bener ada yang di-skip ato emang mata gw aja yang pilih-pilih, ahahaha..

Sebenernya tanpa semua adegan erotisnya, novel ini tetep menarik sih walopun ga masuk kategori buagus buanget kaya hmmm.. Norwegian Wood misalnya.. (Ah jadi pengen baca lagi..). Menariknya dimana? Ya coba baca sambil bayangin cowo ganteng, kaya, punya helicopter, punya yatch, punya properti dimana-mana, makes $100.000 per hour, mulutnya maniiiiiis banget (Oh meleleh deh..). Nah lucunya, selama ini, sebelum bener-bener baca novelnya, gw pro Boomer-Bleedel buat jadi Grey-Steele. Tapi setelah baca, mereka berdua langsung hilang jadi bayangan gw. Awalnya sempet kebayang Stephen Moyer tapi setelah dipikir-pikir, he's way too old to play Christian Grey. Sampai hari ini, belom diumumin casting Fifty Shades of Grey. Gw malah berharap yang kepilih aktor aktris yang fresh sekalian. Trus 

Ini kenapa jadi bahas filmnya..

Kembali ke novel..

Durasi Fifty Shades of Grey itu cuma 3 minggu, CMIIW. Jadi dari Ana dan Christian ketemu, Christian minta Ana tanda tangan kontrak supaya Ana mau jadi submissive, sampe Ana ninggalin Christian itu semua terjadi hanya dalam 3 minggu. Bentar ya? Tapi bisa jadi novel sepanjang 26 bab. Terlalu banyak jibber jabbers dan adegan ahak ehek.. Bisa loh dalam 1 bab, sampe ada 3x ahak-ehek.. Yaaah.. Namanya juga novel pertama, butuh sesuatu supaya orang tertarik. Kaya serial Girls.. Pas season 1, buanyaaaak banget nudity yang ga penting. Tapi abis itu lumayan berkurang.. Yang gw suka dari buku pertama adalah saat Ana lagi bimbang buat tandatangan kontrak submissive ato ngga cause she's already fall in love head over heels for Grey tapi dia ga bisa terima gaya hidup BDSM Grey and she wants more, hearts and flowers..

Di Fifty Shades Darker, Ana akhirnya balik lagi sama Christian karena Christian mau coba membangun hubungan 'normal' dengan Ana. "I am Sorry" gift-nya, Ana dikasih iPad trus ada playlist lagu-lagu permintaan maaf, salah satunya "Try" Nelly Furtado.. Cucok banget sama situasi mereka.

And I see you standing there
Wanting more from me
And all I can do is try

Jadi perbaikan hubungan mereka bukan fokus utama buku kedua. Masalah yang muncul adalah waktu Leila, ex-sub Christian muncul lagi dan hampir mencelakai Ana, kecemburuan Ana terhadap Mrs. Robinson, ex-dom Christian, wanita yang pertama kali memperkenalkan dunia BDSM ke Christian saat umurnya baru 15 tahun dan sexual harrasment yang dibuat oleh bos Ana di kantor, Jack Hyde yang pada akhirnya dipecat oleh Christian, pemilik publishing tempat Ana bekerja (Yes, he own everything) dan kecelakaan helikopter serta kebakaran di rumah (Atau kantor, I can't recall..) hasil perbuatan Jack Hyde yang menyebabkan dia masuk penjara  Oia, disini juga terungkap kenapa semua ex-sub Christian was brunette. 

"I’m a sadist, Ana. I like to whip little brown-haired girls like you because you all look like the crack whore—my birth mother …” 

Kasian banget deh si Christian ini.. Dia ga percaya kalo ada orang yang mencintai dia karena dari kecil hidupnya udah susah. Jaman masih toddler, dia sering disiksa sama mucikari ibu kandungnya sampe-sampe dia punya phobia disentuh (haphephobia). Umur 4 tahun, ibu kandungnya bunuh diri dan dia diadopsi sama keluarga Grey.

Akhirnya mereka nikah dan di Fifty Shades Freed timbul masalah baru, diantaranya Jack Hyde yang keluar dari penjara dan menculik adik perempuan Christian, Ana hamil sementara Christian belom siap berbagi Ana dengan orang lain.. Terungkap bahwa Christian dan Jack yang sama-sama anak yatim piatu pernah tinggal di foster home yang sama dan Jack dendam karena bukan dia yang diadopsi keluarga Grey, melainkan Christian. Dan ternyata orang yang bayar tebusan Jack Hyde sehingga Jack keluar dari penjara adalah Lincoln, mantan suami Mrs. Robinson yang dendam sama Christian karena pernah jadi sub mantan istrinya.. Yah gitu deh.. Kurang twisty menurut gw.. Kurang greget..

Apapun pasti ada yang pro dan kontra, ada yang suka dan ada yang benci. Gw sih nikmatin aja baca novel ini.. Gw ga bilang bagus banget but I'm not gonna mock this novels like these people did. Tapi lucu juga sih baca komentar mereka karena sebagian besar emang bener, hehehe.. Tapi gw masih hargain E.L. James lah.. Belom tentu gw bisa nulis novel kaya dia.

In case ada yang tertarik, ini link fan fiction of fifty dimana cerita ditulis ulang dari Christian's point of view.. 

2 komentar:

  1. Nyari novel terjemahannya dimana ya?? Punya g?? Butuh nch buat analisis...

    BalasHapus
  2. Nyari novel terjemahannya dimana ya?? Punya g?? Butuh nch buat analisis...

    BalasHapus