Selasa, 20 Agustus 2013

Recipe: Trancam

Haluuuu.. It's been a while.. Hehehe.. Got a little distracted by Christian Grey (yakin lo just a little?).. Gw lagi marathon baca online Fifty Shades.. Sekarang udah nyampe Fifty Shades Freed Chapter 3.. I've got sooo much in mind to share.. Tunggu sampe gw kelar baca yaaa..

Di draft udah numpuk lumayan banyak postingan resep-resep, hehehe.. Semangat nulis lagi turun.. Bosen karena cuma posting resep mulu, hiks.. Sedih udah lama ga makan di luar.. Walopun akhir-akhir ini sempet dine out lagi tapiiiii dengan begonya gw ga bawa kamera. Sebeeeeel! Jadi cuma foto-foto pake kamera BB aja, huuuuft..

Cukup pembukaannya..

Setelah makan Trancam di Warung SS, gw mo coba bikin sendiri.. Rasanya sih gampang.. Orang cuma sayuran mentah dikasih kelapa parut berbumbu aja ko.. Dan ternyata emang asli super gampang banget! Buat yang mo nge-raw, cucok laaah.. Eh tapi kalo nge-raw masa makan kelapa parut? Hehehe.. Menyalahi aturan ga sih tuh? Sebagai turunan Sunda, gw sukaaaa banget sama sayuran mentah.. Paling umum ya lalapan.. Kasih gw sayuran mentah buat dilalap, sambel terasi yang enak.. Bisa abis nasi sebakul gw walopun ga pake lauk!

Resep asli dari sini tapi gw modifikasi sesuai bahan yang ada di kulkas..

Bahan:
  • 200 gram kelapa parut kasar, dikukus 15 menit
  • 10 lonjor kacang panjang, dipotong 1 cm
  • 3 buah ketimun, dipotong kotak
  • 150 gram taoge pendek 
  • 1 ikat kenikir
  • 16 tangkai (15 gram) daun kemangi 

Bumbu Halus:
  • 3 siung bawang putih 
  • 1 butir bawang merah 
  • 5 buah cabai merah keriting 
  • 3 buah cabai rawit merah 
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 3 cm kencur 
  • 1 sendok teh garam 
  • 2 sendok teh gula merah 

Cara membuat:
  • Haluskan bumbu dengan chopper andalan (cieeeeeh)..
  • Aduk rata bumbu halus dengan kelapa parut. Sisihkan.
  • Campur kacang panjang, ketimun, taoge pendek, kenikir, dan kemangi. Tambahkan campuran kelapa parut. Aduk rata. Sajikan.



Gw sok nge-art gitu deeeeh.. Disusun cakep padahal ujung-ujungnya dibongkar juga, hehehe.. IMO resep ini kurang pedes menurut lidah gw.. Tapi berhubung pas bikin ini lagi ada mertua gw yang sebenernya doyan pedes tapi sekalinya makan pedes bisa kambuh segala macem penyakit, ya sudah.. Pas lah.. Siang itu lunch pake Trancam, Tumis Kerang Pedas (resep menyusul) plus nasi anget.. Sedaaaaap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar