Sabtu, 31 Agustus 2013

Weekend Baking Project: Kentang Lapis Jamur

Niat bikin camilan buat Remy dalam rangka menambah berat badannya yang dari bulan Mei 2013 cuma berkisar di angka 11 kiloan selalu.. Heeeeh.. Padahal anak ini makannya buanyaaak loh.. Ya bagus sih biar ga obese kaya emaknya, hiks..

Dapet resep ini dari Detik Food, tampak mudah tapi ternyata penampakannya ga sesuai seperti yang gw bayangkan. Emang sih resep gw modifikasi (see words in italic).. Tapi ternyata rasanya enak banget karena gw kasih ekstra jamur yang buanyaaaak!

Bahan:
  • 500 g kentang berkulit, cuci bersih (Gw kupas kulitnya karena takut aja gitu anak gw makan kulit kentang yang walopun udah gw cuci bersih tapi kan ya gimana ya..)
  • 2 sdm mentega tawar
  • 30 g bawang bombay, iris tipis
  • 100 g jamur champignon, iris tipis
  • 1 sdm tepung terigu (Segini udah cukup, beneran deh.. Jangan sok-sok nambahin jadi 3sdm karena bakalan terlalu kental dan rasanya terlalu bertepung)
  • 250 ml susu segar
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 100 g keju cheddar parut
  • 4 lembar keju cheddar singles
  • 2 butir telur ayam


Cara Buat:
  • Kukus kentang hingga lunak. Potong-potong melintang tipis. Sisihkan. (Dengan sok tahunya ga gw kukus karena gw pikir kan bakal dipanggang juga toh.. Ternyata memang sebaiknya dikukus dulu karena tanpa dikukus, kentangnya ga terlalu empuk)
  • Tumis bawang bombay hingga layu.
  • Masukkan jamur, aduk sampai layu kecokelatan.
  • Taburi tepung terigu, aduk rata.
  • Tuangi susu dan masukin keju parut (ini extra cheese-nyaaah..), aduk hingga mendidih.
  • Beri merica dan garam, aduk rata hingga mendidih. Angkat.
  • Siapkan wadah tahan panas.
  • Susun irisan kentang di dalam wadah.
  • Tuangi dengan jamur berikut sausnya.
  • Tutupin permukaan kentang dengan lembaran keju cheddar (Sebetulnya pasti akan lebih yahud kalo pake Mozarella..)
  • Pecahkan telur di atas permukaannya.
  • Panggang dalam oven panas selama 30 menit hingga telur hampir matang (Karena buat makanan anak kecil, telor bener-bener gw matengin padahal pasti lebih enak kalo setengah mateng trus kuning telornya dipecahin jadi nyampur sama saus jamurnya, nyuuuum :9)


Tidak tampak menarik, hiks.. :'(
Entah salah resep ato salah oven, penampilan baked potato gw sama sekali ga menggugah selera.. Akhirnya gw coba panggang ulang di Happy Call sampe permukaan atasnya crusty dan sedikit gosong.. Huwaaaa.. Ternyata jadi makin enaaaaak!

Setelah dipanggang ulang per slice di double pan
Plus ditaburin Italian Seasoning
Enyaaaak!
#dimakanemakremy
Alhasil, bukan cuma jadi cemilan Remy aja tapi Baba Bubunya pun ikut program penggemukan karena kita ikutan makan juga, hehehe..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar