Kamis, 22 Agustus 2013

Recipe: Tumis Kerang Pedas

Gw suka banget sama kerang. Kalo beli makan di warteg dan ada menu kerang, pasti jadi pilihan utama gw. Tapi entah kenapa kalo di rumah ko gw jarang masak kerang ya? Mungkin kesadaran diri sendiri karena kerang kolesterolnya tinggi, hehehe.. Jaman hamil, gw puasa makan kerang karena katanya kerang kan dari perairan dangkal sementara perairan dangkal di Indonesia kan mengerikan ya kadar logam beratnya.. Amit-amit tar anak gw kenapa-napa, gw bela-belain puasa kerang 39 minggu.

Paling gampang masak kerang ya di tumis pedes kaya gini.. Gw ga tau musti dimasak kaya gimana lagi. Ga pernah cari resep lain sih.. Kalo dipepes gitu enak ga ya? Anyway, seperti biasa, resep gw contek dari punya orang lain.. Dimodifikasi jumlah bumbu-bumbunya aja karena gw ga pake kerang sebanyak di resep..

Bahan:
  • Kerang entah jenis kerang apa gw beli di pasar 10 ribu dapet seplastik.. Kira-kira 200-300 gr :p
  • Minyak goreng untuk menumis
  • 2 centimeter lengkuas
  • Gula pasir dan garam secukupnya
  • 1 ikat daun kemangi
  • 2 centimeter jahe
  • Garam secukupnya
  • 2 batang serai
  • 1 liter air

Bumbu halus tumis kerang pedas :
  • 1 sendok teh terasi goreng
  • 6 buah cabai merah besar
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 buah cabai rawit
  • 2 centimeter jahe
  • 3 butir kemiri

Cara membuat tumis kerang pedas :
  1. Rebus sereh, jahe dan lengkuas.. Oia geprek dulu sebelumnya yaaa..
  2. Pas aer mendidih, masukin kerangnya sampe mateng.
  3. Tiriskan kerang setelah matang tapi jangan buang air dan sereh-jahe-lengkuasnya. Sisihkan.
  4. Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan kerang.
  5. Tambahkan sisa air rebusan tadi sedikit-sedikit sampe tumisan agak nyemek (Hadeeeh.. pada ngarti ga? Nyemek itu basah-basah tapi ga sampe banjir kuah gitu loooh..).
  6. Rasain deh, kurang manis/asin.. Kalo udah oke, matiin api.
  7. Terakhir masukin deh daun kemanginya.. Kalo lebih suka kemanginya layu, masukin kemangi sebelum matiin api. But I like it raw and fresh.. Sluuurp!



Silakan disantap pake nasi panas sebakuuuuul..

2 komentar:

  1. hahahahaha kerang mania, ijin contek resepnya ya... mo masak sendiri di rumah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Paaaak.. Saya juga resep nyontek di dunia maya ko, hehehe

      Hapus