Kamis, 22 Agustus 2013

Solo Trip: Museum Batik Danar Hadi


Alamakjaaaang.. Kelupaan dipostiiiiing... Huaaaaa..! Setelah 4 bulan ngendon di draft, baru keingetan.. Hihihihi.. Yaaaak.. Inilah rangkaian terakhir dari perjalanan kami ke Solo 4 bulan lalu, wahahaha..

Astaga.. Gw ampe lupa mo cerita apa aja.. *tutupmuka*

Hmm.. Coba diinget-inget dulu..

Oh iya.. Iyaaa.. Kami kan mau ke Museum Batik ini musti nunggu dulu karena ada rombongan study tour anak-anak SMP trus akhirnya mimican di Soga.. Jam 2 baru bisa masuk museum.. Ada HTM sebesar 25 ribu.. Kirain museumnya cuma yang asal masuk trus liat-liat sendiri.. Ternyata.. Yakaleeee asal masuk.. Total nilai batik yang dipajang bisa sampe milyaran.. Kalo asal masuk, bisa digondol maling nanti deeeeh.. Tiap pengunjung ada pemandu museumnya sendiri.. Hebat deh bisa apal segitu banyak batik, sejarah dan asal muasalnya..


Naaaah.. Sayangnyaaa.. Di dalam museum dilarang foto-foto.. Soalnya katanya blitz dari kamera bisa mudarin warna batiknya karena koleksi batik disini mostly pake pewarna alami.. Gw ga ngerti dimana korelasinya, hmmmm.. Huhuhu.. Jadi kamera dan tas harus dititip.. Jadi foto-foto gw comot dari gugel aja yaaaah.. Naaah.. Ini yang bikin gw bingung.. Orang-orang ini ko boleh foto-fotoooo..?! Grrrrrr..!

Gambar dari sini
Gambar dari sini
Gambar dari sini
Gambar dari sini
Gambar dari sini
Gambar dari sini
Asli kereeeeeen banget tempatnyaaa! Walaupun gw lupa-lupa inget penjelasan pemandunya.. Seinget gw ituuu..
  • Danar Hadi itu bukan nama pemiliknya.. Nama pemilik merk dagang Danar Hadi adalah Bapak H. Santosa Doellah. Danar Hadi adalah gabungan dari nama istri dan mertua Pak Santosa. Jadi mertua Pak Santosa ini pengusaha batik kayanya trus usahanya diterusin sama sang menantu.. CMIIW yaaa..
  • Batik-batik yang ada di museum hanya sebagian dari koleksi Pak Santosa.. Batik yang dipajang dirolling tiap berapa bulan sekali gitu.. Jadi ga itu-itu aja yang dipajang.
  • Ada foto orang Belanda pake batik, lucu deh.. Karena males ribut, kalo orang Belanda pake batiknya udah dimodelin jadi kain sarung gitu..
  • Batik pesisir warnanya ngejreng, contoh batik Madura.
  • Bikin batik itu ribet! No wonder kalo batik asli harganya mahal!
  • Di dalam museum lumayan kuat bau semacam dupa-dupaan gitu.. Menurut pemandunya siiiiiih itu pewangi ruangan alami karena kalo pakai pewangi sintetis bisa merusak kualitas kain batiknya.. Tapi ah masaaaaa.. Hihihi.. Kata Raya dia liat bapak-bapak ngepul-ngepulin asap dupanya ke arah batik-batik yang dipajang.. Tapi gw ga liat looooh ada bapak-bapak di ruangan manapun kecuali satu orang pemandu juga yang lagi bawa pengunjung.. Jadiiiiii siapakah itu bapak-bapak..? Hiiiiiii.. Yang jelas sepanjang di museum, Remy reweeeeeel banget.. Kata pemandu kami, emang kalo anak-anak kecil dibawa kesini pasti jadi rewel.. Kenapa yaaaaaah.. Hiiiiii..
  • Ternyata ga sembarangan kain-kain bermotif batik bisa disebut batik! Yang namanya batik itu harus pake lilin dalam proses pembuatannya. Kalo tanpa lilin, artinya cuma printing motif batik aja. Walopun bikinnya dicap tapi kalo pakai lilin, sebutannya tetap batik walopun harganya kalah jauh dibandingkan batik tulis.
  • Bedain batik lilin dan printing gampang ko.. Tinggal dliliat aja bagian dalam kain. Kalo warnanya sama persis, artinya itu batik yang pakai lilin. Tapi kalo warnanya beda, berarti itu printing. Contoh seperti batik dibawah.. Mana yang batik, mana yang printing hayoooo? Ato printing dua-duanya? Hihihi..


Total ada 11 ruang pamer di museum setelah itu kami dibawa untuk melihat proses pembuatan batik. Tapi sayang sekali sodar-sodaraaaa.. Karena udah kesorean, banyak pekerja yang udah pulang, huhuhu.. Yang pada udah pulang dibagian batik cap sama pewarnaan.. Disini udah boleh foto-foto tapi karena digicam gw ditaro ditas yang dititipin, jadilah foto-foto pake bebe aja, huuuuft..





Alat buat batik cap..
Berat banget!
Seneng banget datang ke museum ini.. Lumayan nambah pengetahuan walapun ga banyak yang gw inget juga siiiih.. Hihihihi.. Setidaknya bikin gw lebih menghargai karya bangsa sendiri dan ga misuh-misuh liat harga batik yang mahal karena emang susah sih buatnya..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar