Selasa, 07 Mei 2013

Kuliner Solo: Soga

Restoran fine dining termurah di dunia! Itu yang gw baca dari blog Detikfood.. Reviewnya ditulis sama Pak Bondan. Siapa coba yang ga penasaran? Soga merupakan bagian dari House of Danar Hadi yang juga memiliki museum batik terbaik di dunia. Restoran ini baru didirikan tahun 2010. Awalnya sebelum Soga dibangun, tempat ini dipakai buat dapur umum pekerja batik Danar Hadi.. 


Kami bertiga dateng waktu jam makan malam.. Celingak celinguk ke dalam, ko semua orang pake batik dan baju resmi ya? Waduh.. Jangan-jangan karena resto fine dining, ada dress code formal? Sementara gw sama Raya bak gembel, pake sendal jepit, kucel, bau belom mandi, baju seadanya.. Belom juga masuk, udah disuruh security buat nanya apa bisa makan disini malam ini, karena lagi ada acara.. Jadi malam itu lagi ada acara KADIN menjamu US Embassy. Untungnya kami tetep bisa makan disana walopun ditaro di area teras samping deket dapur, huhuhu.. Berasa abdi ndalem makan deket dapur, hikshiks..

View from our terrace table

Selagi nunggu makanan dateng, kami jalan-jalan muterin area sekitar restoran. Karena malem dan gelap, ko berasa mistis ya.. (Aposeee.. Dari kemarin bilangnya mistis mulu!).. Etapi beneran deeeh.. Di halaman belakang ada pohon guedeeeee! Udah gitu ada lukisan madam-madam menyeramkan.. Hiiiiii.. Banyak perabotan kuno dari kayu-kayu jati yang keren banget..

The Creepy Painting





Udah yuk muter-muternya.. Yuk mari kita makan.. Sebelum makanan datang, kami disuguhi camilan berupa keripik singkong terenak di dunia! Serius! Ga kaya keripik singkong manapun! Gimana cara bikinnya ya? Soalnya potongannya tebel tapi gariiiing nyeess gimanaaaaa gitu.. Susah dideskripsikan dengan kata-kata.. Musti cobain sendiri.. Ga seperti singkong straight cut trus digoreng.. Apa diolah dulu ya dari tepung singkong trus dibikin kaya kerupuk baru digoreng? Pengen rasanya beli sekilo buat nyemil di rumah.. :D


Buat minuman.. Sebenernya waiternya kasih rekomendasi minuman ala Jawa gitu.. Gw lupa namanya, sejenis cendol pake gula merah gitu.. But we both wasn't interested.. Ujung-ujungnya tetep pesen minuman standar anak kota (Gaya luh!). Gw order Frappe Latte (27.5k IDR) dan Raya pesen Strawberry Kona Moca (32.5k IDR). Dua-duanya kemanisan..



Lalu buat Remy, gw order Soep Pelangi (32k IDR).. Cantik banget platting-nya.. Anak ini selama di Solo, kaga kesentuh sayur, huhuhu.. Jadinya gw pesenin sup ini.. Terdiri dari 3 macam krim sup.. Brokoli, tomat dan jamur.. Tiga-tiganya enak! Masing-masing berasa banget rasa khas sayurnya.. Apalagi yang tomat.. Kecut-kecut seger! >.<. Tapi gw paling suka yang jamur.



Buat main course, awalnya Raya cuma pesen Stoof Macaroni (30k IDR). Masakan macaroni khas Belanda pake topping smoked beef dan ayam. Mirip sama Mac 'n Cheese tapi kalo ini lebih encer kuahnya. Ngeliat porsinya yang hanya akan godain cacing di perut doang, gw nyuruh Raya buat order the more proper dish for his big tummy.. Manalah kenyang makan segitu doang? Akhirnya Stoof Macaroni gw kasih Remy (Walo ujung-ujungnya porsinya kebanyakan buat Remy dan kami berdua juga yang ngabisin :D)


Dan inilah yang Raya pesen.. Seperti dugaan gw, dia pesen Soga Combo (75k IDR). Dalam 1 plate, ada sosis, daging ayam dan kambing. Ada sauteed veggies juga dan saus barbeque terpisah. Daging kambingnya enak dan empuk banget.. Sosisnya mah biasa, enakan di Tizi.. Sayangnya daging ayamnya masih agak raw.. Medium rare gitu.. Kalo daging sapi mah enak tapi kalo ayam.. Rada eeeew ya? Raya minta ayamnya digrilled ulang dan waiternya minta maaaaaap mulu saking ga enaknya sama kami, hehehe..


Naaaah.. Ini pesenan gw.. Pada dasarnya ini nasi kuning aja sih.. Hehehe.. Tumben makan masakan Indonesia? Kan lagi fine dining di Resto Indonesia.. Pengen liat presentasinya.. Katanya platting gado-gadonya juga ciamik tapi takut ga nendang kalo makan gado-gado doang, hehehe.. Namanya di menu Nasi Dalem Wuryo (40k IDR). Porsinya banyaaak.. Bisa deh buat berdua.. Nasi kuning plus abon, kering kentang, telor dadar iris, cabe bawang, urap, serundeng, perkedel dan kerupuk udang.. Semua enak! Berasa lagi acara selametan, hahaha.. Nasinya pulen, gurih dan wangi. Remy ikutan icip-icip nasi kuning sama perkedelnya, hihihi..


Ga berapa lama setelah makanan kita abis, ujan turun gedeeeeee banget.. Plus berangin juga sampe-sampe teras tempat meja kita basah kena percikan air. Waiternya nyuruh kita nunggu di dalem aja, soalnya acara KADIN-US Embassy juga udah mau kelar. Di dalem, gw sempet foto-foto interiornya juga.. Emang mewah banget.. Panteslah buat menjamu tamu asing.. Bisa juga buat acara resmi keluarga kaya lamaran.. Oia, ternyata mereka juga sedia bigger ballroom buat acara pernikahan loh.. Pasti keren banget!

Antiques Dinnerware

Pretty Lamp
Lalu keesokan harinya, karena ga jadi ke Keraton Solo, kami pindah haluan mo liat Museum Batik Danar Hadi. Ternyata museum masih tutup untuk umum karena masih nerima rombongan tur anak sekolah dan baru buka lagi jam 2. Selama nunggu 45 menit, gw ngusulin, gimana kalo kita mimican (Minum-minum cantik, hihihi..) di Soga lagi yuuuuk.. Perut sebenernya masih kenyang banget karena baruuuu aja 15 menit lalu selesai lunch Sate Buntel Pak Samin.

Karena cuma mau mimican, kita duduk di sofa. Siang itu lumayan rame, ada 4 table keisi dan di terrace table ada tante bule yang juga lagi mimican nungguin museum buka.


The Dining Room

Grand Piano and Bar
Kami sempet maen-maen lagi ke halaman belakangnya. Mau bandingin suasana malam sama siang. Ternyata pas siang, udah ga mistis lagi tuh, hihihi..


Lotus Pond at Noon







Siang itu, Raya pesen Modern Russian Tea (20k IDR). Teh rasa buah dikasih taburan pala bubuk. Unik karena ada hint palanya.. Seger ngilangin eneg abis makan kambing, hehehe.. Tapi gw pada dasarnya ga gitu suka teh rasa buah-buahan sih..


Gw lagi-lagi pesen minuman model-model begini, hehehe.. Udah ga bisa lepas deh.. Namanya Hazelnut Cookies 'n Cream (32.5k IDR).. Lagi-lagi kemanisan.. Lupa bilang buat ngurangin gulanya..


Lalu dengan lapar mata, kami juga pesen Apple Strudel (32k IDR).. Hmm rasanya biasa aja sih menurut gw.. Gw sih ga gitu suka apel ya.. Apple pie aja gw ga gitu suka.. (Lah trus napa lo pesen nih kue?!)


Sementara Mak Bapaknya makan dan ngemil cantik, anaknya dianggurin, disuruh nonton Pocoyo.. Wahahaha.. Tega ya kitaaaaa..


Ga berasa 45 menit udah berlalu.. Cabutlah kami dari sana dan menuju Museum Batik Danar Hadi.. Nantikan ceritanya yaaaa..


Alamat:
Jl. Slamet Riyadi 261, Solo
Telp: 0271-727020/722084


2 komentar:

  1. klasik bangeeeet, duh aku suka banget nih resto indonesia klasik gini. mau ke solo mau ke sogaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajiiiiiib kesini Saaaar kalo ke Solooo.. Enyaaaak!

      Hapus