Kamis, 27 Juni 2013

Recipe: Jambal Roti Masak Santan

Seumur-umur gw belom pernah masak jambal roti.. Makan pun jarang karena emang ga terlalu doyan. Biasanya sama Mak ato Bapak gw cuma dibikin tim jambal roti doang. Jadi waktu Raya tiba-tiba bilang, "Bikin jambal roti disantenin dong.." Gw langsung cari-cari resep via Gugel dan setelah pilah-pilih resep, nemu yang bahannya paling simple dari sini. Ga niru plek-plek sih.. Disesuaikan sama isi kulkas..

Bahan: 
  • Ikan asin jambal roti (gw beli di pasar 9 ribu dapet 15 an potong dengan ukuran sedikit lebih gede dari dadu Bellcubes.. Mahal yaaa.. Kata Bapak gw, jambal roti lebih mahal daripada daging).
  • Tempe potong dadu (Jumlahnya teserah. Resep asli pake tahu).
  • Toge segenggam or more if you like.
  • Tomat sebiji, potong bentuknya teserah aja.
  • Santan instan (Kaya Kara gitu.. Gw pake 1/2 kotak kecil trus diencerin lagi pake air sampe ga terlalu kental, kira-kira 400ml. Sejujurnya gw ga ngukur, bwehehehe..).
  • Cabe ijo dan cabe merah masing-masing 2 biji iris serong.
  • Cabe rawit 3 biji lah.. Lebihin kalo mau lebih pedes.
  • Daun salam 2-3 lembar.
  • Daun jeruk 2 lembar.
  • Bawang merah dan bawang putih diiris, masing-masing 3 siung lah (Ini niat kasih resep ato ngga sih?!).
  • Lengkuas 1 ruas, geprek.
  • Gula merah 2 sendok makan.
  • Gula dan garam kalo mau lebih asin tapi gw sih ga digaremin lagi.
Cara Buat:
  • Cuci jambal roti biar ga terlalu asin dan tirisin airnya.
  • Tumis bawang-bawangan sampe harum.
  • Masukin cabe-cabe, daun-daun, lengkuas sampe cabe keliatan agak layu.
  • Masukin santen sambil terus diaduk biar santennya ga pecah.
  • Masukin jambal roti sama tempe.
  • Kasih gula merahnya dulu aja. Gula pasir dan garam belakangan aja.
  • Terakhir masukin toge dan tomat. Ga usah dimasak lama-lama biar sayurannya ga overcooked.
  • Matiin api dan rasain apa udah cukup rasa manis dan asinnya.
  • Tambahin lagi gula pasir dan garam kalo suka.



Rasanya? Hmmm.. Enak lah.. Makanan pake santen apa sih yang ga enak? Kayanya kalo jambal roti diganti sama ikan awetan lain juga enak deh.. Misalnya diganti cakalang fufu ato tuna asap, pasti enak :9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar