Kamis, 13 Juni 2013

Street Vendor: Mie Ayam Bangka Asen

I'm back with another street fooood.. Lagi banyak kebutuhan rumah tangga ini, huhuhu.. So you will see a lot of street vendor food and homemade food recipe in my upcoming postings.. Sejenak mengalihkan pandangan dari fancy resto, huhuhu..

Allow me to introduce you to Mie Ayam Bangka Asen..! Gw sekeluarga udah menjalin love-hate relationship dengan mie ini sejak kami tinggal di Tangerang.. We loooooove their noodles but hate the crowd and the service..Catet kata-kata gw ya.. Kalo mau makan disini, lupakan manner! Be brutal! Kalo lo klemar klemer, niscaya lo akan pulang dengan perut kosong dan hati dongkol.. Yang makan disini tuh ruameeeee banget! Terutama kalo weekend.. Astaga.. It's a bloodbath battlefield! Semua orang maen nyelonong bae! Tips dari gw:
  1. Jika lo beruntung, duduklah di meja yang paling dekat sama gerobak. Jika tidak beruntung (duduk di meja yang jauh), kebrutalan musti ditingkatkan!
  2. Begitu duduk, langsung inspeksi orang sekitar. Lihat siapa yang udah duduk sebelom lo dan belom dapet mie. Kalo mereka dapet mie duluan sebelom lo, terima aja, memang aturannya begitu kan? First come, first serve. Tapi kalo ada yang bisa dapet mie duluan padahal datengnya belakangan dari lo, itulah saat lo mulai diijinkan ngamuk! Hahaha! Serius! Ini sering banget kejadian karena pelayan disini ga peduli siapa yang duduk duluan! Pokoknya orang yang belom makan dan duduknya terdekat sama gerobak, umumnya bakalan dapet mie duluan. Benar-benar menyebalkan! Kalo hal itu terjadi, kita biasanya langsung ngamuk, "Wan, kita udah dateng dari tadi! Ko orang itu yang dapet duluan!" Trus mulailah buat keributan begitu pelayannya mulai keliatan bawa mangkok-mangkok berisi mie, "Eh punya kita bukan itu?" Walaupun terdengar seperti orang kampungan yang ribut takut ga kebagian makan, but it worth the taste!



Seperti kebanyakan Chinese Food, Mak gw biasanya rada-rada sangsi dengan kehalalan makanan ini. Lucunya Mak gw itu, sering memvalidasi kehalalan suatu tempat makan dengan.. Ngeliat apakah ada orang berjilbab yang makan disana, wahahaha.. Lucu banget! Tapi Mie Asen ini dengan yakinnya memasang tanda bahwa sudah bersertifikat halal dari MUI. Mantaab..


Seperti yang lo liat dari foto di atas, mie yang udah direbus, dimasukin ke mangkok plastik dan dikasih bumbu-bumbu dulu sebelum dihidangkan ke mangkok beling (Yang di dalam 2 botol itu loh.. Apa kecap ato apa kali, ga ngerti). Jadi mie yang dihidangkan ga plain rasanya. Selain pakai mie, bisa juga pakai kwetiaw atau bihun.. Pakai kwetiaw enak juga loh.. 

Mie Polos (11k IDR)
Mie Pangsit Rebus (13k IDR)
Pangsit Rebus
Pangsit rebus disini istimewa banget! Kulit pangsitnya lembut dan isiannya cukup generous. Dibuat fresh on the spot. Kalo mau porsi yang lebih besar, dijual per mangkok juga dengan harga 12 ribu, isi 5 pangsit.


Tahu Kok (12k IDR)
Selain mie ayam, disini juga jualan Tahu Kok juga loh.. Tahu Kok itu hidangan khas bangka berisi baso daging ikan tenggiri, otak-otak dan tahu isi adonan ikan. Enak banget! Kuahnya guriiiiih.. Cocok banget buat temen makan mie ayamnya..

Pangsit Goreng (@2k IDR)
Seperti kata Farah Quinn di suatu iklan, orang Indonesia itu paling suka yang garing-garing.. Makanya disini juga disedian pangsit goreng yang selalu laris manis! Sebelum mie dateng, karena takut keabisan, kami sekeluarga biasanya udah nge-take pangsitnya duluan.. Bisa-bisa udah abis 20 pangsit duluan sebelum mie dateng, hehehe.. 
Condiment:
Acar rawit iris-Sambel belibis-
Sambel tauco-Jeruk nipis
Naaaah.. Kalo makan disini, jangan sampe lupa sama condiment-nya.. Bukan sekedar sambel aja tapi wajib dipakein acar rawit, jeruk dan yang paling essensial.. Sambel tauconya! Banyak orang yang ga ngerti kalo sambel tauconya itu justru khas dari Mie Bangka.. Karena jarang yang pake, mereka jadi ngurangin jumlah sambel tauconya. Biasanya selalu ada di tiap meja dan kalo abis di-refill. Tapi lama-lama, mereka cuma keluarin 1 botol dan kalo abis, ya udah ga diisiin lagi, hiks..

Oh iya.. Foto-foto di atas courtesy of my sister yaaa.. Gw ga ikutan makan saat itu, huhuhu.. Udah lama ga makan disana nih.. Lebih sering dibungkusin buat dimakan di rumah tapi beda lah sensasinya..

Alamat:
Komplek Perumahan Banjar Wijaya
Tangerang
(Kalo masuknya dari arah Cipondoh, lurus terus sampe lewat bunderan kecil trus belok kanan deh..)





1 komentar: