Jumat, 21 Juni 2013

Recipe: Pseudo-Arancini

Udah lamaaaa.. banget pengen coba bikin Arancini.. Pertama baca dari blog Anggi Karimuddin, trus di blog Metariza.. Ih ngeheits banget ya makanan ini.. Ini makanan apa sih? Gampangnya sih risotto yang dibuat jadi bola-bola, dibalur tepung panir trus digoreng.. Makanan Italia gitu deh.. Setelah beberapa bulan kemudian, baru gw nyoba bikin, hahaha.. 

Gw pake resep dari Dapur Hangus karena sederhana banget bahannya.. Kalo resep Anggi Karimuddin mah canggih.. She made it from scratch alias bener-bener dari beras dibuat risotto. Semetara resep Metariza pake jamur-jamuran segala.. Ya gampang aja sih, tinggal keluarin jamur dari ingredients tapi entah kenapa gw suka baca gaya tulisan Dapur Hangus, hehehe.. 

Kenapa gw nyebutnya pseudo-arancini? Satu, karena bikinnya dari nasi sisa, buka dari beras yang dibikin risotto. Dua, gw ga pake mozzarella dan gw terlalu males motong dadu dan masukkin keju quick melt satu-satu ke dalam arancini-nya.. Bahkan buat bulet-buletin arancini-nya aja gw ga niat banget, hehehe.. Liat aja foto di bawah.. Bentuk bulet arancini gw non homogen gitu.. Tiga, gw pake smoked beef karena cuma ada itu doang daging-dagingan di freezer gw.

Bahan:
  • Nasi sisa semalem yang dari tadi malem udah gw masukkin Tupperware dan taro di kulkas, sekitar 1.5 piring lah
  • 2 lembar smoked beef
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 120 cc kaldu sapi (Bisa ganti air biasa tapi pasti kurang gurih dong jadinya, atau boleh ganti/campur susu.. Lain kali mo coba pake kaldu campur susu aaaah.. Pasti makin sip!)
  • Garam merica secukupnya
  • Bawang putih dan bawang bombay cincang halus
  • Italian seasoning secukupnya
  • Putih telur kocok dan tepung panir untuk pelapis
Cara Buat:
  • Tumis bawang bombay sampai layu dan harum baru masukin bawang putih.
  • Masukin smoked beef-nya, ga usah lama-lama karena kan udah processed meat toh?
  • Masukin nasi dan perbumbuan (garam, merica, Italian seasoning) baru kasih kaldu.
  • Pas air kaldu udah terserap semua ke nasi, kecilin api dan masukin kejunya. Aduk rata.
  • Buat bentuk bulat-bulat dengan menggunakan 2 buah sendok, sisihkan sambil tunggu dingin.
  • Kalo udah dingin, tinggal dicelupin ke putih telor kocok dan balurkan tepung panir.
  • sebenernya disaranin sama Dapur Hangus buat ngulang proses pelapisan ini 2x supaya lapisan tepung jadi tebal dan arancini akan makin crunchy tapi gw males -____-
  • Sebelum digoreng, masukkin dulu ke freezer biar lebih set pas digoreng.
  • Kalo bikin banyak, bisa juga distok di freezer kaya kalo bikin nugget.



Walopun rada ngasal, ternyata enak juga loh.. Hahaha.. Lain kali mo bikin pake daging giling beneran lah.. Trus mo pake mozzarella plus kasih isian mozzarella cubes juga.. Biar lebih sehat, bisa juga loh dicampur sayur seperti wortel, kacang polong.. Besok bikin lagi aaaaah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar