Senin, 15 Juli 2013

Baking: Banana Cupcakes with Cream Cheese Frosting

Kesambet setan baking! Pokoknya kudu harus musti wajib baking saat itu juga! Ampe gw bela-belain ngambil oven kuno punya Mak gw.. Oven konvensional alias oven tangkring (di kompor), so ancient.. Ridiculously ancient, it covers in dust, spiderweb.. Amit-amit lah pokoknya.. Udah lamaaaa banget ga dipake.. Ada kali 5 taun nganggur.. Tapi kerna ga mo rugi beli otang baru ato otrik (oven listrik) yang takut ga kepake gara-gara semangat baking senen-kamis doang.. Plus daya listrik di rumah ga kuat maliiih.. Didayagunakanlah otang ancient.. Semprooot dulu ampe bersih.. Sikat-sikat.. Jemur di bawah terik matahari pagi.. Tadinya mau gw poto tapi ah aku malu..

Buat baking pertama (Setelah bertahun-tahun vakum baking kue.. Kalo baking savory stuff sih sering, eg. Lasagna, Schotel, etc..), gw mo coba yang gampang aja.. Banana Cake! Tergampang sedunia! Ga butuh mixer! Tapi kalo resep aslinya pake chocolate ganace, gw lagi pengen creem cheese frosting.. Ternyata cucok aja tuuuuh..

Bahan (resep dari sini, gw bikin 1/2 resep doang):
  • 120 gr tepung terigu serba guna
  • 150 gr gula pasir 
  • 35 gr coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • Seuncrit garam
  • 1 butir telur ayam ukuran besar
  • 3 buah pisang ambon, lumatkan
  • 120 ml air hangat
  • 60 ml susu cair
  • 60 gram unsalted butter
Cara Buat:
  • Panaskan oven dulu dengan suhu kira-kira aja (Menurut eeeeeL.. Kaga ada termometernya itu oven!). Gw manggang pake rak tengah (Ovennya ada 3 susun).
  • Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, gula, garam, baking powder dan vanili bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk besar lainnya, tuangkan air hangat, unsalted butter cair dan susu cair ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Jika air masih terlalu panas, biarkan sejenak hingga mendingin agar telur tidak matang. Masukkan telur ke dalamnya dan aduk dengan baloon whisk hingga tercampur baik. Tambahkan lumatan pisang, aduk rata.
  • Masukkan campuran tepung terigu dan coklat ke dalam larutan susu dan mentega, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. 
  • Tuangkan adonan cupcake case tapi jangan kepenuhan.. Tapi jangan ga pede juga kaya gw, gara-gara takut adonannya luber pas ngembang (karena pake baking powder, pasti ntar ngembang pas kena panas), cupcake case cuma gw isi 1/2nya doang.. Hasilnya pas ngembang, kuenya ga merekah ngelewatin case-nya, huhuhu..
  • Panggang selama rrrrr.. I have no idea, hahaha.. Pokoknya gw bolak-balik cek, ko belom ngembang juga.. Gw gedein api.. Pas mulai ngembang, gw coba tusuk lidi, masih mentah dalemnya.. Gw gedein api lagi tapi sambil was-was hangus kue gw..
  • Akhirnya setelah lebih dari sejam itu kue gw panggang, dengan pengaturan api beda-beda, mateng juga.. Fiuuuuuh..
  • Dinginkan dulu sampe suhu kamar sebelum dihias pake frosting.
(Jadi 10 cupcakes)

Sekarang yuk kita bikin frostingnya..

Bahan (resep dari sini):

  • 140 gr cream cheese
  • 3 sdm unsalted butter
  • 185 gr gula bubuk
  • 2 sdt pasta vanila     
Cara Buat:
  • Masukkan cream cheese dan unsalted butter ke mangkok lalu kocok dengan mixer kecepatan sedang hingga putih, mengembang dan ringan. Kira-kira 2-3 menit. Kurangi kecepatan mixer menjadi sangat rendah, masukkan gula bubuk dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. 
  • Naikkan kecepatan mixer menjadi sedang, kocok kembali selama 2-3 menit. Masukkan vanilla ekstrak dan kocok hingga tercampur rata.
Naaaah.. Masalahnya adalaaaah.. Gw ga punya spuit kembang buat ngehias kuenya pake frosting.. So I decided to go Nigella Style.. Hahaha.. Nigella Lawson juga ibu-ibu pemalas kaya gw.. That's why I adore her.. Kalo liat acara masaknya.. Motongnya asal-asalan.. Ngehias makanan sesukanya.. Gw banget deh!

Maksud hati mo kaya gini...

Gambar dari sini
Gambar dari sini

Cakep-cakep kaaan? Cuma asal oles pake spatula aja tapi hasilnya maniiiiis banget! Ternyata gw juga kaga punya spatula, huwaaaa.. Jadi cuma gw oles asal-asal aja pake sendok.. Jadinya malah kaya giniiiiii.. 

Frostingnya kaya eek  -____-
Diketawain abis-abisan sama si Gia yang jam terbang bakingnya lebih tinggi dari gw.. Dipermak dulu sama doi akhirnya..

After "Pimp my Cupcakes" by Gia
Cupcakes ini dimaksudkan buat lucu-lucuan ngasih surprise buat ulang taun Uthie..

Setelah dikasih lilin dan ornamen Happy Birthday, tampak cukup profesional bukan? 


Lalu bagaimana rasanya? Hmmm.. Cake-nya sih enak, moist.. Tapi masih kemanisan buat lidah gw.. Apalagi frostingnya.. Muaniiiiiiis! Lain kali musti kurangin gulanya bange-banget deh.. Udah gitu, apa karena kelamaan di-mixer ato karena kebanyakan gula ya.. Frosting gw kakuuuu banget! Ga creamy gitu.. Kenapa ya? Adakah yang jago baking disini? Help..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar