Senin, 08 Juli 2013

Recipe: Butterscotch Sauce

I love Harry Potter.. Both novels and movies.. Kan ada tuh yang sok-sokan ga suka sama filmnya karena ga dibuat semirip mungkin alurnya sama novel.. Gw juga sering kecewa sih tiap abis nonton filmnya karena  tiap adegan selalu gw banding-bandingin sama novel. Tapi ya sudahlah gitu ya.. Situ pikir adaptasi novel setebel itu ke buku gampang? Durasi film HarPot ga pernah lebih dari 3 jam kaya Lord of The Rings karena HarPot masih kategori film anak. Makanya susah merangkum semua alur di novel ke film yang rata-rata cuma 150-an menit.. Padahal yang suka kan bukan anak-anak aja.. Malah makin lama alurnya makin berat toh? Ko jadi ngelantur.. Jadi yang suka HarPot, pasti tau dong minuman yang namanya Butterbeer? Sejak baca tentang Butterbeer, gw selalu ngebayangin kaya apa ya rasanya? 

Pas lagi baca blog Aini, ada postingan tentang butterbeer! Senangnyaaaa.. Ternyata gampang banget buatnya! Tapiiiii.. Musti punya butterscotch sauce dulu.. Alhamdulillah Aini juga punya resep buat butterscotch sauce-nya.. Horeeee! 1 langkah menuju Butterbeer!

Bahan:
  • 250 mg brown sugar
  • 1/4 bagian dari seblok Orchid unsalted butter (Ga tau itu berapa gram, hohoho..)
  • 250 ml susu UHT full cream
  • 1 sendok teh vanili paste
  • Garam sejumput

                                      
Cara bikin:
  • Lelehin butter. Apinya kecil aja.. Gw rada-rada takut soalnya warning dari Aini mengenai betapa saus ini gampang gosong jadi gw parno, hohoho..
  • Trus masukin brown sugar, aduk rata sampe kecampur sama lelehan butter.
  • Nah kalo menurut Aini, pas teksturnya jadi makin encer, saat itulah masukin susunya. Tapi ko punya gw ga encer-encer ya? Karena takut gosong dan pait, gw masukin aja susunya..
  • Sesuai instruksi Aini, begitu susu masuk, kita aduk-aduk pake baloon whisk.. Kebetulan gw punya. Tapi buat yang ga punya, pake garpu aja juga bisa..
  • Aduk-aduk terus sampai saus mendidih lalu matiin api. 
  • Diemin sampe ga terlalu panas, baru deh pindahin ke wadah buat disimpen di kulkas.


Dari resep diatas, bisa dapet 2 jar selai kaya gini..


Rasanya gimana? Enaaaaak..! Kaya permen Alpenliebe gitu deh.. Cuma ko masih kurang buttery ya? Padahal gw udah pake butter buanyak gitu.. Apa ikutin resep aslinya yang pake heavy cream instead of full cream milk ya?

Oia bahas brown sugar dikit nih.. Sebenernya beda kan sama Palmsuiker? Trus kenapa brown sugar yang gw beli bahannya dari nila aren ya? Itu kan bahan pembuat palmsuiker? Jadi gw beli brown sugar abal-abal dong? Embeeeer, hahaha.. Abis brown sugar asli muahaaaaal! di Titan Baking, harganya 94ribu/500gr! Ada sih yang kemasan lebih murah.. 64ribu/500gr tapi kan tetep aja mahaaaal.. Bandingkan dengan brown sugar abal-abal yang gw beli..250 gr harganya cuma 7ribu, wehehehe.. Hasilnya juga tetep enak ko.. Tapi lain kali mau ah bikin butterscotch sauce pake brown sugar beneran dan heavy cream.. Dijamin lebih mantap rasanya!

Lho.. Jadi mana butterbeer-nyaaaa? Tunggu di postingan selanjutnya yaaaa.. Eh tapi fotonya belom dipindahin, hihihi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar