Senin, 08 Juli 2013

Recipe: Homemade BBQ Sauce

Semua bermula dengan Raya yang mendadak ngebet nyobain panggangan butut hasil minjem dari Mak Bapak gw.. Ngajakin bikin steak mendadak, yang tentunya langsung gw tolak! Mana lah bisa dadakan bikin steak. Marinate dagingnya aja musti semaleman! Tapi karena dia udah ngidam berat, jadilah kita uji coba panggangan abis maghrib. Kami belanja daging dan segala macem keperluan buat bikin steak abis Ashar, nyape rumah jam setengah 6, daging dibakar jam setengah 7. Tentunya masih alot lah itu daging, huhuhu..

Tapi hightlight postingan ini kan ga mau ngomongin dagingnya, yang surprisingly walopun masih rada alot tapi ternyata panggangan butut bisa bekerja dengan baik loh! Dagingnya masih juicy merah gitu.. Lain kali musti lebih oke persiapannya deh.. Gw mo cerita soal BBQ sauce-nya.. Awalnya udah beli BBQ sauce jadi yang harganya paling murah dan kemasan paling kecil, sekitar 14 ribuan. Tapi pas liat-liat resep homemade BBQ sauce, cih.. gampang ini mah, hohoho.. Tapi gw buatnya sesuai bahan yang ada aja di rumah.. Resep gw ambil dari sini ya..

Bahan:
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 buah bawang bombay ukuran kecil (Kira-kirain aja ya..)
  • 1/2 cup saos tomat botolan (Kira-kira 120an ml, sotoy banget.. Padahal gw asal kecrot doang sampe abis setengah botol saos tomat yang beling! Hahaha!)
  • 3 sendok makan brown sugar (Karena brown sugar abal-abal gw udah abis dibuat butterscotch sauce, jadinya sak butterscotch sauce itu gw masukin semua, wahahaha.. 3 sendok doang sih sesuai resep..)
  • 1 sendok makan Worcestershire sauce (Tapi pada akhirnya gw kecrotin banyak banget sekalian ngabisin Worcestershire sauce hampir expired diskon 50% yang gw beli di Giant karena rasanya masih kurang asin dan biar ilang rasa saos tomat botolannya.)
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok makan cuka (Resep asli pake cider vinegar. Mo beli tapi mahal. Sayang gilak cuma kepake 1 sendok doang.. Cider vinegar ini kayanya sih buat kasih rasa tangy di BBQ sauce.. Ada resep yang juga nambahin mustard.. Hmm, pasti enak banget tuh kalo pake.. Berhubung gw bikin BBQ sauce kaum dhuafa, pake bahan sekedarnya aja..)
  • Sejumput bubuk paprika (Kalo ga ada skip aja juga ga papa.. Karena ga berasa juga sih menurut gw.. Padahal gw udah pake McCormick loh *somboooong*)


Cara Bikin:
  • Tumis bawang bombay sampai harum baru masukan bawang putih, api kecil aja, jangan sampe tumisan bawangnya gosong.
  • Masukin saos tomat dan sisa bahan lain. Aduk sampai mengental.
  • Rasain deh.. Kalo kurang manis, tambahin brown sugarnya.. Kurang asin, tambahin Worcestershire sauce.. Kurang tangy, tambahin cuka.. Gitu lah.. Sesuai selera masing-masing aja.. Ga membantu ye gw kalo bikin resep, hahaha..



Alhamdulillah rasanya enak lhooo.. Menurut gw yaah.. Kalo kata Raya, rasanya Asia banget.. Entah apa maksudnya.. Apa karena dia tau gw pake bahan-bahan murahan buat bikin ini saus? Yang penting cocok banget buat steak alot malam itu.. Buat cocolan french fries juga enak deh.. Lumayan buat variasi saus steak.. Bosen pake saus jamur mulu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar