Kamis, 11 Juli 2013

Recipe: Soto Bandung

Soto Bandung emang ga sepopuler soto-soto dari daerah lain, seperti Soto Madura, Soto Padang, Soto Betawi.. Tapi karena Bokap lahir dan besar di Bandung, beliolah yang mengenalkan keluarga kami ke soto ini. Bahannya bener-bener simpel tapi rasanya.. Hmmm.. Boleh diadu.. Kalo soto-soto lain kan udah puyeng sendiri gw baca resepnya.. Panjaaaaang bener bumbu rempah-rempahnya.. Sementara Soto Bandung cukup pake bawang putih, sereh, jahe, merica.. Itu aja.. Gampang kan?

Bahan:
  • 250 gr daging sandung lamur, udah gw minta potong kotak-kotak di tukang daging
  • 3 buah lobak, cuci, kupas, iris-iris
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 1 batang sereh, geprek bagian putihnya
  • Garam-gula


Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica


Pelengkap:
  • Kacang kedelai goreng
  • Bawang goreng
  • Seledri, iris halus
  • Kecap
  • Cuka Sambel rawit
Cara Buat:
  • Rebus sandung lamur sampai empuk. Apinya keciiiiiil aja.. Gw pake air kurang lebih 1-1.5 liter, gw didihkan sampe air berkurang setengahnya.
  • Buat bumbu halus, tinggal ulek aja bawang putih dan merica trus tumis bumbu halus serta masukan jahe dan sereh sampai wangi.
  • Abis itu masukin tumisan bumbu tadi ke rebusan sandung lamur di panci sebelah.
  • Terakhir masukin lobaknya, bumbui pakai garam dan gula. Masak sampai lobak lunak.
  • Jadi deeeeh..
  • Di mangkok kasih taburan seledri, kacang kedelai dan bawang goreng. Kecrotin cuka, kasih kecap dan sambel.
  • Makan pake nasi hangat, sedaaaap!


Karena gw pemalas, Soto Bandung bikinan gw ga pake seledri dan bawang goreng, hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar