Jumat, 06 September 2013

Weekend Baking Project: Klapertaart

Karena menghabiskan masa kecil di Manado, gw udah ikrib sama Klapertaart sejak tahun 80an akhir.. Jadi sebelum elo-elo semua heboh sama Hana Klapertaart, gw mah udah kenyang makan di Manado (Cih, sombong..). Awalnya gw cari resep klapertaart kukus tapi pan kite mo Weekend Baking Project-an.. Akhirnya setelah langkah-langkah yang gw ikuitin di resep selesai, gw panggang juga Klapertaart-nya.. Gw lupa banget ngambil resep dari mana.. Yang jelas ini bukan resep original by moi yaaa.. Gile aja gw jago banget bikin Klapertaart ga nyontek resep orang..

Bahan: (Ini buat 1 resep.. Gw bikin 1/2 resep doang)
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 liter susu cair
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 200 gram gula
  • 6 butir kuning telor
  • 200 gram mentega
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 6 butir kelapa muda potong kotak
  • Rhum essence secukupnya
  • Kenari dan kismis untuk taburan

Cara Membuat
  1. Masukkan Tepung Terigu yang telah dicairkan (gw encerin pake susu cair).
  2. Masukkan sisa susu cair dan susu kental manis.
  3. Masukkan telur yang telah di kocok lepas.
  4. Masukkan mentega.
  5. Masukkan gula
  6. Aduk semua bahan di panci sampe mulus tanpa gumpalan (gw pake baloon whisk) lalu nyalakan apinya kecil saja.
  7. Ketika adonan sudah sedikit mengental masukkan vanili, kelapa muda dan rhum.
  8. Kalo ga mau dipanggang: Terus aduk sampai matang, tuang ke pinggan saji, taburi kismis dan kenari, dinginkan sampai suhu ruang lalu masukkan kulkas sekitar 1 jam. Siap deh disantap..
  9. Kalo mau dipanggang: Setelah ditaburin kenari dan kismis, panggang di oven yang gw ga tau berapa derajat karena pake otang odong-odong dan ga merhatiin juga berapa lama gw panggang, hahaha.. Pokoknya patokan gw, pas adonannya mulai berkurang bubbly-nya dan kenari tampak kecoklatan, saat itulah gw keluarin dari oven.


Penampakannya sih cantiiiiik.. Rasanya juga lumayan tapi ga memenuhi ekspektasi gw.. Gw lebih suka Klapertaart yang moist dan agak encer kaya es krim.. Kalo ini strukturnya jadi lebih menyerupai cake.. Padet karena mungkin terigunya kebanyakan.. Lain kali kalo mau bikin, gw bakal ngurangin terigunya trus susu cair mo gw ganti pakai campuran evaporated milk dan heavy cream.. Sepertinya bakal lebih enyaaaak.. *drooling*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar