Senin, 04 Februari 2013

Adult Recipe: Stir Fry Shimeji Mushroom-Cereal Chicken

Biar pada ga bosen, sekarang gw mo cerita kegiatan memasak aja deeeeh.. 

Gw ini sukaaaaa banget sama jamur.. Tapi biasanya beli jamur yang standar dijual di pasar ato supermerket aja.. Kaya jamur tiram, portabello, champignon, merang, kuping.. Trus suatu hari pas lagi di section jamur, gw liat ada jamur lucu iniiiii.. Namanya jamur Shimeji.. Cobain aaaaah..

Setelah beberapa hari jamur itu jamuran di kulkas gw, hihihi.. Barulah gw masak tuh jamur di suatu hari Minggu.. Abis gw cuma punya waktu masak kalo hari Minggu aja.. Jadi bentuk jamurnya bergerombol di akarnya gitu dan pas mau diolah, kita lepasin satu-satu dari akar jamurnya. Harga sebungkusnya sekitar 14-16 ribu, gw lupa persisnya berapa.. Di bungkusnya juga ada 3 resep yang bisa kita ikutin. Tapi berhubung di kulkas gw cuma ada bahan seadanya, kita olah sebisanya gw juga deh..


Buat tumisan jamur Shimeji-nya gw tambahin sayur lain biar lebih berwarna dan lebih lengkap nutrisinya.. Gw pakein wortel dan lobak.. Ya ya ya.. Gw baru sadar bahwa tumisan jamur gw kurang berwarna pas gw sajiin di piring.. Jamur sama lobaknya sama-sama putih jadi masakan gw keliatan puceeeet.. 

Cara bikinnya sih gampang aja.. Anak SD juga bisa..

Stir Fry Shimeji Mushroom

Bahan:
  • 1 bungkus jamur Shimeji.
  • 1 buah wortel, iris memanjang.
  • 1 buah lobak, iris memanjang.
  • Bawang putih (teserah mo pake berapa, minimal 2 biar berasa).
  • Saos tiram botolan secukupnya (asal dikecrot aja sambil dirasain masakannya).
  • Minyak wijen secukupnya (1 sendok teh aja, cuma buat nyari wanginya aja).
  • Garam merica secukupnya.
Cara Buatnya:
  • Tumis bawang putih sampai harum.
  • Masukin wortel (Masuk duluan soalnya lama matengnya).
  • Setelah wortel mencapai tingkat kematangan yang diinginkan (Kalo gw suka yang masih crunchy), masukin lobaknya.
  • Hal yang sama berlaku sama lobak.. Kalo kaya gw, suka sayur yang masih garing, ga usah lama-lama ditumisnya.
  • Setelah itu masukin jamurnya dan langsung masukin saos tiram, minyak wijen, garam dan merica (kalo gw ga digaremin lagi karena dari saos tiramnya udah asin karena ada MSGnya).
  • Abis bumbu-bumbu masuk, matiin api tapi wajan tetep di atas kompor karena proses masaknya masih berlangsung (wajannya masih panas gituuu). Api gw matiin karena kalo tetep nyala nanti sayurnya overcooked dan gw ga suka sayuran lodoh, bleeeh!
  • Rasa-rasain deh.. Kurang garem ato apa.. Sesukamu laaah..
  • Jadi deeeeeh..
Dan buat lauknya, siang itu gw bikin Cereal Chicken, huahahaha.. Resep aslinya kan Cereal Prawn tapi yang ada di freezer cuma ayam fillet aja.. Resep gw contek dari Metariza..

Cereal Chicken

Bahan: 
  • 8 potong ayam fillet (Gw beli merk Delfarm.. Ga perlu ada merknya juga sih.. Buat gambaran aja, ayam fillet Delfarm itu ukurannya sekitar 2x10cm).
  • Jeruk nipis-lada-kecap asin-minyak wijen buat ngelumurin ayamnya.
  • 1 kuning telor dikocok.
  • Tepung maizena.
  • Daun kari 2 batang (Ini daun jaraaaaang ada yang jual di supermarket.. Gw cuma pernah liat di Kemchicks aja.. Luckily, di Pasar Lama Tangerang ada yang jual.. 2 ribu dapet buanyaaaaak dan saran dari yang jual, daripada disimpen di kulkas dan lama-lama busuk, mendingan di jemur sampe kering biar awet..).
  • Bawang putih sesukamu (resep asli pake 3 siung), iris halus.
  • 1 sdm butter (gw pake margarine aja karena sayang bo pake butter.. IMO kalo pake margarine bakal lebih gurih ga sih?).
  • Bahan cereal: 6 sdm oatmeal (Gw pake Quacker Oats.. Kalo kata orang-orang, enaknya pake cereal merk Nestum keluaran Nestle.. Gw liat di Total Buah Summarecon, harga Nestum 39 ribuan dan kalengnya guedeeee.. Nyesel ga langsung dibeli karena pas udah mo bikin, malah out of stock Nestumnya, huhuhu..), 4 sdt krimer (gw pake Nestle), 2 sdt gula pasir campurin di satu wadah.
Cara Buatnya:
  • Lumurin ayam pake jeruk nipis-lada-minyak wijen-kecap asin. Taro di kulkas sekitar 10 menit sambil kita nyiapin bahan-bahan lain.
  • Celupin ayam ke kuning telor yang udah dikocok trus balurin ke tepung Maizena.
  • Tips from moi: daripada ribet ngerjain celup-balur ayamnya satu-satu.. Gampangnya lo masukin itu ayam ke telor trus aduk-aduk pake sendok biar semua ayam kebalur sama telornya. Abis itu taro maizena di wadah tertutup (Lock 'n Lock, Tupperware, apa aja deh..) dan tirisin ayamnya satu-satu buat dimasukin ke wadah tadi. Kalo semua ayam udah masuk, tutup wadahnya yang rapet dan lo kocok-kocok itu wadah. Niscaya without any effort or tangan beleberan telor dan tepung, ayam-ayam tadi udah terbalur maizena dengan cantik! Cara ini bakal berasa banget gunanya kalo lo lagi ngerjain porsi gede.. Coba gitu lo bikin cereal prawn setengah kilo aja.. Apa ga pegel tuh celup-balur telor-tepung udang segitu banyak?!
  • Goreng deh itu ayam-ayam.. Angkat pas udah kuning kecoklatan.
  • Abis ayam kelar, baru deh kita bikin cerealnya...
  • Tumis bawang putih sampe wangi pake margarine trus masukkin daun karinya.
  • Masukin oat trus keciliiiin api kompor biar oatnya ga gosong (Gw ngerjain cereal part ini 2x karena yang pertama apinya kegedean dan cerealnya gosoooong!)
  • Masukin ayam yang tadi udah digoreng, aduk-aduk bentar. Rasain oatnya udah crispy ato belom.
  • Kalo udah, matiin deh apinya..
  • Selesaiiiiii..


Stir Fry Shimeji Mushroom-Cereal Chicken





Tidak ada komentar:

Posting Komentar