Senin, 04 Februari 2013

Toddler Recipe: Minced Beef Creation

Aseeeeeek.. Sekarang udah toddler neeh maenannyaaaa.. Uhuuui.. Sebenernya ga banyak yang berubah sejak Remy udah toddler.. Makanan masih tetep no gulgar (Boong deeeng.. Hahaha.. Emaknya udah bandel ngasih french fries, mie, es krim.. Tapi kan dikiiiiit.. *pembelaan*).. Diusahain banget kalo masakan rumahan,  tetep no gulgar koooo.. Yang berubah cuma tekstur yang makin kasar sama porsi yang makin banyaaaak.. Asli abis sakit pas Natal kemaren itu, ini anak makannya jadi gila-gilaan! Ya Alhamdulillah siiiih.. (Don't jinx it pleeeeaseee..).

Karena gw sehari-hari kerja (Senen sampe Sabtu, bahkan kadang Minggu pun kerja, catet itu!), gw ga tiap saat bisa masak buat Remy.. Kalo gw lagi shift siang, diusahain masak.. Tapi kalo lagi masuk pagi, duh gw ga sanggup deh kalo musti bangun pagi-pagi buta buat masak.. Apalagi kalo sehari sebelumnya gw kebagian shift siang, dimana jam 10 malem gw baru pulang, nenenin Remy, nemenin anak itu pecicilan sampe tidur bisa jam 11 bahkan setengah 12 malem. Dan abis dia tidur, gw ngurusin ASIP, nyuci botol kaca, botol Medela, corong pompa.. Di atas jam 12 malem baru bisa tidur gw.. Ku tak sangguuuup.. *nyanyi*

Makanya itu gw biasanya nyetokin lauk biar besoknya Abah/Nenek Remy tinggal bikinin sayurnya aja (Yesss.. My father can cook! How cool is that?). Salah satunya gw nyetok daging giling.. Paling gampang ya dibikin bola-bola daging.. Tar dari situ, bisa diutak-atik jadi segala macem makanan..

Meatballs

Bahan:
  • 200 gr daging giling
  • 1 siung bawang putih cincang halus
  • 1 batang seledri cincang halus
  • Breadcrumbs secukupnya
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan keju cheddar parut
  • Merica, pala bubuk, Italian seasoning (yang terakhir optional, gw sih suka banget)
  • Kalo mau ditambahin sayuran lain kaya wortel atau brokoli juga boleh ko.. Gw biasanya dikasih wortel parut.. Tapi yang kali ini ga pake tambahan sayur lagi
Cara Buatnya: 
  • Kocok telor trus masukin seledri, sayur-sayur, merica, pala, Italian seasoning. Kocok lagi.
  • Baru masukin kejunya. Kocok lagi sampe kecampur rata.
  • Masukin daging gilingnya.
  • Ulenin pake tangan (cuci tangan yang bersih dulu yaaaa..) sambil sedikit-sedikit masukin breadcrumbs sampe lo rasa adonannya cukup padat buat dibulet-buletin (kalo ga punya breadcrumbs, bisa ganti pake tepung maizena ato tepung terigu).
  • Ya udah.. Bulet-buletin deh ampe gempor..


Hasilnya kaya gambar diatas.. Siang itu, gw ambil 6 meatballss buat dibikin burger patty.. Tinggal penyetin aja trus goreng deh pake butter.. Apinya keciiiiil aja.. Jadi mateng sampe dalem-dalemnya.. Kalo apinya kegedean, luarnya udah gosong tapi dalemnya masih merah-merah mentah gituuu.. Hiii.. Mencri-mencri ntar anak gw..


Nanti burger patty-nya dimakan pake saus tomat.. Bikinnya gampang! 

Saos Tomat

Bahan:
  • 2 buah tomat (Rebus, buang kulit dan bijinya.. I've been doing this "buang kulit dan biji tomat" sejak Remy pertama makan tomat.. Ampe umur berapa sih anak harus makan tomat dengan cara seperti ini?)
  • 1 siung bawang putih cincang
  • 1 sendok makan bawang bombay cincang
  • Wortel parut secukupnya
  • Keju cheddar parut secukupnya
  • 100 ml kaldu sapi
Cara Buatnya:
  • Blender tomat rebus sampai halus
  • Tumis bawang putih dan bombay sampai wangi
  • Masukin tomat yang tadi udah diblender
  • Masukin wortel
  • Setelah wortel mateng, masukin kaldunya. Tunggu sampai mengental.
  • Terakhir kasih keju deeeeh..
  • Trus saos tomat ini tinggal disiramin ke atas burger patty tadi..
Sisa meatballs yang ada, bisa dibekuin trus dimasak kapan-kapan.. Beberapa ide yang bisa dicoba..
  • Sop bola-bola daging
  • Saus pasta Bolognaise (pake bahan saos tomat tadi tapi meatballs-nya dicacah kecil-kecil)
  • Saus pasta creamy (garlic-onion ditumis, kasih susu plain+keju+pala bubuk+Italian seasoning+cacahan meatballs)
  • Baked meatballs (panggang meatballs, diatasnya dikasih potongan keju mozarella, drizzeled with EVOO+sedikiiiiit blackpepper --> done and tried, asliiii wanginya bikin ngileeeer *ngereces*)
  • Meatballs Satay (Buat yang anaknya udah gede dan ngerti tajemnya tusuk sate.. Meatballs ditusukin ke tusuk sate, selang selingin sama nanas-zuccini-onion..Panggang dengan cara yang sama kaya baked meatballs tadi)
Gyaaaaa.. Pengen Remy cepet gedeeee.. Biar makin macem-macem makanannyaaaa...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar