Rabu, 24 April 2013

Kuliner Solo: RM Bu Ugi

Kelar di wilayah candi-candi, Mas Inuk bilang tujuan berikutnya mau ke Tawangmangu, ngeliat Grojogan Sewu. Sesuai pesen temen gw, "Sebaiknya makan dulu sebelum ke Grojogan Sewu.. Bisa pingsan lo!" Mengingat hari emang udah siang dan perut gw udah laper banget, ampe sakit kepala gw, kita mampir ke RM BU Ugi dulu, baru tar turun lagi ke Grojogan Sewu.

Yang terkenal dari RM Bu Ugi adalah Sop Buntutnya.. Padahal awal Bu Ugi jualan, malah nasi pecel dulu yang dijual.. Nasi pecelnya udah tersohor dari tahun 1930-an, sementara Sop Buntutnya baru muncul tahun 1980-an.


Begitu masuk ke dalem, hmmm.. Langsung kecium bau wangiiiii.. Merica campur sama kaldu gurih gitu.. Yuuum..! Mana dingin, ujan.. Sip banget nih makan yang kuah-kuah anget.. Tempatnya sendiri sederhanaaa.. banget.. Padahal sering didatengin sama artis, pejabat.. Konon Gus Dur sering makan nasi pecel di sini kalo ke Solo.



Bukannya rakus (emang rakus sih..:p), tapi kita bedua nyobain 3 menu sekaligus (yang emang cuma ada 3 varian makanan disana). Sop buntut, garang asem sama pecelnya.. 

Maaaak.. Sop buntutnya sedaaaaap! Mana lagi dingin-dingin gitu.. Sayangnya.. Karena hawa di Tawangmangu superdingin, kuahnya jadi cepet dingin juga.. Ga sampe 10 menit udah ga panas lagi, hiks.. Dan dagingnya ga sebanyak yang gw baca di review orang-orang.. Makin lama daging makin mahal kali ya? Tapi murah banget lah 20 rebu doang.. Raya ampe nambah, hahaha.. Oiya.. Yang ada di meja tuh cuma sambel kecap aja.. Kalo mau sambel bawang, musti minta sendiri..

Sop Buntut (20k IDR)
Garang asemnya sih buat gw ga terlalu enak.. Gw pernah makan yang jauuuuuh lebih enak.. Dan disajiinnya dingin gitu.. Aneh lah.. Mendingan pesen sop buntut kemana-mana..

Garang Asem (15k IDR)
Mesen pecel sebenernya biar ada sayurnya aja.. Ternyata mantap banget! Bumbunya kentel, rasanya kuat, kencurnya berasa banget! Gw sengaja ga minta nasi pecel soalnya kan udah makan nasi+ garang asem. Selain sayur, kita juga dapet tempe goreng dan telor.. Udah complete dish lah..

Pecel (9k IDR)
Raya iseng nyobain wedang coklat ini.. Harganya lupa, hehehe soalnya kita pesen belakangan setelah bayar makanan diatas.. Soalnya ujan gedeeee banget jadi percuma cabut cepet-cepet.. Serem juga nurunin Grojogan Sewu dalam kondisi ujan deras gitu.. Rasa wedangnya? Aneeeeeeh! Soalnya berasa banget rasa rempah-rempahnya.. Buat yang suka minuman berempah sih mungkin suka tapi kita berdua mah.. Weeeeeks!

Wedang Coklat Kerok
Setelah perut kenyang dan hujan sedikit mereda, mari taklukan ribuan tangga di Grojogan Sewu!


Alamat:
Jl. Raya Solo-Tawangmangu
Sebelah timur Pasar Tawangmangu,
Karanganyar, Solo

Phone: 0271-697433 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar