Rabu, 24 April 2013

Solo Trip: Candi Cetho

Halooooo.. Bersiaplah menerima postingan bertubi-tubi tentang Solo, hohoho.. Sengaja gw pisah-pisah per tempat biar puas naro foto dan cerita.. Sooooo.. Here they areeee.. Enjoooy..

Gw Raya Remy berangkat tanggal 18 April 2013 pake Lion pagi jam 7.50 (kalo on time).. Cabut dari rumah jam 6 (Inilah untungnya punya rumah deket sama bandara.. :D).. Remy juga udah bangun dari pagi pas gw mo gantiin baju sama disponya. Di ruang tunggu, gw sama Raya gantian nganggon Remy sambil nyuapin dia roti.. Susah mo kasih makan buah.. Lagi liburan jadi pola makannya kita agak longgarin aja deh.. Alhamdulillah pesawatnya ga terlalu ngaret dan di dalem pesawat, seperti biasa, Remy nen bobo aja.. Hihihi..

                                               

Waktu tempuh CGK-SOC ternyata cepet banget, cuma 50 menit.. Trus ternyata bandaranya kecil ya? Hehehe.. Di tempat ngambil bagasi, masa cuma ada 1 conveyor belt? Jadi buat hari pertama ini, Raya udah ngerental mobil dari Manunggal Rent Car Solo. Kita ambil paket Lawu 2, isinya jalan-jalan ke luar kota Solo, harga sewa 450 ribu udah termasuk bensin+supir.. Mahal ya? Kirain apa-apa di Solo murah, hehehe.. Buat keliling seputar Solo 2 hari berikutnya kita juga have no idea mo pake apa soalnya denger dari temen yang dulu kuliah di Solo, kalo pake taksi, nembak tarifnya suka pada ga kira-kira.. Dan Raya sempet beride naek becak aja kemana-mana, hahaha *ga sadar badan kita bedua gede-gede*

Baru kali ini loh dijemput di airport pake papan nama "Bapak Raya Jakarta".. Hiiiiii norak kali kitaaa.. Tinggal dikasih kalung bunga aja deh.. Supir rental mobil hari itu namanya Mas Inuk, kita sewa mobil Xenia.. Mas Inuk ini sopaaaaan banget! Aku sampe malu dengan kekasaran bahasaku, ikikikikik..

Rute pertama kita adalah ke Candi Cetho.. Letaknya lumayan jauh dari Kota Solo, yaitu di Kabupaten Karanganyar.. Di tengah jalan, kita dicegat sama petugas desa soalnya ternyata ada biaya retribusi parkir objek wisata Desa Berjo.. Cuma 3 ribu rupiah per mobil ko.. Orangnya ga bayar.. Di jalanan menuju candi, gw perhatiin ko banyak pura ya.. Ternyata kata Mas Inuk, di desa ini emang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Candi Cetho pun peninggalan Kerajaan Majapahit dan bercorak agama Hindu.. Tempatnya tinggiiiii dan dingiiiiiin banget.. Jalanannya banyak tanjakan dan belokan tajem. Kalo gw yang nyetir, udah pingsan duluan deh.. Serem bo.. Mana ujan pula, turun kabut juga.. Begitu sampe ke pintu masuk Candi, gw melongo.. "Gileeee tinggi banget tangganya..!" *pingsan* Langsung gw di-hush sama Raya.. Katanya di tempat suci ga boleh ngomong kotor.. Tiket masuknya murah abis, cuma 3 ribu aja loh kalo wisdom (wisatawan domestik), kalo turis asing lebih mahal dikit, 10 ribu aja (tetep aja murah!). Disini mobil kena retribusi masuk kawasan rekreasi lagi sebesar 5 ribu rupiah.

Sejarah Candi Cetho

View desa dari atas candi

Udah encok naik tangga (yang sebenernya ga berapa tinggi), ternyata masih ada tangga lagi buat naik.. Meeeeh.. Ga ada pengunjung lain kecuali kita betiga.. Bau dupa yang menusuk hidung ditambah ujan, hawa dingin plus kabut, suasananya jadi rada mistis.. Hiiiiiii.. Serem deh.. Merinding gw.. Mana banyak arca-arca kuno gitu.. Trus ada relief yang dilarang diinjek.. Keren banget reliefnya..



Ini relief yang ga boleh diinjek itu
Relief tampak depan
Ga jelas fungsi batu-batu ini buat apa

Keren ya pahatan batunya?
Kabut bikin suasana mistis 


Akhirnyaaaaa.. Sampe juga ke bangunan utama.. Sumpah kereeeeen banget! Candinya tuh kaya candi Inca gitu.. Gw kira model-model Candi Borobudur ato Prambanan.. Sebenernya ada tangga naik buat masuk ke dalam bangunan candinya tapi gile aja makasih yaaaaa.. Abis foto-foto, kita buru-buru turun soalnya kabut makin tebel.
Bangunan utama 
Kelar dari Canci Cetho, kita menuju ke Candi Sukuh.. Di perjalanan turun, kita bakal ngelewatin kebun teh.. Sayangnya kebun teh disini ga dibikin objek wisata kaya di puncak. Ga ada acara bisa ikut-ikutan metik teh.. Sempet turun bentar buat foto-foto centil tapi ga di spot yang biasa dipake orang buat foto soalnya spotnya ketutup kabut, huhuhu.. Jadi foto-fotonya cuma di pinggir jalan aja.



 To be continued...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar