Selasa, 30 April 2013

Kuliner Solo: Susu Shi Jack/Nasi Liwet Bu Sarmi

Balik dari Grojogan Sewu, sebenernya agenda Mas Inuk adalah mampirin kita ke makam Pak Harto. Tapi karena udah kesorean, kita cuma liat dari jauuuuuuuuh.. Cuma keliatan bangunannya seiprit.. Gw mo foto juga kejauhan, ga keliatan apa-apa.. Gw aja sampe micingin mata biar ngeh, ooooh itu bangunannya.. Cuma keliatan puncak bangunannya aja..

Nyampe Kota Solo lagi, kita nyari makan malem. Awalnya mo makan di Galabo tapi pas kita lewatin, ko belom pada buka semua.. Galabo itu semacem pusat kuliner di Solo.. Jadi makanan Solo yang ngetop-ngetop pada buka lapak disana, walopun kata temen gw, tetep lebih enak kalo kita makan di tempat aslinya. Akhirnya kita makan Nasi Liwet Bu Sarmi sekalian mo nyobain Susu Shi Jack. 

Kalo dari hasil survey sebelum ke Solo, nasi liwet paling ngetop adalah Nasi Liwet Wongso Lemu di Jl. Keprabon (lengkapnya cari sendiri yaaaa..). Tapi lagi-lagi karena temen gw bilang, "Hih! Mahal! Rasanya juga biasa aja!" Mendingan ke nasi liwet yang sebelahan sama Shi Jack yang deket Galabo!" Baeklaaaah Mak Zieeee.. Saya nuruuut ajaaa.. Soalnya sekalian penasaran mo nyobain Susu Shi Jack yang direkomendasiin sama Thia

Shi Jack ini jualan susu segar. Konon merupakan pioneer dalam hal jualan susu segar. Totalnya ada kurang lebih 15 cabang Shi Jack (ini kata Mas Inuk yaa.. CMIIW) tapi pertama kali buka di tempat gw makan itu, daerah Loji Wetan. Selain jualan susu segar, mereka juga ada angkringan sego kucingnya.. Jual gorengan yang napsuin banget (Gede-gede bo!), ada roti bakar, pisang bakar.. Sayangnya kita ga nyobain soalnya kan udah makan berat nasi liwet.. (Tumbeeen ga rakuuus, hehehe..).

Nasi Liwet di sebelah Shi Jack namanya Nasi Liwet Bu Sarmi.. Lumayan terkenal juga rupanya.. Yang makan disana rameee.. Nasinya guriiiih, ayamnya empuk, ditambah sayur labu siam sama santan kental (areh).. Enaaaak deh! Remy gw suapin, doyaaaan banget! Hahaha.. Selama di Solo gw udah tutup mata sama makanan homemade sama MSG deh.. Yang penting anak gw makan. Seporsi nasi liwet pake paha ayam dan telor pindang harganya cuma 14.500 aja.. Trus karena Remy makannya banyaaaak banget. gw nambah lagi soalnya gw masih laper, hehehe.. Gw minta nasi dikasih ayam suwir aja, itu harganya cuma 6000! Sinting! Padahal udah cukup decent loh.. Soalnya sayur labu siam+arehnya tetep dikasih.. Kalo Mas Inuk cuma pesen Nasi liwet pake telor, 8500 aja.. Gileeee.. Hemat banget ya kalo jajan di Solo..

Nasi Liwet+Paha ayam dan telur pindang (14.5k IDR)
Terus gimana susunya? Yaaaa.. Standar siiih.. Tapi lumayan lah, minum yang anget-anget lagi ujan gerimis.. Kita pesen rasa coklat sama sirup.. Entah sirup apa.. Segelas susu yang kita pesen harganya cuma 4000 aja.. Ternyata kalo minumnya langsung di tenda Shi Jack, kita dapet tontonan dari pelayannya.. Mereka ngeracik minuman kaya bartender yang juggling gitu.. Seru yaaa..

Susu segar (@4k IDR)
Alamat:
Jl. Kapten Mulyadi, Loji Wetan Solo
Buka jam 18-24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar