Kamis, 04 April 2013

Recipe: Lasagna

Siapa sih yang ga suka lasagna? (Rrrrr.. Om Ijul? Hehehe.. Sorry, inside joke..). Dulu gw kira bikinnya susah.. Eternyata gampiiiiiil! Kirain ribet karena berlayer-layer.. Padahal mah asal tumpuk aja juga jadi.. 

Beberapa waktu lalu, gw coba bikin lasagna hasil modifikasi resep Pioneer Woman (O how I adore you, Lady..).. Doi buat bikin Béchamel Sauce-nya pake Cottage cheese sementara gw biasanya cuma bikin pake susu UHT+keju cheedar+terigu buat ngentelin sausnya. Eh pas belanja, ternyata ga nemu cottage cheese, adanya Riccota.. Trus dikemasannya ada tulisan bisa buat lasagna juga jadinya gw pake deh.. Oh iya.. Kali ini gw nyobain pake oven-ready lasagna.. Jadi ga perlu direbus dulu sebelum dipake.. Gw pikir lebih praktis.. Ternyataaaa.. We'll get back later on this..

Bahan:
- 1 pak oven-ready lasagna (Gw pake merk San Remo). 
Kalo ga nemu yang oven-ready, pake yang biasa aja, yang musti direbus dulu sebelum dipake. Saran gw, rebusnya per lembar.. Ribet sih.. Tapi gw pernah coba rebus 1 pak barengan, yang ada pada saling nempel padahal udah gw kasih EVOO (extra virgin olive oil) di air rebusannya. Makanya itu kali ini gw nyobain yang oven-ready biar gw ga ribet rebus satu-satu.
- Keju quick melt diparut

The Meat Sauce:
- 250 gr daging sapi cincang
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 1 buah bawang bombay, cincang halus
- 1 kaleng kecil pasta tomat (Gw pake merek Ayam Brand, murce)
Kalo lagi rajin, biasanya gw tambahin 3-4 buah tomat segar yang gw rebus, kupas kulit dan buang biji trus diblender sampe alus.. Berasa lebih seger dan natural.. Tapi kemaren lagi males, hohoho.. Jadi cuma pake pasta tomat.. Kalo ga nemu pasta tomat, pake saos tomat botolan juga bisa ko tapi bisa abis sampe 1 botol gede baru berasa tomatnya.. Sebenernya teserah lo sih mo pake perpaduan apa.. Pasta tomat+tomat seger/tomat seger+saos tomat botol.. Tapi kalo udah pake pasta tomat, IMO sih ga perlu nambahin saos tomat botolan lagi soalnya rasa tomatnya udah kuat..
- Italian seasoning secukupnya
- Garem-gula-merica bubuk secukupnya

The Béchamel Sauce:
-1 bungkus Riccota (Gw pake merk Yummy, 250 gr kayanya)
- 2 butir telur kocok
- Seledri secukupnya, cincang halus
- Garem, merica, pala bubuk secukupnya

Cara Buatnya:
The Meat Sauce:
  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  • Masukin daging giling, masak sampe kecoklatan dan keluar meat juice-nya.
  • Masukin pertomatan.
  • Terakhir bumbuin deh pake Italian Seasoning, gula, garem, merica.
  • Kurleb kaya bikin Bolognese sauce ya..


The Béchamel Sauce:
  • Pindahin Riccota ke dalam mangkok trus masukin telor kocok, aduk rata.
  • Masukin seledri cincang sama kasih garem, merica, pala bubuk, aduk lagi.


Yuk disusuuuuun...
  • Di dasar pinggan tahan panas, taro lembaran lasagna (Jumlahnya sesuain sama ukuran pinggan yang lo punya).
  • Atasnya taro Béchamel Sauce dan tutupin pake lembaran lasagna lalu trus atasnya kasih pake keju quick melt parut.
  • Diatas keju quick melt parut, taro meat sauce dan tutupin lagi pake lembaran lasagna.
  • Ulangi proses diatas sampe pinggan lo penuh (urutan: lasagna-Béchamel-lasagna-quick melt-meat sauce-lasagna-Béchamel-lasagna-quick melt-meat sauce-lasagna-and so on)
  • Pokonya paling atas teserah lo maunya apa.. Ada yang meat sauce, ada yang Béchamel Sauce.. Yang pasti diatas layer teratas, gw taburin quick melt..
  • Panggang di oven selama..rrr.. Oven gw kan rada error yah.. Dan suhu oven tiap orang beda-beda, hehehe.. Gw pake oven listrik abal-abal.. Pake suhu 250 dercel, panas atas bawah, selama 30 menit.



Yaaak.. Inilaaaah.. Tampak tidak menarik yaaa, wehehehe.. Kesimpulan gw..
Enakan pake lasagna yang kudu direbus satu-satu.. Pake yang oven-ready ini, ko gw berasa terlalu kering ya?
Ternyata masih enakan resep yang pernah gw coba dari blog Anggi Karimuddin.. Dan ingredients-nya pun lebih membumi (I mean.. Ga pake keju mahal, wehehe..). Tapi lain kali, boleh lah diikutin plek-plek resep Pioneer Woman (Kecuali part doi pake pork yeeeee..).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar