Selasa, 30 April 2013

Solo Trip: Grojogan Sewu

Kita betiga (Eh berempat deh sama Mas Inuk) lumayan lama nungguin ujan reda di Bu Ugi.. Sampe Mas Inuk ngajakin cabut karena takut Grojogan Sewu keburu tutup. Ujan masih rintik-rintik jadinya kita pake payung. Ternyata yaaa.. Grojogan Sewu itu artinya air terjun seribu.. Kirain anak tangga seribu.. Wakakakak.. Ngasal banget gw..

Di gerbang masuk, banyak monyet-monyet liar berkeliaran.. Untungnya mereka ga senakal monyet di Uluwatu yang suka ngerampas barang bawaan. Walopun ada warning juga buat masukin segala bawaan ke dalam tas, jangan ke kantong kresek soalnya suka direbut sama monyetnya. Oia harga karcis masuknya cuma 6 ribu aja loh.. Kalo buat wisman 10 ato 15 ribu, gw lupa.. Lebih mahal pokoknya.




Sekilas info aja.. Grojogan Sewu walopun artinya air terjun seribu, bukan disana ada air terjun seribu biji. Air terjunnya mah cuma 1 tapi tingiiiiiiiii banget! Tingginya 81 meter! Untuk mencapai ke spot air terjunnya, kita harus turun tangga sebanyak 1000 anak tangga dan pas baliknya juga 

Liat dooooong.. Ini baru sebagian kecil tangga yang bakal kita betiga laluin. Mas Inuk nunggu di mobil. Pesennya, tar biar baliknya ga terlalu jauh, jalannya ke arah loket 2 aja. Baeklah Maaaaas.. Awalnya rada maju mundur gw mau turun ke air terjun ato ngga. Soalnya kata Bapak gw gini, "Kamu bawa-bawa anak gitu ga usah lah turun sampe aer terjunnya.. Bapak aja tahun '72, masih muda, cuma bawa diri aja udah ga sanggup balik ke atas.. Turunnya sih ga berasa, naiknya gempor!"

I shall conquered you..




Tapi Raya bilang nanggung amat udah nyampe sini tapi ga turun.. Ya udah deh.. Toh dia ini yang gendong Remy, hehehe.. Perjalanan turun menuju spot air terjun ga enteng juga loh.. Kaki gw rasanya pegeeeeeel banget! Mana sepi, serem deh! Di perjalanan sempet papasan sama beberapa orang yang udah mau balik. Apa mereka pada ga tau jalan ke loket 2 yang katanya lebih pendek ya?

Ada tempat buat yang mau ngaso-ngaso dulu
Dan akhirnya.. Setelah nurunin lebih dari 1000 tangga, nyampe jugaaaaaaa..! Air terjunnya kereeeeeen bgt! Sayangnya karena lagi ujan jadi airnya agak coklat. Di bawah cuma ada kita betiga, tukang foto, sama 2  pasangan. Karena keasikan foto-foto, kita baru sadar, "Lah.. Udah ga ada siapa-siapa.." Tinggal tukang foto aja.. Kita minta foto 1x sama dia. Biaya 1 lembar fotonya 20 ribu, kalo 3x foto jadi 50 ribu. 



Kita nanya ke si bapak, kalo mau balik ke arah loket 2 lewat mana. Dan dia bilang tinggal ikutin tangga batu aja tapi hati-hati karena tangga batunya ga sebagus jalan yang tadi kita laluin dan licin. Kita iyah-iyah aja.. Pas 50 meter pertama masih oke karena tangga batunya masih bagus.. Lewat dari itu.. Huhuhuhu.. Nangis gw.. Itu mah bukan tangga batu tapi bener-bener cuma batu kali disusun di tanah sebagai pijakan kaki aja.. Liciiiiiiin! Gw deg-degan banget takut gw jatuh.. Ato kalo Raya jatoh lebih serem lagi karena kan sambil gendong Remy.. Mana sepanjang jalan kaki gw kram.. Sakiiiiiiit! Horor banget dah sepanjang jalan balik itu.. Sepi, dingin, track-nya juga susah.. Mana Remy dieeeeeeeem aja! Kita sampe takut ini anak kesambet ato kenapa, huhuhu..

Selain jalan terjal berbatu, kita masih harus lewatin jembatan ini... Maaaaaak.. Gw ga yakin ini jembatan bisa kuat nahan beban badan gw yang gede ini.. Huaaaaaa.. Kalo jembatannya jatoh, gw anyuuuuut ke sungaaai.. Tidaaaaaak..! Gw rasa kalo ade gw, si Gia ikutan juga, dia udah pingsan deh! Itu jembatan cuma terbuat dari anyaman bambu aja.. Pantesan orang-orang ga ada yang lewat sini.. Menyeramkaaaaan!


Belum cukup sampe situ penderitaan kita.. Cuma sempet ngerasain senang sesaat pas liat ada tulisan "Exit Loket 2" tapi pintu pagernya dikunciiiiii..! Hadeeeeeeh.. Yamasa gw harus balik lagi ke arah aer terjun?! Itu udah jam setengah lima dan mulai gelap. Akhirnya Raya nelpon Mas Inuk dan doi balik lagi pake mobil ke pintu masuk utama. Ga lama Mas Inuk dateng bawa Ibu setengah baya. Menurut si Ibu, dikirain ga ada pengunjung lagi jadi pintunya udah dikunci jadi kita disuruh nerobos pager kawat berduri biar bisa keluar. Ampun dah!


Keliatan ga kawat berdurinya?
Udah berakhir sampai disitu? Belooom doooong.. Abis nerobos kawat berduri, ternyata masih harus lewatin jalan tanah yang licin. Ada yang nanjak, ada yang turun. Remy sampe gw relain digendong sama si Ibu yang ga gw kenal soalnya licin banget! Biar dah daripada gw jatoh trus Remy kenapa-kenapa. Ternyata Ibu itu emang jual jasa gendong anak kalo ada pengunjung anak yang udah ga kuat jalan.. Ada-ada aja ya..

Oia, karena kita kesana ga pas lagi wiken ato musim liburan, kondisi bener-bener sepi pengunjung dan menyeramkan.. Ga enaknya lagi karena sepi, tukang jajanan pun sepi.. Padahal yang khas dibeli pas lagi kesini adalah sate kelinci.. Raya sih yang mau.. Gw mah ga tega makan kelinci dari dulu.. Hiiiks Bunnyyyy..

Kapok ke Grojogan Sewu? Kapoooooook! Cukup sekali aja, terima kasiiiiih.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar