Selasa, 14 Mei 2013

Kuliner Solo: Sate Buntel Pak Samin

Makan siang terakhir kami sebelum ninggalin Solo.. Jadi kami early check out dari hotel tapi masih nitip barang di concierge hotel soalnya masih mau ke Museum Batik Danar Hadi. Sore-sore baru balik lagi ke hotel, ambil barang, cabcus deh ke airport.. Udah niat mau makan siang di Sate Buntel Pak Samin. Dari hotel, kita naik taksi yang emang ngetem di pelataran lobi hotel. Lucu deh, taksi disini rata-rata pake Avanza/Xenia. Bukan taksi sedan kaya di Jakarta. Waktu hari pertama kami udah sempet nanya ke Mas Inuk, paling bagus taksi apa? Bagus disini dalam artinya ga maen tembak tarif. Soalnya temen gw bilang taksi di Solo nakal-nakal, ga pada pake argo dan nembak tarifnya gila-gilaan. Waktu itu sih Mas Inuk jawabnya Taksi Mahkota. Mereka tarif minimal 15 ribu. Jadi pas kita naik, argo tetep nyala. Kalo kita turun saat argonya di angka, misalnya, 12 ribu, kita tetep bayar 15 ribu. Tapi kalo angka argo udah diatas 15 ribu, kita bayar sesuai argo. 

Naaah.. Saat itu yang ngetem di hotel cuma ada satu merk taksi aja jadi mau ga mau kami naik yang tersedia. Dari awal naik, kami udah pandang-pandangan karena liat argo ga dinyalain. Udah harap-harap cemas bakal ditembak berapa. Kami udah bilang sejak awal kalo tujuan kami adalah ke Sate Buntel Pak Samin yang di Pasar Pon, sebelah bioskop lama. Rasanya udah cukup jelas kan tujuannya? Trus setelah beberapa lama, taksi berhenti di warung sate buntel Bu siapaaaaa.. gitu.. Lah emosi gw.. Gw bilang bukan yang ini tapi ke Pak Samin di Pasar Pon dan entah emang bego ato pura-pura tolol, tuh supir taksi masih ngeles, "Saya kira yang ini, Bu.. Soalnya ini yang paling terkenal". Asli gw kesel banget! Dan kami diputer-puterin kaya dia kira kami bego aja.. Gw kan punya mata ya.. Bisa liat jalan dong gw dan gw sadar tadi udah sempet lewatin ini jalan deh.. Akhirnya waktu kami sampe ke Pak Samin dan si sopir itu minta 30 ribu doooong! Padahal sebenernya jaraknya ga jauh-jauh amat! Kalo tadi ga pake disalah-salahin jalannya, gw rasa ga sampe 15 menit juga udah sampe!


Pas nyampe di Pak Samin, ngeliat tempatnya ko ga kaya tempat yang rame dikunjungin turis.. Tempatnya sederhana banget.. Rame sih yang makan tapi kayanya emang orang lokal semua. Karena kurang nyari info, gw ga tau kalo paling spesial disini adalah gule gorengnya.. Jadinya ga sempet nyobain deh, huhuhu..


Dapurnya sederhana banget, pake tungku arang
Letak dapurnya di depan, ga ngumpet di belakang




Gw pesen sate buntel, Raya sate kambing, nasi 2 sama es teh manis 2. Total damage 51 ribu. Oia minta tambahan kuah gule juga buat basah-basahin nasi, hehehe.. Murah ga tuh? Ga tau harga per porsinya karena mereka ga ngasih bon dan mo minta bon pun mereka tampak ga nyedian bon buat konsumennya. Jadi yaaaah.. Segitu lah gambaran harganya..

Sate Buntel
Sate buntel ini khas Solo.. Gitu sih yang gw baca.. Bahan dasarnya daging kambing yang dicincang halus lalu dibungkus lemak tipis jadi bentuknya bulet panjang kaya sosis gitu. Abis itu dibakar kaya sate pada umumnya.

Sate Kambing
Sate buntelnya enak dan juicy. Sate kambingnya juga, empuk banget. Dua-duanya sama sekali ga ada bau kambingnya. Penyajian sate kambing disini udah ga dipakein tusuk sate lagi, jadi abis dibakar dagingnya dilepas dari tusuknya.. Mungkin biar yang makan ga ribet. Sausnya pake saus kecap bawang merah cabe rawit merica plus ada irisan kol sama potongan tomat. Sayangnya kuah gulenya kurang mantep. Encer banget. Apa ini emang kuah gule jadi-jadian buat konsumen yang minta tambahan kuah kaya gw? Makanya itu yang tadinya penasaran pengen nyobain gule goreng juga jadi batal karena liat kuah gulenya yang ga napsuin. Setelah gw gugel-gugel, ternyata banyak yang bilang gule gorengnya enak, huhuhu.. Apa kuahnya dibedain ya? Aku menyesaaaaal..

Alamat
Jl. Diponegoro, perempatan Pasar Pon
Telp: 0271-639747

1 komentar: