Senin, 06 Mei 2013

Solo Trip: Keraton Surakarta Hadiningrat

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalo liburan ke Solo.. Gw Raya dan Remy pun ga lupa buat nyambangin Keraton walopun cuma mejeng di halaman depan Keraton doang, huks.. Ko bisa gitu? Karena kita kesana hari Jumat dan kalo Jumat, Keraton tutup untuk umum, huhuhu.. Pun kalo kita dateng bukan hari Jumat juga udah kesorean sih buat masuk karena ternyata Keraton ga buka sampe sore. Mestinya cari info jam dan hari bukanya dulu yah.. Kenapa ga buka sampe sore yah? Kalo kata ipar gw, serem kali ah kalo buka sampe sore.. Kan banyak mistisnya disini, hiiiiii.. Jadi dia udah wanti-wanti sejak gw belom jalan ke Solo, "Nanti kalo ke Keraton, ga usah sampe masuk. Kasian Remy ntar kesirep, rewel lho malemnya ga bisa tidur!". Awalnya gw sama Raya mo cuek-cuek aja.. Toh sehari-hari Remy emang susah disuruh tidur (Bisa loh dia jam 12 malem baru tidur..). But maybe this is how the universe tells us not to come inside The Keraton karena emang sebaiknya anak dibawah lima tahun jangan sampe masuk.. Ga tau deh.. Wallahu a'lam..




Kesan pertama pas liat bangunan Keraton.. Wooow.. Keren yaaa.. Warna utama dari bangunan Keratonnya biru dan putih.. Bukan coklat kayu-kayuan gitu.. Tetep sih ada ukiran kayu tapi ga pake warna coklat. Ini emang udah dari dulu kaya gini warnanya apa udah sempet renovasi sih? *Malah nanya*. Katanya warna birunya karena pengaruh dari Eropa.


Trus gw serius nanya sama Mas Imron, emang bener disini suka ada kejadian mistis? Mas Imron menjawab dengan bijak, "Yah itu kan percaya-percayanya orang aja.. Ga musti di Keraton, di sekeliling kita juga banyak hal-hal seperti itu. Asal kita ga ganggu aja ko.." Karena Mas Imron bilang gitu, gw sama Raya niat tetep masuk Keraton besok sebelum pulang ke Tangerang. Tapi ngeliat paniknya ipar gw pas dia liat gw ganti foto di display pic BBM dimana Raya dan Remy lagi pose di depan tower Keraton (Yang katanya  tempat Sultan sama Nyi Roro Kidul meeting, hihihihi..), gw batalin deh rencana masuk Keraton besok. Ipar gw itu langsung miskol ampe 2x (Gw ga denger ada telpon masuk karena lagi asik foto-foto, hehehe..). Trus BBM gw berkali-kali supaya kita berdua ga nekat masuk ke dalem, hehehe.. Jadinya kita nurut aja sama dia..



Oia, as a self reminder.. Kalo mau masuk ke dalem Keraton, berpakaianlah yang sopan.. No hotpants, no sleveless, no sunglasses nor hat, no smoking, food is not allowed dan yang paling bikin garuk-garuk.. Ga boleh bawa pulang pasir Keraton.. Karena gw ga masuk ke dalem, ga kebayang kenapa pasir itu ada yang iseng banget bawa pulang.. Apa pasirnya berubah jadi butiran emas kalo dibawa pulang? Hehehe.. Oia, trus harus pake sepatu loh.. Kalo pake sendal, lo harus nitipin sendal lo dan nyeker sepanjang lo di sana.. 



Ada bangunan balai pengobatan umum juga disana, yang bikin gw sama Raya bertanya-tanya.. Apakah tempat ini masih beroperasi? Karena liat ijin praktek dokternya udah dari tahun 1977.. Is he got some kind of royal previlage not to renew his license?




This is as far as we can get.. Cuma ampe berandanya aja.. Baru segini doang gw udah terkagum-kagum sama arsitektur Keraton ini.. So chic and classy gitu loh.. Itu keramik biru di dinding, keren abis deh! So Keraton Solo.. See you in another decade.. Hahaha.. 

Alamat:

Jl. Mangkubumen Sasono Mulyo
Solo Kota

Buka tiap:


Senin–Kamis: 09.00-14.00
Sabtu-Minggu: 09.00-13.00

Harga Tiket Masuk:
Wisdom: 10k IDR IDR
Wisman: 12.5k IDR



2 komentar:

  1. ayoooo ke kraton Jogja boleh masuk loh termasuk ke dalam terowongannya dijamin terkagum-kagum kak apalagi ruangan khusus Sultan HB IX wuiiiih keyeeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran ga papa bawa balita ke Kraton Jogja? Ko bisa beda-beda gitu ya aturannya?

      Hapus