Rabu, 01 Mei 2013

Kuliner Solo: Sarapan di Yu Temu Manahan

Hari kedua di Solo niiiih.. Gw sama Raya udah bangun dari pagi.. Nungguin Remy ampe jam setengah 7 ga bangun-bangun, akhirnya kita gotong aja deh.. Ngapain sih semangat banget pagi-pagi? Ya mau nyari sarapan dong aaaaaah.. Kemarin dikasih tau sama Mas Inuk kalo deket hotel kita ada Stadion Manahan yang di salah satu sisinya buanyaaaak tukang makanan.. Trus info dari Mak Ziera, deket Manahan juga ada yang jualan dimsum rumahan enak, rameeee tiap pagi.. Kita sih ga gitu minat banget makan dimsum.. Bukannya ga doyan tapi kan di Tangerang juga banyak kali dimsum enak dan murah..

Mas Inuk udah kasih tau rutenya kalo mau jalan kaki kesana.. Tampaknya ga gitu jauh jadi kita pede aja jalan kaki sambil dorong-dorong stroller.. Ternyata boooo.. Jalan menuju ke sana sama sekali ga stroller friendly, huhuhu.. Trotoarnya sempiiiiiit.. Ribet deh ah.. Tau gitu gendong pake Boba aja.. Pas nyampe area stadion, celingak celinguk.. Ko ga tampak jejeran tukang makanan? Ada sih 1-2 angkringan tapi kayanya bukan itu deh.. Sampe akhirnya kita nanya sama bapak-bapak di pinggir jalan.. Horeeeee.. Ketemuuuu..! Emang banyaaaaak yang jualan makanan tapi masih banyak yang tutup.. Rata-rata juga ga terlalu khas Solo kaya bubur ayam, baso.. Cuma ada 1 lapak yang rame jadi akhirnya mampir kesana, namanya Nasi Liwet Yu Temu Manahan. Setelah gw gugel sekarang, ternyata tempatnya emang lumayan tersohor juga ya?


Di Yu Temu, cuma ada 3 menu.. Nasi liwet, pecel ndeso dan cabuk rambak. Gw penasaran sama cabuk rambak karena belom pernah denger sama sekali. Jadi itulah yang gw pesen.. Ternyata kaya gini loh cabuk rambak ituuuu.. Maaaak.. Eik mana kenyaaaang..

Cabuk Rambak
Deskripsi cabuk rambak, gw kutip dari sini ya..

Menu ini terdiri dari irisan ketupat yang di atasnya disiram bumbu wijen. Sajian cabuk rambak dilengkapi dengan kerupuk karak. Kerupuk yang rasanya khas ini dibuat dari tumbukan nasi yang diberi bumbu khusus yang disebut bleng, diiris tipis-tipis lalu dijemur. Setelah irisan nasi tadi benar-benar kering lalu digoreng hingga berwarna kecoklatan.
Rasa cabuk rambak Yu Temu khas karena pembuatan dan bumbunya. Untuk membuat bumbu, ia menggoreng sangrai potongan daging kelapa baru kemudian diparut. Begitu pula dengan wijen yang juga digoreng sangrai. Parutan kelapa dan wijen sangrai ini kemudian dicampur dengan beberapa macam bumbu dapur lalu ditumbuk atau digiling, sesuai tekstur yang diinginkan. Bila digiling, tekstur bumbu yang diperoleh lebih halus. Campuran parutan kelapa dan wijen sangrai menimbulkan rasa legit dan aroma harum.
Untuk bumbu dapurnya, Yu Temu menggunakan bawang putih, garam, gula pasir, gula merah, cabai, dan kemiri goreng. Agar lebih segar, ia menambahkan daun purut ke dalam campuran bumbu. Resep ini ia peroleh turun-temurun dari nenek dan ibunya yang juga berjualan cabuk rambak.


Karena masih laper, gw pesen pecel ndesonya.. Dari penampakan, beda jauh sama pecel di Bu Ugi. Pertama karena disini pake beras merah, trus bumbu pecelnya ko warna item ya? Udah gitu ada lauk aneh kaya pepes dari kacang plus parutan kelapa.. Ternyata.. bumbu pecel warna item itu asalnya dari wijen item.. Emang khasnya pecel ndeso dimana-mana.. Dan lauk aneh itu namanya gembrot (Lebih aneh lagi.. Saya tersinggung!).. Iya ga sih? CMMIW yaaaa..

Pecel Ndeso
Buat rasa sih gw tetep lebih suka pecel Bu Ugi.. Rasa wijen hitam sebagai bumbu pecel masih berasa asing di lidah gw.. Tapi pecel ini sehat laah.. Pake beras merah, lebih kenyang lho walopun porsinya lebih sedikit..

Lagi-lagi gw kutip dari tempat yang sama..

Menu pasangan cabuk rambak ini adalah Pecel Ndeso, karena dua menu ini biasanya memang dijual dalam satu bakul. Manu ini berupa nasi beras merah, jenis beras yang kini makin langka. Sedangkan sayuran pecelnya berisikan sayuran tempo dulu, seperti jantung pisang, daun kenikir, lembayung atau daun kacang panjang, petai cina, kembang turi dan kacang panjang. Sambalnya ada dua pilihan, sambal kacang seperti pecel pada umumnya atau sambal wijen yang memiliki dua pilihan, wijen putih atau hitam. 

Karena ga ada pilihan lain, Raya "terpaksa" makan nasi liwet, hehehe.. Awalnya dia mau makan bubur aja tapi kan sayang ya jauh-jauh kesini makan bubur doang.. Gw kira nasi liwet dimana-mana sama aja rasanya.. Ternyata ngga ya.. Gw sempet icip-icip nasi liwetnya dan rasanya jauuuuuh sama yang semalem kita makan di Loji Wetan.

Nasi Liwet
Nasi liwet disini kurang gurih dan kurang basah.. Ayamnya pun masih rada alot.. Jadi berasa banget kalo liwet semalem enaaaak ternyata.. Dan yang agak mengecewakan, total damage makan disini ko diatas ekspektasi kita ya? 3 makanan diatas plus 2 gelas teh anget, kita bayar 40 ribu.. Padahal kirain semahal-mahalnya 25 ribu laaah soalnya porsinya kecil-kecil.. Apa kita digetok ya soalnya keliatan aura turisnya? Raya lupa minta bon jadi kita ga bisa liat perincian harganya..




Pas kita lagi makan, Remy bobo aja, hehehe.. Trus sempet ada pengamen tradisional.. Lucu yaaaa.. Biasa makan kaki lima pake genjrengan gitar ga jelas..



Pulangnya gw udah ga sanggup kalo harus jalan sambil dorong stroller kaya tadi.. Menyeramkan bo.. Bukan ga kuat karena kaki gw udah capek lho.. Jadinya kita naek andong, horeeee.. Lumayan lah.. 20 ribu buat pengalaman pertama Remy..



Alamat:
Jalan Menteri Supeno
Sebelah utara kompleks Stadion Manahan
Buka jam 06.00-11.00

1 komentar:

  1. Mau tau TOP 40 REKOMENDASI KULINER KOTA SOLO? Yuk cek sekarang!! » http://bit.ly/1AZC7ef #Kuliner

    BalasHapus