Kamis, 02 Mei 2013

Pijat Oksitosin

Ada beberapa metode buat ningkatin produksi oksitosin. Mulai dari pumping sambil mandangin foto bayi kita/liat video bayi sampai metode kilik puting (yang awalnya gw anggep aneh tapi setelah dicoba, lumayan juga loh..). Jadi metode kilik puting itu dilakukan sebelum ibu mulai pumping.. Ga dikilik juga sih.. Lebih tepatnya yang gw lakuin itu areola dan puting dielus secara sirkular sampe berasa agak cenut-cenut trus ga berapa lama, mulailah netes-netes itu ASI. Sebenernya sih asal ibu rileks dan seneng, oksitosin bakalan lancar ko..

Nah salah satu cara lain yang gw tau, awalnya pas konsul sama konselor di KMC paska Remy incisi tongue tie, dan ternyata saat ikut Pelatihan Manajemen dan Konselor Laktasi juga dapet materinya. Namanya pijat oksitosin. Caranya gampang banget! Waktu pelatihan, gw ngajuin diri jadi orang coba dan terbukti abis dipijit, hasil pumping gw yang biasanya 90-100 cc bisa naik sampe 120-150 cc loh.. Lumayan banget kan?

Begini caranya...
  • Sebelum mulai dipijat, Ibu sebaiknya dalam keadaan telanjang dada. Boleh ko kalo mau kompres payudara dengan air hangat dulu trus breast massage sendiri.
  • Teruuus.. Cari partner buat mijitin deeeeeh.. Lebih baik kalo suami yang mijitin.. Tapi kalo ga ada, siapa aja juga boleh sih..
  • Ada dua posisi alternatif, bisa telungkup di meja kaya gini,
  • Atau kalo lagi ga ada meja, bisa telungkup di sandaran kursi kaya gini,
  • Setelah itu, di area tulang belakang leher, cari daerah dengan tulang yang paling menonjol, nama kerennya processus spinosus/cervical vertebrae 7


Gambar dari sini
  • Dari titik penonjolan tulang tadi, turun sedikit ke bawah kurang lebih 1-2 jari dan dari titik tersebut, geser lagi ke kanan dan kiri masing-masing 1-2 jari.
  • Mulailah lakukan pijatan dengan gerakan memutar perlahan-lahan ke arah bawah sampai ke batas garis bra. Kalo mau terus sampe pinggang juga ga masalah ko.. Tapi kata penelitian, titik buat merangsang oksitosinnya cuma sampe di garis itu.
  • Posisi jari pas lagi mijit bisa macem-macem..
  • Kaya gini..
          

  • Kalo ibunya gemuk dan lemaknya tebel (tunjuk diri sendiri.. :D), biar lebih berasa, enakan kaya gini..
           

Kapan waktu yang tepat buat pijat ini? Ya semau ibu aja.. Kalo ada waktu, sebelum nyusuin ato merah, lebih disarankan.. Ato pas lagi pikiran mumet, badan pegel-pegel juga boleh lho.. Cukup 3-5 menit aja ko per sesi.. Afterall, dipijit itu kan enak dan bikin rileks.. Itu yang akan merangsang oksitosinnya.. Coba deh pumping abis creambath di salon, hasilnya juga pasti banyak..

Yuuuuk.. Silakan dicobaaa..

2 komentar:

  1. makasiiih postingannya, lagi nyari2 cara pijat oksitosin, eeh dapet juga disini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiiip.. Mudah-mudahan berguna yaaaa..

      Hapus