Jumat, 03 Mei 2013

Kuliner Solo: Warung Selat Mbak Lies

Saatnya makan siaaaang.. Gw akhirnya nahan laper, bela-belain nungguin Raya cabut dari kongres. Abis Raya Jumatan, kita langsung cabut cari makan siang. Oia, hari kedua ini kita nyewa mobil lagi tapi cuma 6 jam, pake Grand Livina+driver+bensin harga 250 ribu.. Mahal yaaaa? Huhuhu.. Soalnya setau gw, di Bali aja bisa cuma 150-175rb/24 jam tanpa supir dan bensin. Ya udah lah.. Kita juga kan ga tau jalanan disini.. Nama driver hari ini, Mas Imron. Dia temennya Mas Inuk tapi dari agen perjalanan yang berbeda. Maunya pake Mas Inuk lagi tapi di tempat dia minimal 12 jam sementara waktu kita hari ini ga selama itu. Karakter Mas Imron ini, ga sesopan Mas Inuk.. Masih sopan siiiih tapi rada kasar orangnya plus suka rada maksa gitu.. Kita taulah kalo mereka bisa dapet uang tambahan kalo bawa kita ke tempat-tempat yang udah ada perjanjian sama mereka tapi kalo kita udah punya pilihan, ya ikutin aja gitu maunya yang nyewa mobil.. More story on that.. Sekarang bahas makanan aja dulu..

Buat makanan ronde 1 siang itu, kita menuju ke Warung Selat Mbak Lies yang tersohor.. Pas kita nyampe, lagi ada syuting acara Jelang Siang. Warungnya pun rameeee.. Tempatnya ga kaya bayangan gw.. Soalnya kan katanya masuk gang jadi kirain tempat makannya ya beneran warung kecil di gang sempit. Ternyata ngga tuh.. Tempatnya meriah banget..! Penuh warna plus ornamen-ornamen dari kecil sampe gede.



Warungnya buka di dua tempat yang berhadapan. Jadi kalo di rumah utama lagi penuh, tinggal nyebrang ke rumah satunya lagi. Karena penuh sama orang syuting di rumah utama, kita nyari tempat di sebrangnya. Maunya duduk di luar karena panas banget tapi mejanya keisi semua jadinya duduk lesehan di dalem. Geraaaah..!


Di bagian dalem pun tetep yang khas adalah ornamen-ornamen yang dipajang. Untung Remy lagi tidur.. Kalo ngga, abis semua digratakin.. Seperti layaknya restoran yang tersohor, ga ketinggalan mereka juga majang foto-foto dan juga tanda tangan artis yang pernah makan disana.. 










Sebelum kita nyampe, di mobil Mas Imron udah wanti-wanti, ga semua lidah orang cocok sama Selat ini.. Karena muaniiiiiiis rasanya.. Sekali waktu, dia pernah nganterin orang Padang dan baru sesuap aja orang itu langsung ga mau nerusin makannya karena kemanisan.. Hohoho.. Jangan khawatir Mas.. Kami kan culinary adventurous.. Namanya juga lagi wisata kuliner.. 

Kata "Selat" berasal dari kata "Salad". Makanan ini emang mengadopsi makanan ala Londo-londo.. Tapi dipadukan sama  rasa khas Solo.. Satu piring selat isinya ada wortel dan buncis kukus, tomat, selada, kentang goreng, telur pindang, acar bawang dan timun lalu disiram sama kuah warna kecoklatan yang gurih dan yang paling khas serta bikin rasa selat ini unik adalah mayones homemade. Kalo Mas Imron bilangnya "Moster" yang mengingatkan gw sama mustard jadi yang ada dibayangan gw rasanya seasem mustard tapi ternyata ga asem. Padahal kalo lebih asem dikiiiiiit lagi, bakal lebih ngimbangin manisnya kuah selat. 

Nah baru dagingnya beda-beda tergantung kita pesennya selat apa.. Gw pesen selat lidah ya dapetnya irisan lidah sapi. Mas Imron pesen selat bestik, isinya daging sapi diiris tipis. Sementara Raya pesen selat galantin kuah saos isinya daging cincang yang diolah jadi berbentuk roll dan ada telor rebus yang dicetak bentuk bunga. Paling atraktif penampilannya!
Selat Bestik (10k IDR)
Selat Galantin (10k IDR)

Selat Lidah (13k IDR)
Es Kopyor (8.5k IDR)
Es Beras Kencur (7.5k IDR)
Ternyata rasanya lumayan cocok di lidah gw.. Walopun manis tapi masih bisa ditolerir sama lidah Sunda-Padang gw yang sehari-hari makan pedes mulu..

Alamat:
Serengan no. 42
RT/RW 03/02
Solo
Ph.: 0271-653332

Tidak ada komentar:

Posting Komentar