Sabtu, 04 Mei 2013

Kuliner Solo: Tengkleng Mbak Diah

Mengingat waktu yang sempit, abis dari Mbak Lies, kita minta Mas Imron langsung meluncuuuur nyari tengkleng. Yang paling terkenal di Solo adalah Tengkleng Bu Edi di deket Pasar Klewer. Tapi menurut Mas Imron, jam segini sih pasti udah abis saking larisnya jualan si ibu.. Dan lagi tempatnya kurang nyaman, "Kasian Dedenya panas-panasan (maksudnya si Remy)". Emang pas kita ngelewatin tempatnya, udah ga ada apa-apa. Tempatnya padahal cuma di pojokan jalan gitu.. Ga ada tenda ato bangku tapi pembelinya rameeee banget..!

Foto dari sini
Tengkleng ini bahan dasarnya pake kambing tapi bukan dagingnya yang dipake melainkan jerohan, otak,  tulang belulang, mata, kuping, otak, sumsum.. Katanya jaman dulu, tengkleng ini makanan buat rakyat jelata yang ga sanggup beli daging. Buat yang kenal sama gw.. Gw tuh paling geli makan daging jerohan gitu.. Apalagi tengkleng ini isinya udah segala macem jerohan.. Sampe ada kuping dan mata kambing segala... Hiiiiii.. Geliiiii.. Tapi Raya yang penasaran jadi kita tetep nyari. Saran Mas Imron, Tengkleng Mbak Diah juga lumayan terkenal. Jadilah meluncur kesana..

Gw kira kan tengkleng ini kan model-model soto tangkar gitu.. Yang bisa milih kalo kita mau minta dagingnya aja.. Ternyata ga bisa T_T.. Emang isinya jerohan semua.. Akhirnya gw pass dan milih yang aman aja, pesen tongseng isi daging semua.. Pas tengklengnya dateng.. Eeeeeeew.. Kuahnya berminyak sangat! Dan isinya.. Eeeeew.. I saw an eyeball in there! I should've spooned it and took a pic of it.. Even Raya can't handle it! IMO rasanya juga ga enak-enak banget.. Masih rada bau kambing dan menurut Raya, jerohannya masih rada alot.. Ga tau ya kalo rasa tengkleng Bu Edi.. "Masih enakan rasa soto betawi", kata Raya..

Tengkleng (20k IDR)
Sementara tongseng gw masih lebih acceptable.. Lebih manis dibandingkan sama tongseng yang biasa gw makan di Jakarta/Tangerang sih.. Dan anehnya kalo gw perhatiin, tiap makan di Solo, mereka ga sedia sambel cabe gitu ya di meja? Jadi kita mesti minta dulu baru dikasih.. Apa orang Solo ga ada yang makan sambel? I wonder..
Tongseng (18k IDR)
Alamat:
Tanjung Anom RT. 02 RW V
Kawrasan, Grogol, Sukoharjo
Ph.: 0271-644069
HP: 081-3291-64406/081-3291-96004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar