Senin, 06 Mei 2013

Solo Trip: Batik Sidoluhur at Kampung Batik Laweyan

Kalo mau belanja batik, biar nyaman, Thia (Ipar gw) nyaranin ga usah belanja ke Pasar Gede karena panas maaak.. Kasian Remy katanya.. Dia rekomendasiin suatu tempat yang lebih nyaman buat beli batik. Namanya Kampung Batik Laweyan. Di tempat ini banyak home industry batik yang tentunya bikin harga batik jadi jauh lebih murah dibandingkan kalo kita beli di mall ato pameran batik/craft (Macem INA Craft gitu..). Hari pertama, waktu masih sama Mas Inuk, kita minta dianterin ke Laweyan. Seinget gw sih, Thia bilang mending kesana sebelum Maghrib karena kalo kemaleman, tokonya udah pada tutup. Tapi Mas Inuk bilang, ngga ko.. Malah ada yang 24 jam.. Jadinya kita coba cek ke TKP dulu.. Mas Inuk nyaranin beberapa nama dan kita nurut aja waktu dibawa ke toko rekomendasian dia. Melotot gw liat price tag-nya! Minimal 250 ribu buat 1 blus! Astagaaa.. Malah ada yang sampe juta-jutaan! Ga salah nih? Soalnya kata Thia, toko tempat dia beli, rata-rata cuma 75-90 ribu harganya. Setelah nelpon Thia, ternyata kita salah tempat.. Harusnya belok ke jalan yang lebih kecil lagi.. Kalo yang dijalan utama lebih banyak yang kaya butik-butik mahal gitu.. Pas nemu tempat yang dimaksud, ternyata emang bener, udah pada tutup. Gw perhatiin emang kaya usaha rumahan gitu..

Besoknya, kita minta Mas Imron buat ke Laweyan lagi.. Dia sempet rada-rada maksa buat ke toko-toko yang kemarin udah kita liat pas masih sama Mas Inuk.. Gw rasa orang-orang ini dapet persenan deh kalo bisa bawa tamu soalnya maksanya rada nyebelin. Gw udah bilang kalo kemarin udah dibawa sama Mas Inuk ke toko-toko yang dia sebutin dan gw ga sanggup sama harganya. Doi masih kekeuh lho bilang ya kalo yang murah-murah nanti kualitasnya ga bagus, bahannya panas.. Ya gimana dong Mas? Orang gw yang mau beli.. Trus tampak dengan terpaksa dia bawa kita ke toko yang udah kita pilih atas rekomendasi Thia.

Ini dia tempat yang direkomendasiin sama Thia.. Namanya Batik Sidoluhur. Gw ga ribut minta liat-liat tempat lain karena males.. Beda-beda tipis lah paling harga antar toko.. Males siang-siang gitu, gerah banget.. Dan ternyata dari 1 toko ini pun sudah cukup bikin bangkrut ko.. Kalap gilaaaa.. Batik cakep-cakep cuma 70-80 ribuan.. Ada sih yang lebih mahal dari itu.. Tapi buat ngantor doang mah ngapain lah beli yang 200 ribu ke atas..





Salah satu dari yang dipake manequin itu ada yang gw beli
Yang mana hayoooo..
Gw naksir dress banyaaaak banget..! Sampe akhirnya gw sortir dulu soalnya bisa tekor kalo semua dibeli, hehehe.. Raya beli kemeja batik tulis tangan panjang cuma 300 ribu aja.. Setau gw, kalo batik tulis bisa sejutaan ga sih?



Tumpukan kain batik cantik yang rasanya
pengen gw masukin ransel trus dibawa kabur!
Liat 2 foto di bawah deh.. Itu sepanjang jalan toko batik semua.. Asli ngiler banget buat dimampirin satu-satu.. Tapi mengingat baru 1 toko aja duit udah abis banyak dan kasian Remy udah rewel karena gerah, yuk dadah bye-bye Laweyan..



Buat yang gila belanja, gw saranin ga usah mampir ke tempat ini deh.. Dijamin BANGKRUT! Hahaha.. Gw aja yang sebenernya ga gitu hobi beli-beli baju (Apah?!), sampe pusyiiiiiing liat struk belanjanya!

Alamat: 

Jl. Sidoluhur no 36
Laweyan Solo
Telp: 0271-712213

2 komentar:

  1. Temukan berbagai macam informasi batik yang ada di Indonesia beserta makna/arti/cerita tentang batik tersebut yang ada di indonesia dan juga artikel-artikel tentang batik di tentangbatik.com dan like page facebook tentangbatik.com

    BalasHapus