Jumat, 24 Mei 2013

Street Vendor: Soto Marjuk

Kalau suatu malam kalian lewat di kawasan Taman Makam Pahlawan Tangerang trus liat ada deretan mobil parkir, jangan heran ya.. Mobil-mobil itu bukan mau ziarah ko.. Tapi mereka pada ngantri beli makanan. Bikin penasaran? Itulah yang terjadi sama kami sekeluarga di suatu malam lebih dari 15 tahun lalu. Rasa penasaran itu yang membuat kami menepi dan memarkir di belakang deretan mobil-mobil tadi. Dan sejak saat itulah kami jadi pelanggan setia disana. Ga tiap hari makan disana sih tapi lumayan sering nyambangin lah..

Di ujung paling depan, kita akan melihat 1 gerobak polos tanpa ada kejelasan makanan apa yang dijual.. Kalo nanya, "Ini jualan apa, Bang?". Dia hanya akan jawab, "Soto, Bu". Ga jelas soto apa, khas mana.. Warga Tangerang pasti udah ga asing akan keberadaan soto ini, Soto Marjuk nama ngetopnya.. Soto ini mulai ada sejak tahun 60-an. Awalnya yang jualan namanya Bang Marjuk, tapi setelah Bang Marjuk ga jualan lagi (entah masih ada ato ngga orangnya), digantikan oleh anaknya namanya Bang Mamat. Dulu Bang Mamat cuma punya 1 asisten tapi terakhir kesana, asistennya udah 2.



Beberapa waktu lalu, gw dan Raya setelah sekian lama, menyambangi tempat ini. Sempet agak bingung juga karena ko gerobaknya ga ada di pinggir trotoar tapi banyak mobil ngantri? Oalaaah, rupanya sejak 2 bulan belakangan, tiap malam minggu, gerobak soto ga mangkal di pinggir trotoar lagi tapi masuk ke jalanan yang menghadap Masjid Raya Tangerang.. Tapi hari-hari biasa, gerobak tetep mangkal di pinggir trotoar.


Penasaran seperti apa racikan soto unik ini? Isiannya pakai ketupat, bihun, kikil sapi, ditaburin daun bawang, bawang goreng, kacang kedele lalu dikecrutin cuka, kasih sambel dan disiram kuah santen encer yang guriiiih banget! Hasil akhirnya adalah rasa segar gurih kuah santan, kenyalnya kikil sapi (biasanya gw ogah makan kikil tapi buat Soto Marjuk, I'll make an exception) plus kriuk-kriuk dari kacang kedele goreng dan ga ketinggalan, yang paling adiktif menurut gw, topping rempeyek kacang yang renyah. Gw selalu minta rempeyek 2 biji, ga cukup satu deh! Bahkan kadang, karena takut keabisan, kalo masih nunggu giliran mesen, kami sekeluarga suka mengamankan si rempeyek dulu, hahaha.. Kami ambil plastik isi rempeyek yang biasanya disimpen di atas gerobak lalu kami amankan minimal 5 rempeyek. Takut keabisan bo'..!

Soto Marjuk 10k IDR
Rempeyek kacang 2k IDR
Bahkan kadang ga cukup makan 1 mangkok, banyak yang nambah 1 porsi lagi. Kalo gw pas nambah, biasanya ga pake ketupat lagi, untuk mengurangi rasa bersalah makan segini berat malem-malem, hohoho.. Mak gw pernah nanya, ko ga buka cabang di tempat lain? Kata si Abang, takut resep rahasianya bocor trus jadi banyak yang bikin soto kaya gini. Emang bener juga sih.. Soto Marjuk bener-bener one of a kind! Ga bakal ada yang nyamain sedunia! 

Jangan lupa, Soto Marjuk ga jualan tiap Kamis dan Minggu. Entah kenapa, belom pernah nanya sih.. Kami sekeluarga suka berasumsi sendiri.. Kalo Kamis kan lagi malam Jumat tuh.. Jualan malam Jumat deket pemakaman kan syerem ya, Ceuuu.. Wahahaha.. Ngasal banget dah..! Kalo Minggu ga jualan mungkin karena butuh hari libur juga kali..

Alamat:
Jl. Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna
(100 meter sebelum Kompleks Walikota Tangerang)
Telp: 021-95721720

Buka Pukul 20.30 – 00.00
Tutup Hari Kamis dan Minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar